Blog

BAGIKAN

7 Tren Digital Marketing yang Akan Populer di 2023


Digital marketing merupakan salah satu bidang yang paling banyak digeluti akhir-akhir ini, terutama bagi para pebisnis. Rasanya akan sangat tidak update jika bisnis-bisnis saat ini tidak mengembangkan lini bisnisnya menggunakan digital marketing. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengikuti tren setiap tahunnya. Di artikel ini mari kita bahas mengenai tren digital marketing 2023 agar bisnismu dapat semakin berkembang.

Tren Digital Marketing 2023

Menurut website Digital Marketer, ada 7 cara efektif dan akan menjadi tren digital marketing bagi para bisnis yaitu:

  • Real-time Messaging

Salah satu kunci agar para konsumen memilih produk atau jasa dari bisnismu adalah dengan personalizing sales. Dengan menerapkan real-time messaging dapat menggapai potensial konsumen yang diinginkan, selain itu dengan menggunakan chatting platforms pun dapat membantumu untuk mengenal konsumenmu lebih baik lagi.

Dengan chat bersama konsumen tersebut, kamu bisa membuat strategi sales yang bisa meningkatkan kemungkinan sales-mu semakin membaik. Selain itu, berkat strategi yang dibuat berdasarkan hasil chat dengan konsumen, mereka pun akan berpikir bahwa produk atau jasa yang kamu berikan benar-benar dibuat untuk mereka.

  • Video-Based Content

Jika bisnismu masih menggunakan teks yang panjang untuk sales, sebaiknya kamu mulai mempertimbangkan untuk mengubahnya ke dalam gambar yang bergerak atau video karena disinyalir dapat memberikan informasi yang akurat dengan waktu yang lebih singkat. Selain itu, dengan informasi yang disampaikan melalui video membuat para konsumen bisa menghabiskan waktu yang lebih lama di website bisnismu.

Video dapat membuat para konsumen lebih memperhatikan konten yang kamu miliki. Jangan lupa untuk menggunakan video yang menarik sehingga dapat membuat para konsumen tertarik untuk menontonnya.

  • Influencer Marketing

Berapa lama dalam sehari waktu yang kamu gunakan untuk menonton konten-konten yang dibagikan oleh influencer? Coba bayangkan, apa jadinya jika kamu dapat mengajak mereka bekerjasama untuk memberikan informasi mengenai bisnismu? Mengajak kerjasama para influencer merupakan salah satu tips agar dapat meningkatkan awareness kepada para konsumen karena mereka dianggap sebagai sosok yang dapat mengajak orang-orang untuk aware akan bisnis yang kamu jalankan. Jangan lupa untuk memilih influencer yang sesuai dengan bidang dari bisnis yang sedang kamu jalankan.

  • Email Marketing

Walau pun email marketing merupakan cara marketing yang sudah lama dilakukan, tetapi 82% dari B2B marketers mengatakan bahwa menggunakan email masih merupakan metode yang mereka gunakan untuk promosi. Alasan utamanya adalah email akan menyampaikan pesanmu langsung kepada konsumen.

  • Artificial Intelligence (AI)

Kemunculan AI akhir-akhir ini merupakan salah satu hal yang dapat kamu manfaatkan untuk bisnismu. Dengan AI, kamu dapat menyimpan data dari konsumen potensial dan membantumu untuk membuat keputusan dengan cepat dan secara otomatis. Hal ini dikarenakan AI dapat mengobservasi audiens, tren ekonomi, dan aspek lainnya yang memengaruhi strategi marketing yang kamu jalani.

  • User-Generated Content

User-Generated Content merupakan konten yang mengacu kepada materi-materi online yang dibuat oleh orang-orang seperti konsumenmu, pegawai dari bisnismu, dan lainnya. Konten yang termasuk ke dalam User-Generated Content adalah review atau rating dan cerita-cerita yang dibuat oleh para karyawanmu. Dengan konten-konten ini, dapat membantu brand-mu untuk mendapatkan penilaian positif dari orang-orang yang tidak memiliki koneksi secara langsung kepada bisnismu.

  • Marketing Agencies

Jika kamu merasa bahwa kamu mulai kewalahan untuk menjalankan strategi digital marketing, kamu bisa mulai bekerjasama dengan agensi marketing yang kamu percaya. Karena biasanya mereka memiliki metode-metode yang dapat meningkatkan awareness bagi bisnismu dengan menggunakan tren marketing yang paling baru.

Dari 7 tren digital marketing 2023 di atas, menurutmu strategi yang mana yang paling efektif untuk diterapkan dalam bisnismu? Jangan lupa untuk menggunakan metode evaluasi yang sesuai dengan yang kamu kerjakan agar hasilnya dapat terlihat, mengenai metode apa yang paling efektif meningkatkan sales serta awareness terhadap bisnis yang sedang kamu jalani.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang digital marketing dan ingin mengembangkan kemampuanmu di bidang ini, bergabunglah dengan kursus digital marketing di IDS sekarang! Dengan bimbingan mentor yang berpengalaman dan kurikulum yang terus diperbarui, kamu akan siap untuk menghadapi tantangan di dunia digital marketing dan meraih kesuksesan bersama IDS. Daftar sekarang dan jangan lewatkan kesempatanmu untuk belajar dari para ahli di bidangnya!

Sumber: 7 Tren Digital Marketing yang Akan Populer di 2023

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer