Blog

BAGIKAN

8 Profesi di Bidang Film yang Tidak Kalah Keren dari Aktor

Profesi di Bidang Film

Profesi di bidang film merupakan salah satu cita-cita sebagian orang yang saat ini sedang menempuh pendidikan film. Tidak hanya menjadi aktor, profesi di bidang film juga ada banyak yang bisa dicoba oleh siapa saja. Apalagi, jika kamu memiliki keahlian tertentu yang dibutuhkan di dunia industri.

Profesi di bidang film ini sekarang sangat dibutuhkan oleh industri. Kamu berpeluang besar untuk mengisi salah satunya. Artikel ini akan membahas tentang 8 profesi di bidang film yang populer dan tidak kalah keren dibandingkan dengan menjadi seorang aktor atau aktris. Simak ulasannya.

1. Produser

Menjadi produser memang tidak mudah, tapi pekerjaan ini sangat dibutuhkan dalam dunia perfilman. Film tidak akan bisa berjalan tanpa produser. Jika kamu ingin menjadi produser, kamu perlu merintis karier yang cukup panjang untuk bisa menduduki jabatan tersebut.

Adapun tugas dan tanggung jawab seorang produser adalah menginisiasi sebuah project film, memimpin manajemen produksi, mencari dana, memilih kru, dan melakukan supervisi selama proses pembuatan film.

2. Sutradara

Profesi di bidang film kedua ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kamu. Menjadi sutradara adalah impian banyak orang. Sutradara berperan penting dalam kesuksesan sebuah film. Pasalnya, posisi ini akan menentukan alur cerita, pemeran, pengembangan karakter, pergerakan kamera, dan lain sebagainya.

Di balik film yang bagus, ada sosok sutradara yang hebat. Film tidak pernah bisa dilepaskan dengan sutradaranya. Hampir semua profesi di bidang film berada di bawah arahan sutradara. Adapun sosok sutradara di Indonesia adalah Joko Anwar, Angga Sasongko, Hanung Bramantyo, dll.

3. Asisten Sutradara

Sutradara tentu memiliki peran dan tanggung jawab yang besar. Oleh karena itu, untuk melancarkan tugasnya, sutradara membutuhkan seorang untuk menjadi asistennya. Asisten sutradara bertugas untuk memastikan semua arahan dari sutradara sudah terpenuhi.

Seperti menjadwalkan proses reading sampai pada jadwal shooting, memastikan kru datang tepat waktu, dan juga mengarahkan pemain sesuai dengan adegan yang diinginkan oleh sutradara. Asisten sutradara ini biasanya akan lebih banyak berkomunikasi dengan orang banyak.

4. Penulis Skenario

Sebuah film tidak akan bisa dikerjakan tanpa adanya skenario. Pekerjaan seorang penulis skenario ini sangat lah penting dan jika kamu ingin mencari profesi di bidang film yang jarang terlibat langsung ketika shooting, maka profesi inilah yang mungkin cocok untuk kamu.

Seorang penulis skenario atau script writer harus bisa membuat konsep film dari sutradara menjadi deretan dialog yang menarik untuk dimainkan oleh aktor. Tugas seorang penulis skenario sangatlah berat. Mereka harus berperan dalam brainstorming untuk menentukan plot cerita.

Profesi di Bidang Film

5. Director of Photography (DOP)

Director of photography atau sinematografer adalah pimpinan dari kameramen. Tugas dan fungsi seorang DOP dalam sebuah film sangatlah penting. Mereka bertanggung jawab atas kualitas fotografi dan kualitas sinematik. Selain itu, seorang DOP juga harus bisa memaksimalkan frame kamera untuk menyampaikan cerita yang utuh.

DOP juga merupakan profesi di bidang film yang ikut sejak masa pra produksi. Oleh karena itu, mereka biasanya juga akan ikut serta dalam mengembangkan skenario, mencari lokasi, dan lain sebagainya.

6. Make up Artist

Profesi di bidang film selanjutnya yang populer adalah make up artist atau MUA. MUA memiliki tugas yang sangat penting dalam sebuah produksi film. MUA bekerja untuk menata rias, membuat karakter, dan memastikan bahwa aktor atau aktris selalu tampill sesuai dengan adegan yang diperankan.

MUA juga bisa disebut sebagai pekerja seni. Pasalnya, tidak jarang dari mereka yang membuat karakter dengan riasan yang cukup ekstrem dan artistik. Jika kamu ingin menjadi seorang MUA, maka pastikan skill kamu bisa diandalkan oleh sutradara.

7. Art Director

Seperti namanya, art director adalah pekerja seni yang bertanggung jawab atas segala aspek yang mencakup seni-seni visual di dalam film. Mereka perlu membuat konsep yang diinginkan sutradara agar menjadi nyata. Beberapa di antaranya adalah memilih set, mengatur dekorasi, dan menyediakan properti.

Semua pekerjaan yang dilakukan oleh art director akan menentukan seberapa realistisnya sebuah adegan di dalam film tersebut. Seorang art director bertugas sekaligus bekerja sama dengan graphic designer serta visualizer untuk mewujudkan konsep visual yang sempurna.

8. Editor

Setelah semua adegan selesai direkam, maka langkah selanjutnya adalah melakukan editing. Di sini profesi di bidang flm yang bekerja adalah seorang editor. Editor bertugas untuk menjahit semua potongan adegan agar tergabung menjadi satu cerita utuh yang disebut film.

Selain itu, editor juga bertugas dalam memberikan efek-efek, warna, dan transisi yang dibutuhkan untuk menunjang cerita dan memberikan kesan dramatis dalam sebuah adegan film. Saat ini, kebutuhan seorang editor dalam dunia film sudah mulai besar. Oleh karena itu, jika kamu memiliki bakat mengedit sebuah video, maksimalkan kemampuanmu dan gapailah cita-citamu menjadi seorang editor film.

Jika kamu ingin belajar dan serius menggeluti dunia perfilman, IDS | International Design School menyediakan Sekolah Film yang bisa membantu kamu mengembangkan skill dan bakat di dunia industri film.

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree