Blog

BAGIKAN

8 Karier di Bidang Desain Grafis yang Banyak Dibutuhkan Saat Ini

karier bidang desain grafis

Akhir-akhir ini para lulusan Desain Grafis memiliki banyak prospek karier yang bisa digeluti setelah melewati masa perkuliahan. Hal ini terjadi karena hampir semua perusahaan memiliki kebutuhanvisual dalam mempromosikan produknya, atau menjalankan lini bisnisnya. Jika kamu penasaran dengan bagaimana masa depanmu ke depannya, berikut karier di bidang Desain Grafis yang dapat kamu pilih ketika lulus nanti.

  • Desainer Grafiskarier, 

Sebagai lulusan desain grafis, tentu karier yang pertama dibahas adalah sebagai Desainer Grafis. Jika kamu memilih untuk berkarier dalam profesi ini, kamu akan mengerjakan  desain logo, brand identity, ataupun tampilan visual yang dapat menunjang kebutuhan brand atau identitas  sebuah perusahaan. 

Karena salah satu karya kamu adalah merancang logo atau brand identity, maka kamu pun sebaiknya menguasai mengenai teknik yang tepat untuk pekerjaanmu nanti. Sejak kuliah pun kamu sudah bisa mulai belajar strategi-strategi Desain Grafis, dalam mempersiapkan dirimu di dalam karier ini.

  • Ilustrator

Pilihan karier selanjutnya adalah Ilustrator. Menjadi Ilustrator, maka kamu akan bekerja atau berkarya dalam membuat ilustrasi yang terkait dengan konsep yang dibutuhkan bagi klien mu nanti. Biasanya pekerjaan ini membutuhkan skill menggambar, karena modal utama bagi seorang Ilustrator adalah kemampuan menggambar yang mumpuni baik menggambar manual ataupun digital

  • Motion Graphic Artist

Apakah kamu seseorang yang senang membuat artwork? Karier sebagai Motion Graphic Artist bisa jadi pilihan yang pas untukmu. Untuk bekerja sebagai Motion Graphic Artist, kamu membutuhkan kemampuan untuk dapat menggunakan visual effect, animasi dan teknik sinematik lainnya untuk menjalankan tugasmu. Selain itu, biasanya para Motion Graphic Artist biasanya membutuhkan kemampuan sketsa yang kuat dan atau kemampuan desain grafis. Motion Graphic Artist membuat gambar statis menjadi lebih hidup melalui motion graphic yang mereka buat menggunakan animasi 2D dan 3D. 

  • UI Designer

Jika karier yang kamu pilih setelah lulus nanti adalah menjadi UI Designer maka kamu akan memiliki tugas untuk memastikan tampilan antarmuka suatu aplikasi sudah sesuai dengan tujuan proyek pembuatan aplikasi tersebut. Hal ini dikarenakan UI designer adalah orang yang bertugas untuk mendesain tampilan antarmuka suatu aplikasi dan pengalaman para pengguna aplikasi tersebut. Para UI Designer juga memastikan desain aplikasi seperti tombol, gambar, teks, grafis, dan aspek lainnya dapat berinteraksi serta bertransisi dengan baik.

karier bidang desain grafis

  • UX Designer

Jika UI Designer mendesain tampilan aplikasi, maka UX Designer memiliki tugas untuk mendesain pengalaman pengguna. Para UX Designer pun bertugas untuk memastikan suatu aplikasi berjalan dengan logika yang jelas serta relevan dengan kebutuhan para pengguna aplikasi. Mereka pun bertugas untuk mencari tahu bagaimana pengalaman para pengguna aplikasi saat menggunakannya.

  • Desainer Aplikasi

Dari situs IBM, dijelaskan bahwa para Desiner Aplikasi mengumpulkan data dari analisa sistem bisnis hingga end user. Para Desiner Aplikasi bertugas untuk menentukan solusi program terbaik untuk kebutuhan bisnis serta diharapkan memiliki pengetahuan dan pandangan global mengenai project yang sedang dikerjakannya.

  • Product Designer

Tugas dari para Product Designer adalah bertanggung jawab atas pengalaman para pengguna aplikasi. Tidak hanya bertanggung jawab terhadap aspek visual, tetapi mereka juga berperan dalam pembuatan arsitektur informasi. Seringkali Product Designer pun disebut dengan UX Designer, Customer Experience Architect, atau UI Designer tergantung dari perusahaan tempatnya bekerja. Intinya, Product Designer memiliki tugas yang penting untuk pengembangan aplikasi.

  • Desainer Website

Kamu tertarik untuk berkarier di dunia website? Salah satu karier yang dapat kamu pilih adalah Desainer Website dan kamu akan diberi tugas untuk mendesain website. Kamu pun dituntut untuk memiliki kreativitas dan kecerdasan teknis agar dapat membangun website yang dibutuhkan oleh perusahaan tempatmu bekerja. 

Tentu masih banyak karier di bidang Desain Grafis yang dapat kamu pilih saat lulus nanti. Kamu bisa memilih karier apapun yang sesuai dengan passion atau skill yang kamu miliki. Jangan lupa untuk terus mengasah skill-mu agar kamu bisa lebih siap untuk menghadapi apapun tantangan yang merintangimu saat berkarya nanti!

Ingin berkarier sebagai Desainer Grafis? Yuk Kuliah di IDS! Kenapa IDS? karena IDS merupakan salah satu sekolah design terbaik dengan lulusan-lulusan berkualitas skala internasional. Melalui program Digital Design and Illustration, mahasiswa akan dibimbing untuk dapat mengintegrasikan pola pikir kreatif, estetika desain, membuat ilustrasi, serta strategi komunikasi.

Fokus pembelajaran meliputi desain untuk kebutuhan media komunikasi berbasis cetak maupun digital. Mahasiswa juga akan dibekali kemampuan memahami kebutuhan bisnis agar siap bekerja di industri kreatif maupun startup. Perkuliahan disini hanya berlangsung selama 20 bulan dan nantinya mahasiswa bisa lanjut International Pathway untuk mendapatkan gelar Bachelor di Australia atau UK. Tertarik? Kamu bisa kunjungi website IDS di sini (bit.ly/PendaftaranKuliahIDS)

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree