Blog

BAGIKAN

7 Rekomendasi Buku untuk Filmmaker, Ada yang Dari Indonesia!

baca buku

Bagi para filmmaker pemula, penting untuk mencari referensi sebanyak-banyaknya. Mulai dari belajar dari film hingga dari buku, para filmmaker bisa mendapatkan referensi ide-ide dari apa yang mereka tonton atau baca. Di artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai rekomendasi buku untuk filmmaker yang sebaiknya kamu baca ketika ingin mulai membuat film.

Rekomendasi Buku untuk Filmmaker

Ada beberapa judul buku yang seringkali direkomendasikan untuk dibaca oleh para filmmaker, berikut daftar buku untuk filmmaker tersebut:

  • Sight, Sound, Motion: Applied Media Aesthetics – Herbert Zettl

Buku Sight, Sound, Motion

Buku yang ditulis oleh Herbett Zettl, seorang pengajar di departemen seni komunikasi penyiaran dan elektronik di salah satu universitas di San Fransisco, ini  terkenal di kalangan pengamat film. Buku ini ditulis agar pembaca dapat mencapai tingkat emosional dan kecanggihan dalam estetika media yang memungkinkan mereka untuk menilai sebuah program televisi atau film.

Teori estetika adalah hal yang paling menonjol dalam buku yang menggambarkan elemen gambar estetika utama seperti cahaya dan warna, ruang, waktu-gerak, dan suara. Selain itu buku ini pun menyuguhkan liputan mendalam tentang bagaimana elemen tersebut digunakan secara kreatif dalam televisi dan film.

  • Raindance Producers’ Lab Lo-To-No Budget Filmmaking – Elliot Grove

Buku Raindance Producers’ Lab Lo-To-No Budget Filmmaking

Bagi para filmmaker pemula, sebaiknya buku ini dibaca sebelum membuat film karena Elliot Grove selaku penulis memberikan cara bagaimana membuat film dengan anggaran yang pas-pasan, bahkan dari anggaran yang tidak ada sama sekali. Hal ini dikarenakan buku ini memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara menggunakan kamera yang biasa dan sederhana. Selain itu, di dalam buku ini pun memberi tahu cara pemasaran dan publikasi melalui dunia maya.

  • The Filmmaker’s Eye – Gustavo Mercado

Buku The Filmmaker’s Eye

Memiliki judul asli The Filmaker’s Eye: Learning (and Breaking) the Rules of Cinematic Composition, buku ini penting untuk dibaca oleh para filmmaker yang ingin menemukan gaya artistik yang baru. Di dalam buku ini dibahas mengenai dapur dari film-film seni dan trik mengenai bagaimana caranya untuk dapat menemukan seni dalam film. Ada banyak juga tips produksi film yang penting untuk dibaca.

  • On Directing Film – David Mamet

Buku On Directing Film

Berprofesi sebagai penulis skenario, David Mamet menulis buku mengenai pengetahuan penting dalam seluk beluk penggarapan film. David pun membeberkan hal-hal yang tidak tertangkap dalam layar, seperti bagaimana cara kerja sutradara serta teknik-teknik yang biasa digunakan hingga film bisa selesai dibuat.

  • Making Movies – Sidney Lumet

Buku Making Movies

Sebagai seorang sutradara yang terkenal, Sidney Lumet membuat buku tentang jejak kehidupannya selama di dunia sinema. Selain itu, ia juga menceritakan tentang perjalanannya dalam dunia film hinngga dia bisa menjadi sutradara terkenal. Ideologi serta hal-hal yang terjadi dalam dapur film pun diceritakan oleh Sidney dalam buku ini.

  • How To Write A Movie In 21 Days – Viki King

Buku How To Write A Movie In 21 Days

Viki King merupakan penasihat tokoh-tokoh di industri hiburan di Hollywood dan internasional. Ia biasanya membantu para penulis skenario untuk mulai menulis manusktip melalui serangkaian pertanyaan yang cerdas dan sederhana. Buku ini menceritakan tentang proses langkah demi langkah khusus yang dirancang untuk memasukkan cerita di hati para pembaca ke dalam halaman. Berhasil menjadi panduan standar industri bagi para filmmaker di Hollywood dan dunia internasional lainnya, buku ini sudah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa di seluruh dunia.

  • Memahami Film (Edisi 2) – Himawan Pratista

Buku Memahami Film

Jika buku-buku sebelumnya berasal dari luar negeri, rekomendasi buku untuk filmmaker yang terakhir berasal dari dalam negeri. Buku karya kritikus film bernama Himawan Pratista ini membahas film dari a sampai z dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Di dalam buku ini pun dibahas mengenai sejarah perkembangan sinema, ensiklopedia genre serta sub-genrenya, hingga analisis plot dalam film-film linier dan nonlinier.

Itulah 7 rekomendasi buku untuk filmmaker. Semoga kamu bisa menemukan serta mendapatkan ilmu dari buku-buku tersebut ya!

Apakah kamu adalah seorang yang tertarik untuk belajar film dan ingin menjado filmmaker? Jika ya, IDS Education bisa menjadi pilihan untuk tempat kuliah film kamu.

Kenapa IDS? Karena IDS Education menawarkan Program Digital Film & Media Production yang komprehensif untuk para calon filmmaker. Ini mencakup penulisan skenario, teknik kamera, pencahayaan, produksi, hingga pasca produksi. Dibimbing oleh profesional industri film, Kamu akan mengembangkan kemampuan dengan panduan berharga. Program ini juga mengajarkan manajemen proyek, anggaran, pemasaran, dan distribusi film. Kamu akan membangun jaringan dan kolaborasi dengan sesama mahasiswa dan profesional dalam industri.

Bergabunglah dengan IDS Education untuk mendapatkan pendidikan berkualitas dan peluang di dunia film, membekali diri dengan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman untuk meraih kesuksesan sebagai filmmaker.

College Program

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry