Blog

BAGIKAN

7 Platform AI Terbaik untuk Revolusi Desain Grafis 

platform ai desain terbaik

Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah membuka peluang baru di berbagai bidang, termasuk desain grafis. Di industri desain grafis, AI telah membuktikan diri sebagai alat yang sangat berharga untuk mempercepat proses dan meningkatkan kualitas desain.

Beberapa platform AI telah dikembangkan khusus untuk membantu desainer grafis dalam menciptakan karya yang lebih efisien dan efektif. Berikut adalah beberapa platform terbaik yang berbasis AI yang dapat membantu desainer grafis dalam pekerjaan mereka. Mari kita lihat pembahasannya!

  1. Dall-E 2

Dall-E 2

Dall-E 2 adalah platform AI berbasis grafis yang dikembangkan oleh OpenAI. Dengan memberikan deskripsi gambar dalam teks, Dall-E 2 dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi sesuai dengan deskripsi tersebut. Keunggulan Dall-E 2 termasuk kemampuannya untuk menghasilkan gambar unik yang berbeda dari gambar yang ada di internet. Platform ini juga mendukung berbagai format gambar seperti vektor, raster, dan 3D. Dall-E 2 mempercepat proses kreatif desainer grafis, memungkinkan mereka untuk menciptakan karya yang orisinal dan berbeda, serta menghasilkan gambar berkualitas tinggi dalam berbagai format.

  1. Galileo AI

GalileoAI

GalileoAI, didirikan oleh tiga ilmuwan AI: Vikram Chatterji, Atindriyo Sanyal, dan Yash Sheth, fokus pada desain antarmuka (UI). Dengan menggunakan deskripsi kalimat atau kata, GalileoAI menghasilkan desain UI yang sesuai. Menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP) dan machine learning, GalileoAI menciptakan beragam desain UI yang dapat dipilih oleh desainer grafis. Keunggulan GalileoAI meliputi kemampuannya memperkirakan penggunaan warna yang efektif dan membantu menciptakan desain UI yang ramah pengguna. GalileoAI merupakan alat yang berguna bagi desainer grafis untuk meningkatkan kualitas desain UI dan mempermudah penggunaan oleh pengguna.

  1. Microsoft Designer

Microsoft Designer

Platform AI Microsoft Designer, dikembangkan oleh Microsoft, memiliki fitur text-to-art yang memungkinkan pengguna menghasilkan gambar hanya dengan deskripsi kalimat. Dengan memanfaatkan machine learning dan neural networks, platform ini menciptakan desain grafis yang sesuai dengan kebutuhan desainer grafis.

Microsoft Designer menawarkan fitur yang membantu mempercepat proses desain, seperti layout otomatis, penempatan elemen desain yang mudah, dan pemilihan kombinasi warna yang tepat. Selain itu, platform ini juga mendukung desain responsif, memungkinkan desain menyesuaikan diri dengan ukuran layar atau perangkat yang berbeda, penting dalam desain web dan aplikasi mobile. Microsoft Designer menjadi alat yang berguna bagi desainer grafis untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas desain mereka.

  1. Cleanup Pictures

Cleanup Picture

Platform berbasis AI bernama Cleanup Pictures dapat membantu desainer grafis dalam mengedit dan memperbaiki gambar. Didesain khusus untuk tujuan tersebut, platform ini mampu menghapus latar belakang gambar secara otomatis dengan menggunakan teknologi deep learning.

Cleanup Pictures memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengambil objek dari gambar dan menempatkannya di latar belakang yang berbeda. Selain itu, platform ini dilengkapi dengan fitur lain seperti perbaikan kualitas gambar, penghilangan noise, dan pemberian efek khusus.

Dengan keunggulan dalam kecepatan dan efisiensi, Cleanup Pictures menjadi alat yang berguna bagi desainer grafis dalam mengedit gambar secara cepat dan efektif.

  1. SlidesAI

SlidesAI

Platform berbasis AI bernama SlidesAI fokus pada pembuatan presentasi yang menarik dan efektif. Dengan menggunakan teknologi machine learning, platform ini membantu desainer grafis dan pengguna lain dalam membuat slide presentasi dengan cepat dan mudah.

SlidesAI mampu mengenali elemen penting dalam konten yang diberikan pengguna, seperti gambar, tabel, dan grafik, lalu memasukkannya ke dalam slide presentasi yang dibuat.

Keunggulan SlidesAI terletak pada kemampuannya menghasilkan slide presentasi dengan tampilan menarik dan profesional. Platform ini juga membantu pengguna dalam memilih warna dan font yang sesuai untuk presentasi mereka.

Selain itu, SlidesAI dilengkapi dengan fitur seperti perbaikan tata letak slide, animasi, dan pembuatan grafik yang cepat dan mudah.

  1. Looka

Looka

Looka adalah platform yang membantu pengguna dalam membuat logo, kartu nama, dan desain lainnya secara mudah dan cepat. Dengan teknologi machine learning, Looka dapat merekomendasikan desain yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pengguna.

Platform ini menawarkan ribuan template desain yang dapat dengan mudah disesuaikan, termasuk pilihan font, ikon, warna, dan layout. Pengguna juga dapat mengunggah gambar mereka sendiri untuk dimasukkan ke dalam desain.

Setelah selesai, pengguna dapat mengunduh file desain dalam berbagai format seperti PNG, JPG, SVG, atau PDF dengan mudah. Looka memberikan kemudahan bagi pengguna dalam menciptakan desain yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

  1. Illustroke

Illustroke

Illustroke adalah platform terbaik berbasis AI untuk desain grafis, khususnya dalam pembuatan ilustrasi. Platform ini memungkinkan pengguna, termasuk yang tidak memiliki latar belakang desain grafis, untuk membuat ilustrasi dengan cepat dan mudah.

Illustroke menggunakan teknologi machine learning untuk menghasilkan gambar yang sesuai dengan kata kunci atau deskripsi yang diberikan oleh pengguna. Ribuan gambar dan elemen grafis tersedia di platform ini, yang dapat disesuaikan ukurannya, warnanya, dan tata letaknya sesuai kebutuhan.

Keunggulan Illustroke adalah kemampuannya untuk menciptakan ilustrasi dengan gaya yang berbeda-beda, seperti sketsa, kartun, dan ilustrasi realistis. Platform ini memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk menghasilkan ilustrasi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi perkembangan pesat dalam pengembangan platform desain grafis berbasis AI yang bertujuan untuk membantu desainer grafis dalam pekerjaan mereka. Meskipun masih ada keraguan dan tantangan dalam mengadopsi teknologi ini, banyak orang yakin bahwa AI memiliki potensi besar untuk menjadi alat yang memudahkan manusia di berbagai bidang di masa depan.

Tertarik untuk belajar desain grafis? Yuk gabung dengan program Digital Design & Illustration di IDS | International Design School untuk mengembangkan keterampilan desain grafis dan menjadi seorang desainer grafis yang handal. Program ini mengajarkan integrasi pola pikir kreatif, estetika desain, pembuatan ilustrasi, dan strategi komunikasi.

Fokus pembelajaran meliputi desain untuk media komunikasi cetak dan digital, termasuk tipografi, fotografi, ilustrasi, komposisi, dan warna. Selain itu, kamu juga akan mempelajari desain berbasis pengguna seperti design thinking, UI & UX, serta pemahaman kebutuhan bisnis untuk siap bekerja di industri kreatif atau startup.

IDS menyediakan fasilitas lengkap yang mendukung proses pembelajaran, termasuk perangkat lunak Adobe Photoshop, Illustrator, InDesign, After Effects, Figma dan XD untuk praktik dan pengerjaan tugas.

College Program

Step by Step to Become a Product Designer