Blog

BAGIKAN

8 Jenis Desain Grafis Paling Populer di Industri Desain yang Perlu Kamu Tahu!

sketsa desain grafis

Desain grafis merupakan seni untuk menyampaikan pesan atau informasi dengan memanfaatkan elemen visual, seperti gambar, teks, dan warna. Dalam era modern yang didominasi oleh teknologi dan media digital, peran desain grafis sangat signifikan di berbagai industri dan sektor berdasarkan Gamelab Indonesia.

10 Jenis Desain Grafis Paling Populer

  1. Desain Identitas Perusahaan (Corporate Identity Design)

desain grafis

Desain Identitas Perusahaan adalah proses menciptakan elemen visual yang merepresentasikan identitas perusahaan secara konsisten. Ini termasuk logo yang menjadi wajah merek, pemilihan warna yang mengkomunikasikan emosi, tata letak dan desain grafis dalam materi perusahaan, jenis huruf yang mencerminkan pesan, gaya fotografi yang mengikuti kebijakan tertentu, gaya bahasa dalam komunikasi tertulis, dan materi promosi seperti brosur dan merchandise perusahaan yang mencerminkan elemen identitas. Panduan identitas perusahaan digunakan untuk memastikan konsistensi dalam semua komunikasi visual.

Tujuan dari desain identitas perusahaan adalah menciptakan citra merek yang kuat dan mudah dikenali oleh pelanggan. Hal ini membantu membedakan perusahaan dari pesaing dan menciptakan kesan profesional. Penggunaan yang efektif dari elemen identitas perusahaan, seperti logo dan warna, juga membantu membangun kepercayaan dan hubungan yang kuat dengan pelanggan dan pemangku kepentingan. Dengan implementasi yang baik, perusahaan akan lebih mudah dikenali dan diingat oleh audiensnya.

  1. Desain Iklan (Advertising Design)

Jurusan Desain Grafis

Desain Iklan, atau Advertising Design, adalah proses penciptaan elemen visual dan teks yang digunakan dalam kampanye periklanan. Tujuannya adalah mempromosikan produk, layanan, atau merek, menarik perhatian, mempengaruhi, dan meyakinkan audiens untuk melakukan tindakan tertentu. Elemen kunci dalam Desain Iklan meliputi visual (gambar, ilustrasi, atau grafik yang relevan dan memikat), slogan atau pesan pendek yang memperkuat pesan, tata letak yang terstruktur agar mudah dibaca, pemilihan warna yang mempengaruhi emosi dan persepsi, tipografi yang sesuai dengan pesan, penyesuaian dengan audiens target, kreativitas untuk membedakan iklan, konsistensi merek, adaptasi ke berbagai media, dan panggilan tindakan yang jelas.

Desain Iklan adalah inti dari kampanye periklanan yang sukses, memainkan peran vital dalam menciptakan pesan efektif, menarik perhatian audiens, dan mendorong tindakan. Dengan persaingan yang ketat dalam dunia periklanan, desain iklan yang baik memiliki potensi besar untuk mempengaruhi keberhasilan kampanye.

  1. Desain Tipografi (Typography Design)

Ilustrasi pada Desain Grafis

Desain Tipografi, atau Typography Design, adalah subdisiplin dalam desain grafis yang fokus pada penyusunan dan tampilan huruf atau teks dalam suatu karya desain. Ini melibatkan pemilihan jenis huruf, penyajian teks, dan manipulasi elemen-elemen tipografi untuk menciptakan tampilan teks yang estetis, mudah dibaca, dan mendukung pesan yang ingin disampaikan. Aspek penting dalam Desain Tipografi termasuk pemilihan jenis huruf yang sesuai, kombinasi huruf yang bijaksana, penyesuaian spasi antar huruf dan baris, pemilihan warna huruf yang kontras dengan latar belakang, pengaturan teks, penekanan elemen penting, konsistensi dalam penggunaan tipografi, dan adaptasi ke berbagai media atau platform.

Desain Tipografi bukan hanya tentang aspek estetis, tetapi juga mempertimbangkan keterbacaan dan kemampuan teks untuk efektif menyampaikan pesan. Ketika digunakan dengan tepat, tipografi dapat meningkatkan daya tarik visual dan memastikan pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan jelas. Ini memiliki peran penting dalam desain grafis, publikasi, dan berbagai bentuk media visual lainnya.

  1. Desain Ilustrasi (Illustration Design)

ilustrasi digital

Desain Ilustrasi, atau Illustration Design, adalah cabang dalam desain grafis yang mencakup penciptaan gambar, ilustrasi, atau karya seni visual untuk menyampaikan pesan, menceritakan cerita, atau memperkuat konten dalam berbagai media. Ilustrasi memiliki peran penting dalam industri desain grafis, penerbitan, media digital, periklanan, dan banyak bidang kreatif lainnya.

Desain Ilustrasi memungkinkan desainer untuk mengekspresikan kreativitas visual mereka. Ini mencakup pembuatan gambar, karakter, objek, dan elemen visual lainnya dengan beragam gaya artistik, mulai dari ilustrasi realistis hingga ilustrasi kartun. Desainer harus memahami audiens target dan tujuan ilustrasi untuk menciptakan gambar yang sesuai.

Pemilihan teknik dan media adalah bagian penting dalam desain ilustrasi, dan seringkali melibatkan sketsa awal untuk merencanakan komposisi dan alur cerita. Detail, warna, komposisi, dan kohesivitas dengan desain keseluruhan juga menjadi fokus dalam desain ilustrasi.

Ilustrasi dapat digunakan dalam berbagai media dan harus disesuaikan dengan format yang berbeda, seperti buku, situs web, animasi, atau periklanan. Desain Ilustrasi adalah alat kuat untuk menciptakan gambar yang memengaruhi, menghibur, atau mengedukasi audiens, serta memperkuat identitas merek dalam berbagai konteks.

  1. Desain Web (Web Design)

Desain Website

Desain Web adalah cabang desain grafis yang berfokus pada penciptaan tampilan visual dan antarmuka pengguna situs web. Ini mencakup elemen visual seperti teks, gambar, warna, dan tata letak untuk menciptakan pengalaman pengguna yang menarik, fungsional, dan responsif terhadap perangkat. Aspek penting dalam Desain Web mencakup antarmuka pengguna yang intuitif, responsivitas untuk berbagai perangkat, tata letak halaman yang efisien, tipografi yang baik, pemilihan warna yang sesuai, elemen visual, interaktivitas yang cermat, navigasi yang mudah, optimasi kinerja, kohesivitas merek, dan uji kualitas. 

Desain Web bertujuan memberikan pengalaman online yang optimal dan memadukan estetika dengan fungsionalitas, memungkinkan situs web untuk berkomunikasi dengan efektif, memenuhi kebutuhan pengguna, dan mencapai tujuan bisnis. Seiring perkembangan teknologi web, Desain Web terus berkembang untuk mencerminkan tren dan tuntutan pasar yang terus berubah.

  1. Desain Motion Graphics

Desainer Motion Graphic

Desain Motion Graphics adalah cabang desain grafis yang menitikberatkan pada penciptaan elemen visual bergerak dalam video atau animasi. Ini digunakan dalam film, iklan, video musik, animasi, dan konten digital. Aspek utama dalam Desain Motion Graphics meliputi animasi grafis, efek visual (VFX), dinamika gerakan, penggunaan suara, kohesivitas visual, komunikasi visual, penggunaan perangkat lunak penyuntingan video, penggunaan dalam konten digital, penggunaan di berbagai media, dan penggunaan berbagai teknik gerak. 

Desain Motion Graphics memungkinkan penyampaian pesan, penangkapan perhatian, dan penciptaan efek visual yang mengesankan. Sebagai disiplin yang berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi digital, Desain Motion Graphics memainkan peran penting dalam produksi media, hiburan, dan komunikasi bisnis. Dapat digunakan dalam berbagai konteks untuk meningkatkan kualitas konten visual dan memberikan pengalaman yang kuat bagi penonton.

  1. Desain Gerak (Motion Design)

motion grafis

Desain Gerak (Motion Design) adalah cabang desain grafis yang menekankan elemen visual bergerak, animasi, atau grafis bergerak dalam video, film, animasi, atau media digital. Aspek-aspek utama dalam Desain Gerak termasuk animasi grafik, efek visual (VFX), prinsip gerakan dan dinamika, integrasi suara, elemen interaktif, kohesivitas visual, komunikasi visual, penggunaan perangkat lunak penyuntingan video, penggunaan dalam konten digital, serta penggunaan berbagai teknik gerak. 

Desain Gerak memungkinkan penciptaan pengalaman visual yang dinamis, kreatif, dan interaktif yang mempengaruhi penonton dengan cara yang menakjubkan. Ini memiliki banyak aplikasi, dari produksi film hingga animasi web dan game, serta berfungsi untuk memperkuat pesan, meningkatkan pengalaman pengguna, dan menyampaikan cerita yang kuat melalui media digital. Seiring dengan perkembangan teknologi, Desain Gerak menjadi semakin penting dalam komunikasi visual dan hiburan digital.

  1. Desain Multimedia (Multimedia Design)

karier bidang desain grafis

Desain Multimedia adalah pendekatan holistik yang mengintegrasikan berbagai elemen media seperti teks, gambar, suara, video, animasi, dan elemen interaktif dalam suatu proyek dengan tujuan mengkomunikasikan pesan atau informasi secara efektif. 

Desain Multimedia mencakup integrasi media, penciptaan konten yang relevan, elemen interaktif, optimasi kinerja digital, kohesivitas visual dan suara, tujuan komunikasi yang spesifik, konteks penggunaan yang beragam, uji dan evaluasi, serta pemeliharaan kontinu. Desain Multimedia digunakan dalam berbagai konteks seperti situs web, aplikasi mobile, pelatihan e-learning, iklan, presentasi bisnis, film pendek, dan permainan untuk menciptakan pengalaman multimedia yang kaya dan terhubung dengan audiens.

Desain grafis memiliki beragam bidang dan spesialisasi, dengan jenis-jenis desain yang berbeda. Setiap jenis desain membawa karakteristik dan tantangan unik. Desainer grafis seringkali mengintegrasikan beberapa jenis desain untuk menciptakan karya yang kreatif dan memukau.

Ingin belajar mengenai desain dan ilustrasi digital? Ayo ikuti Program Digital Design & Illustration di IDS Education.

College BTEC

Mengapa memilih IDS sebagai tempat belajar desain? Karena dalam Program Digital Design & Illustration kami, kamu akan belajar untuk menggabungkan pemikiran kreatif, estetika desain, pembuatan ilustrasi, dan strategi komunikasi guna menciptakan karya desain unggul yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Kurikulum kami difokuskan pada aspek-aspek penting seperti tipografi, fotografi, ilustrasi, komposisi, dan pemahaman tentang pemanfaatan warna. Kami juga memberikan penekanan pada desain berbasis pengguna, termasuk design thinking, UI & UX. Kamu akan dibimbing dalam mengembangkan ide, merancang, dan menerapkan solusi desain yang efisien dan sesuai dengan kebutuhan klien.

Tidak hanya itu, IDS juga memberikan pemahaman yang mendalam mengenai kebutuhan bisnis, sehingga kamu siap untuk berkarir di berbagai sektor industri kreatif maupun lingkungan startup. Bergabunglah dengan kami untuk mengasah bakat dan pengetahuan kamu dalam dunia desain digital yang dinamis.

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree