Blog

BAGIKAN

8 Youtuber Indonesia yang Mampu Meraup Penghasilan Terbanyak

9 Youtubers Muda dan Terkenal

Teknologi informasi yang berkembang pesat telah membuka peluang baru untuk menghasilkan pendapatan melalui platform digital, termasuk YouTube sebagai salah satu media sosial yang populer. Banyak orang telah memanfaatkan potensi YouTube sebagai sumber penghasilan yang signifikan. Awalnya, YouTube diisi dengan konten dari para kreator individu atau yang biasa disebut dengan Youtuber, namun seiring berjalannya waktu, semakin banyak kanal YouTube yang dibangun oleh perusahaan.

Bahkan, beberapa artis dan selebriti Indonesia yang telah sukses di dunia pertelevisian melihat YouTube sebagai cara untuk mempertahankan eksistensinya. Mereka juga turut terjun ke dunia YouTube sebagai saluran alternatif untuk menjangkau penggemar mereka.

Ada beberapa Youtuber Indonesia yang telah berhasil meraih penghasilan fantastis, dengan pendapatan mencapai ratusan juta per bulannya. Pendapatan ini diperoleh melalui penayangan iklan AdSense, baik dalam video YouTube biasa maupun fitur YouTube Shorts.

Untuk melihat perkiraan penghasilan para Youtuber tersebut, dapat dilihat melalui situs Social Blade. Meskipun tingkat keakuratannya masih bisa diperdebatkan, situs ini memberikan perkiraan seberapa besar penghasilan para Youtuber berdasarkan jumlah penayangan dan jumlah subscriber yang mereka miliki.

Namun, perlu dicatat bahwa penghasilan yang terlihat di situs tersebut hanya berdasarkan pendapatan dari AdSense, sedangkan penghasilan dari bisnis atau kerjasama endorse tidak termasuk dalam perhitungan tersebut.

Berikut adalah 8 Youtuber Indonesia dengan penghasilan terbanyak menurut data dari situs Social Blade. Penting untuk diingat bahwa peringkat ini dapat berubah seiring waktu dan hanya mencakup perkiraan pendapatan dari iklan AdSense

  1. Rans Entertainment

Rans Entertainment

Dibangun oleh pasangan presenter terkenal Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pada Desember 2015, Rans Entertainment menjadi salah satu kanal YouTube dengan jumlah subscriber terbanyak, mencapai 25,2 juta. Fokus konten kanal ini adalah hiburan dan kehidupan sehari-hari keluarga Raffi dan Nagita, yang dikenal sebagai keluarga Sultan Kamura. Menurut data dari Social Blade, Rans Entertainment memiliki sekitar 2 juta penayangan per hari dengan estimasi penghasilan bulanan sebesar 15.400 dolar AS atau sekitar 235 juta rupiah.

  1. Miawaug

Miawaug

Miawaug, yang didirikan pada Maret 2014, adalah salah satu kanal YouTube kategori gaming tertua di Indonesia dengan jumlah subscriber saat ini mencapai 19,9 juta. Kanal ini dipandu oleh seorang pria bernama Regi Prabowo. Miauwaug mendapatkan rata-rata 2,4 juta penayangan per hari dengan estimasi penghasilan bulanan sebesar 18.700 dolar AS atau sekitar 286 juta rupiah.

  1. Zuni and Family

Youtuber Zuni and Family

Dibangun sejak Agustus 2017, Zuni and Family memiliki jumlah subscriber sebanyak 17,9 juta. Kanal ini berfokus pada konten video yang ditujukan untuk anak-anak, dengan rata-rata penayangan sekitar 2 juta per hari dan estimasi penghasilan bulanan sebesar 21.900 dolar AS atau sekitar 335 juta rupiah.

  1. Frost Diamond

Frost Diamond

Frost Diamond, kanal YouTube gaming kontroversial yang didirikan pada Januari 2014, telah mencapai 28,4 juta subscriber. Awalnya fokus pada konten gim Minecraft, kanal ini mendapatkan rata-rata 3,4 juta penayangan per hari dengan estimasi penghasilan bulanan sebesar 25.600 dolar AS atau sekitar 392 juta rupiah.

  1. Jeevan Akawa

Jeevan Akawa

Jeevan Akawa, kanal yang didirikan pada September 2014, memiliki jumlah subscriber sebanyak 9,33 juta. Kontennya berisikan hiburan dan drama keluarga, dengan rata-rata 5 juta penayangan per hari dan estimasi penghasilan bulanan sebesar 37.600 dolar AS atau sekitar 500 juta rupiah.

  1. Ale Khin

Kanal Ale Khin, yang didirikan pada Mei 2014, berisikan konten video pendek yang membahas alur cerita film dengan cara yang menarik. Kanal ini memiliki 6,85 juta subscriber dengan rata-rata 5,9 juta penayangan per hari dan estimasi penghasilan bulanan sebesar 45 ribu dolar AS atau sekitar 689 juta rupiah.

  1. Yudist Ardhana

Yudist Ardhana

Yudist Ardhana, yang mulai dengan konten prank pada Januari 2016, kini beralih ke konten hiburan keluarga seperti vlog dan challenge. Kanal ini memiliki 13,9 juta subscriber dengan rata-rata 7 juta penayangan per hari, baik dari penayangan video pendek maupun video panjang. Estimasi penghasilan bulanannya berada di kisaran 58.400 dolar AS atau sekitar 893 juta rupiah.

  1. Klara Tania

Klara Tania

Terkenal sebagai YouTuber yang mengulas alur cerita film, kanal Klara Tania baru dibangun pada Juni 2021 dan telah meraih 10,1 juta subscriber. Kanal ini fokus pada konten yang menyampaikan cerita dari film-film, terutama genre misteri. Rata-rata jumlah penayangan per hari mencapai 10 juta, baik dari video pendek maupun video panjang. Estimasi penghasilan bulanannya mencapai 80.400 dolar AS atau sekitar 1,2 miliar rupiah.

Melihat kesuksesan mereka dalam mencapai penghasilan yang luar biasa, tentu menjadi inspirasi bagi orang lain untuk mencoba berkarier sebagai YouTuber. Namun, penting untuk diingat bahwa kesuksesan ini juga didasarkan pada konsistensi dalam menciptakan konten yang disukai oleh subscriber mereka.

Tertarik untuk menjadi seorang Content Creator seperti mereka? Yuk kembangkan keterampilan Kamu dan tingkatkan potensi karier melalui program Short Course IDS! Dapatkan keunggulan kompetitif dengan mengikuti kursus-kursus kami yang dirancang khusus untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan Kamu dalam berbagai bidang. Jadilah bagian dari komunitas pembelajaran yang beragam dan bergabunglah dengan ribuan peserta yang telah merasakan manfaatnya.

Tunggu apa lagi? Segera daftar dan ikuti kursus di program Short Course IDS untuk meningkatkan kemampuan Kamu dalam waktu singkat. Dengan instruktur yang berpengalaman dan kurikulum terkini, kami menjamin pengalaman belajar yang berkualitas tinggi. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk meraih kesuksesan dan mencapai tujuan karier Kamu.

JOIN NOW!

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree