Blog

BAGIKAN

7 Tips Menemukan Passion Diri Ini Mungkin Akan Berguna Untukmu

tips menemukan passion diri

Banyak yang bilang bahwa sebaiknya kita menemukan passion dalam hidup agar bisa lebih semangat. Dengan memiliki passion, dianggap akan memberikan dorongan dalam diri agar tidak mudah menyerah dalam menjalani hari. Banyak orang yang memberikan tips menemukan passion diri, tetapi sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai tips tersebut, mari memahami terlebih dahulu tentang passion.

Definisi passion

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), passion adalah kegemaran, gairah, keinginan yang besar, semangat, emosi, kemarahan, dan kecemasan. Selanjutnya menurut dictionary.com, passion terbagi menjadi beberapa hal yaitu:

  1. Perasaan atau emosi yang kuat
  2. Perasaan cinta atau benci
  3. Keinginan atau perasaan yang kuat
  4. Seseorang yang merasakan cinta dan hasrat, kesukaan, antusiasme, atau keinginan yang kuat

Dari penjelasan-penjelasan yang disebutkan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa passion merupakan keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu yang dilakukan dengan antusias. Selain itu passion pun bisa diartikan sebagai motivasi yang bertemu dengan emosi yang sama-sama kuat. Selanjutnya, dikutip dari buku berjudul My Business is My Passion : Kumpulan Kisah Pebisnis, passion dapat digali dari hobi yang kemudian akan menghasilkan uang.

tips menemukan passion diri

Tips menemukan passion diri

Bagi kamu yang masih bingung mengenai passion diri dan belum menemukannya, berikut beberapa tips menemukan passion diri yang dapat kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Pikirkan mengenai hal yang disukai

Seperti yang dikatakan dalam i buku berjudul My Business is My Passion : Kumpulan Kisah Pebisnis, passion, kamu bisa mulai untuk mencari passion dari hobi. Siapa tahu dari hobi yang biasa kamu jalani, kamu bisa mendapatkan penghasilan.

  • Temukan apa hal yang paling membuat bahagia

Masih belum tahu mengenai hobi sendiri? Coba pikirkan apa hal yang membuatmu bahagia. Mungkin dari langkah ini, kamu bisa mengenali passion diri. 

  • Riset yang banyak

Mungkin minat kamu  tidak hanya terhadap satu hal, tetapi ada beberapa hal yang kamu minati. Oleh karena itu kamu bisa melakukan riset yang banyak agar bisa menemukan passion yang tepat.

  • Temukan keunikan diri sendiri

Setiap individu pasti memiliki nilai yang berbeda dari orang lain yang membuat dirinya menjadi unik. Seringkali keunikan diri membuat kita menjadi minder terhadap diri sendiri karena merasa bahwa kita berbeda dari orang lain. Padahal, perbedaan itulah yang membuat kita unik dan tidak sama dengan orang lain. Dengan menemukan keunikan diri pun bisa membuat jalan kita menemukan passion lebih mudah.

  • Jangan menyerah untuk terus mencoba

Mungkin perjalananmu menemukan passion terasa sulit dan banyak rintangan, tetapi jangan sampai rintangan tersebut membuatmu menyerah. Teruslah mencoba hingga menemukan minat yang paling besar bagi dirimu.

  • Temukan hal yang  membuatmu enjoy melakukannya

Kemungkinan akan ada 1 atau 2 kegiatan yang membuatmu enjoy atau betah melakukannya selama berjam-jam tanpa merasa bosan. Cari tahu apa hal tersebut, siapa tahu itu merupakan passion-mu.

  • Cari tahu passion melalui idolamu

Kebanyakan orang memiliki idola yang dikagumi, kamu bisa memulai pencarian passion-mu melalui idola yang kamu suka. Kamu bisa mencari tahu lebih banyak tentang idolamu agar memudahkan perjalananmu menemukan passion. Pelajari apa saja yang mereka lakukan sehingga bisa sampai di kehidupan mereka saat ini, siapa tahu bisa menjadi inspirasimu!

Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dari tips menemukan passion diri di atas terlihat mudah untuk dilakukan, tetapi ternyata kenyataannya tidak semudah itu. Mungkin kamu akan merasa kebingungan saat memulai, atau bahkan saat proses pencarian. Pastikan kamu jangan menyerah untuk terus mencoba agar dapat menemukan passion yang tepat dalam dirimu!

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer