Blog

BAGIKAN

8 Jurusan Gamer yang Bisa Kamu Pilih Saat Kuliah Nanti

Jurusan Gamer

Zaman sekarang, apa pun aktivitas yang dikerjakan bisa menghasilkan uang, termasuk dengan bermain game. Tahukah kamu bahwa ada beberapa jurusan gamer yang bisa kamu pilih jika ingin menjadi gamer atau membuat game? Mari kita telusuri lebih lanjut mengenai jurusan gamer apa saja yang bisa kamu pilih.

Pilihan Jurusan Untuk Menjadi Gamer

Bagi kamu yang bercita-cita ingin berkarier di bidang game dan mengembangkan sebuah game agar dapat dimainkan oleh banyak orang, berikut beberapa jurusan yang dapat kamu pilih:

  • Teknik Elektro

Jika kamu berpikir bahwa jurusan Teknik Elektro hanya berkutat di bidang kelistrikan atau mesin perusahaan, kamu sebaiknya mengetahui fakta lain bahwa lulusan Teknik Elektro pun bisa berkarier di bidang game. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap perusahaan game akan membutuhkan perangkat keras atau hardware sehingga lulusan Teknik Elektro pun dibutuhkan oleh para perusahaan game.

  • Desain Komunikasi Visual

Berkutat dengan ilmu yang mengeksplor kemampuan dalam menggambar sesuatu dalam bentuk nyata, para mahasiswa jurusan DKV pun diajarkan ilmu lain seperti animasi, fotografi, tipografi, dan lainnya. Dari ilmu-ilmu yang didapatkan tersebut, para lulusan DKV sudah terbiasa untuk menginterpretasikan sesuatu hal sehingga skill ini dapat membantu perusahaan game untuk mengembangkan game-nya.

  • Desain Produk

Belajar untuk merumuskan dan mendesain sebuah produk untuk memenuhi standar tertentu, para lulusan Desain Produk biasanya dibutuhkan oleh para perusahaan pengembang game untuk menjadi game tester atau untuk menganalisis produk baru mereka. Dengan keahlian yang dimiliki oleh para Desain Produk, biasanya para perusahaan game ingin para lulusan Desain Produk untuk dapat menemukan kekurangan dalam game yang mereka buat sehingga kekurangan tersebut bisa diperbaiki dan bisa diterima oleh masyarakat luas.

  • Teknik Informatika

Memiliki pemahaman mengenai bagaimana suatu program berjalan, para lulusan jurusan Teknik Informatika ternyata dapat menjadi game tester setelah lulus. 

Jurusan Gamer

  • Teknik Industri

Teknik industri adalah salah satu jurusan favorit di bidang teknik. Jurusan yang mempelajari bagaimana sistem, proses, dan organisasi dalam berjalan baik dalam suatu industri ini ternyata dibutuhkan oleh para perusahaan pengembang game. Biasanya para lulusan jurusan Teknik Industri memiliki tugas untuk menganalisis kondisi industri game dalam kurun waktu tertentu agar dapat mendapatkan hasil yang baik bagi perusahaan.

  • Sistem Informasi

Para lulusan jurusan Sistem Informasi biasanya dapat bekerja di perusahaan game untuk menganalisis game yang sudah dibuat. Pekerjaan lainnya yang biasanya dapat dilakukan oleh para lulusan Sistem Informasi adalah sebagai game tester karena sudah terbiasa untuk analisis suatu pemrograman sehingga dapat mengetahui di mana letak kekurangan game yang sedang dikembangkan.

  • Ilmu Komputer

Jurusan yang mempelajari mengenai pemrograman yang dikombinasikan dengan sains dan matematika ini sudah terbiasa untuk mengolah data dalam pemrograman. Karena kemampuan inilah para lulusan jurusan Ilmu Komputer biasanya dicari oleh para perusahaan pengembang game untuk menjadi data scientist mereka dan diberikan tugas untuk mengolah data dari game yang sudah dirilis.

  • Digital Animation & Games

Jurusan selanjutnya yang bisa kamu pilih untuk berkarier di dunia game adalah jurusan Digital Animation & Games. Sesuai namanya, para lulusan jurusan Digital Animation & Games ini belajar mengenai proses pembuatan animasi dan game sehingga biasanya dibutuhkan oleh para perusahaan pengembang game sebagai Game Designer atau Game Producer.

Untuk berkarier di dunia game ternyata banyak jurusan gamer yang bisa dipilih. Jika kamu tertarik dengan jurusan Animasi, kamu bisa menemukannya di IDS | International Design School karena IDS memiliki jurusan Digital Animation & Games. Nantinya kamu akan belajar mengenai perangkat lunak Autodesk Maya & Unreal yang sudah menjadi standar industri animasi dan game. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai program lainnya seperti Pixologic ZBrush, Adobe Substance, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan lain sebagainya. 

Sumber: 8 Jurusan Gamer yang Bisa Kamu Pilih Saat Kuliah Nanti

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer