Blog

BAGIKAN

Tidak Kalah dengan DSLR, 8 Tips Fotografi Smartphone yang Bikin Hasil Foto Lebih Menarik

tips fotografi smartphone

Kamu memiliki hobi travelling? Pasti kurang lengkap rasanya kalau tidak mengabadikan momen saat sedang berlibur. Saat ini, kamu tidak perlu repot-repot membawa kamera berukuran besar dan berat, cukup dengan smartphone canggih kamu sudah bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus. Penasaran kan gimana caranya? Yuk intip tips fotografi smartphone berikut ini.

Namun, secanggih-canggihnya smartphone kamu, kamu harus tetap menguasai skill basic memotret menggunakan smartphone. Dilansir dari Tempo, fotografer terkenal, Darwis Triadi, membagikan 3 poin penting memotret menggunakan smartphone yaitu mempelajari fiturnya, melihat cahaya dengan tepat dan kemampuan melihat objek. Untuk itu, artikel ini akan membahas lebih lengkap tips fotografi menggunakan smartphone yang bisa kamu coba. Yuk, simak tipsnya di sini!

  1. Memahami spesifikasi smartphone yang dimiliki

Teknik Camera Movement

Sebelum memotret menggunakan smartphone, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memahami spesifikasi smartphone yang kamu miliki.  Dengan begitu kamu akan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan fitur kamera yang ada pada smartphone kamu.

  1. Mengeksplorasi fitur kamera di smartphone kamu

kamera smartphone

Jangan takut bereksplorasi dengan fitur kamera smartphone. Di beberapa smartphone keluaran terbaru tersedia fitur seperti HDR mode, shutter, atau bahkan ISO. Pengaturan tersebut bisa kamu ubah pengaturannya untuk menghasilkan gambar yang bagus. Kamu juga perlu mempelajari dan memahami kapan waktu terbaik untuk menggunakan pengaturan-pengaturan tersebut.

  1. Memanfaatkan pencahayaan alami

cahaya alami smartphone

Fitur yang ada di smartphone umumnya tidak selengkap di kamera mirrorless atau DSLR, termasuk dalam hal pengaturan pencahayaan. Kamu bisa memanfaatkan pencahayaan alami saat mempraktikkan fotografi smartphone. Salah satu teknik dasar tentang pencahayaan adalah mengambil foto dari arah datangnya cahaya. Jika kamu mengambil foto dari arah sebaliknya, kamu akan mendapatkan hasil foto yang backlight.

  1. Mengaktifkan HDR

HDR

Jika cahaya di sekitar objek foto dirasa kurang, kamu bisa mengaktifkan fitur HDR di smartphone. HDR atau High Dynamic Range digunakan untuk mengatur tingkat pencahayaan yang lebih dinamis. Saat kamu mengaktifkan fitur HDR, maka kamera akan otomatis meningkatkan pencahayaan sesuai dengan kebutuhan. Salah satu momen tepat untuk memakai HDR yakni ketika memotret sunrise dan sunset.

  1. Memperhatikan komposisi foto

perhatikan komposisi foto

Tips selanjutnya adalah memperhatikan komposisi foto. Dalam dunia fotografi ada yang namanya teori rule of third yaitu membagi foto menjadi tiga bagian secara horisontal dan vertikal. Teori ini menjelaskan bahwa fokus foto yang diletakkan di sepanjang garis atau pertemuan garis rakan menghasilkan foto yang lebih menarik. Kamu bisa menerapkan teori ini dengan cara mengaktifkan gridlines di smartphone kamu.

  1. Memperhatikan fokus kamera

perhatikan fokus kamera

Rata-rata smartphone memiliki fitur auto focus. Sebelum mengambil foto, kamu bisa mengatur fokus sesuai yang kamu inginkan. Caranya adalah menyentuh layar smartphone-mu di bagian yang ingin kamu fokuskan. Hal ini dapat menghindari adanya kesalahan fokus yang bisa terjadi ketika menggunakan smartphone. 

  1. Mengambil foto dari berbagai angle

angle kamera

Selanjutnya, kamu bisa mengambil foto dari berbagai angle. Kalau biasanya kamu mengambil foto hanya dari depan objek foto, kini kamu bisa coba mengambil foto dengan angle dari atas (bird’s eye view) atau angle dari bawah (worm’s eye view). Kamu juga bisa mencoba angle-angle tidak biasa lainnya agar mendapatkan hasil foto yang unik dan menarik.

  1. Memastikan tangan tetap stabil saat memotret

kamera stabil

Ukuran smartphone yang kecil membuatnya lebih riskan akan goncangan. Oleh karena itu, pastikan tangan tetap stabil atau tidak goyang saat mengambil gambar. Kamu bisa mencoba tips menghimpitkan kedua tangan dengan badan, bukan justru meluruskan tangan ke depan atau ke atas. Jika kamu merasa kesulitan, kamu bisa menggunakan tripod khusus fotografi smartphone.

Sekarang kamu tidak perlu mengkhawatirkan hasil foto liburan walau hanya menggunakan smartphone. Kamu bisa coba 8 tips fotografi smartphone di atas, agar hasil foto kamu lebih ciamik lagi.

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree