Blog

BAGIKAN

9 Genre Film Populer yang Paling Digemari oleh Penonton, dari Sedih hingga Mencekam!

perbedaan film hollywood dan film indie

Genre film merupakan istilah yang digunakan untuk mengkategorikan karya sastra, seni, atau hiburan lainnya, seperti musik, baik yang tertulis maupun lisan, audio, atau visual, berdasarkan pada beberapa kriteria gaya.

Asal-usul istilah ini berasal dari sastra Yunani kuno. Bagi penulis, seniman, dan pembuat film, penggunaan genre adalah cara yang sederhana dan praktis untuk mengkategorikan gaya cerita dan konten yang berbeda.

Mengkategorikan film memudahkan penonton untuk menemukan apa yang disukai dan ingin ditonton. Penempatan film ke dalam genre atau kategori tertentu tidak mengurangi kualitasnya atau mengasumsikan bahwa film tersebut biasa dan tidak memiliki orisinalitas dan kreativitas. Sebaliknya, penggunaan genre membantu memfasilitasi pemahaman dan eksplorasi beragam gaya dan tema dalam dunia perfilman.

Penting bagi para penggemar maupun pembuat film untuk memahami jenis-jenis genre film yang paling populer, karena hal ini dapat membantu menentukan pilihan tontonan dan memberikan gambaran dalam mempelajarinya. Berikut adalah 10 genre film populer dan banyak ditonton:

  1. Film Aksi

Film Action

Film aksi adalah genre yang menonjolkan adegan-adegan tindakan, kejar-kejaran, dan pertarungan intens, sering berfokus pada protagonis yang terlibat dalam aksi luar biasa seperti pertempuran fisik dan pengejaran mobil. Didukung dengan efek khusus spektakuler, sinematografi dinamis, dan suara menggelegar, film aksi menciptakan ketegangan dan sensasi bagi penonton. 

Menarik perhatian penonton yang menyukai aksi dan adrenalina, film aksi memberikan pengalaman seru dan mendebarkan. Penonton terhubung dengan karakter utama yang berhadapan dengan bahaya, menguji keterampilan dan keberanian mereka. Film aksi menyajikan hiburan mengasyikan dan menantang, memberikan kepuasan saat mengikuti perjalanan karakter menghadapi tantangan dengan keberanian. 

  1. Film Petualangan

film Ali & Ratu Ratu Queens

Genre petualangan menampilkan kisah-kisah epik yang menarik, dengan fokus pada perjalanan atau penjelajahan karakter utama. Dalam genre ini, karakter menghadapi berbagai rintangan dan tantangan yang menguji keberanian, ketekunan, dan kecerdasan mereka. 

Petualangan sering berlangsung dalam dunia fiksi atau lokasi eksotis, memunculkan elemen fantasi atau misteri. Film petualangan memberikan pengalaman mendalam bagi penonton karena mengikuti perjalanan emosional dan fisik karakter utama. Dari pencarian harta karun hingga eksplorasi ruang angkasa, genre petualangan menghadirkan cerita yang memukau dan memberikan inspirasi tentang semangat petualangan dan penaklukan.

  1. Film Komedi

film Ngeri-Ngeri Sedap

Film komedi adalah genre yang bertujuan untuk menghibur dan membuat penonton tertawa dengan cerita lucu, dialog menggelitik, dan situasi kocak. Humor menjadi fokus utama dalam film ini, menghadirkan momen-momen lucu yang mengundang tawa. 

Karakter-karakter eksentrik dan kelucuan dalam kehidupan sehari-hari sering menjadi bahan utama dalam film komedi. Penggunaan humor yang cerdas, ekspresi wajah, dan aksi fisik yang kocak menghadirkan kesenangan bagi penonton. Film komedi sering memberikan hiburan ringan dan menghadirkan ketegangan yang hilang dengan menghadirkan suasana ceria dan kegembiraan. 

  1. Film Horor

film KKN di Desa Penari

Genre film horor adalah genre yang menghadirkan ketegangan, ketakutan, dan elemen supernatural. Film horor seringkali mengeksplorasi tema-tema mistis, hantu, monster, atau kejahatan supranatural lainnya. Cerita-cerita dalam genre ini bertujuan untuk menakut-nakuti dan membuat penonton merasa gelisah. 

Penggunaan suara, visual, dan efek khusus yang mengerikan menciptakan atmosfer yang menegangkan. Film horor memanfaatkan rasa ketidakpastian dan ketakutan manusia, menciptakan momen yang mengagetkan dan menegangkan. Daya tarik genre ini terletak pada adrenalin, sensasi menakutkan, serta kepuasan dari ketegangan psikologis dan emosional yang dialami penonton selama menonton film. 

  1. Film Sci-Fi (Sains Fiksi)

fakta film oppenheimer

Film sains fiksi adalah genre yang mengeksplorasi konsep-konsep ilmiah dan teknologi maju. Film ini sering menghadirkan cerita-cerita tentang perjalanan ruang angkasa, robot, atau dunia masa depan yang canggih. Dalam film sains fiksi, teknologi yang belum ada dalam kenyataan menjadi fokus utama. 

Contohnya adalah “Star Wars” dengan peperangan antar-galaksi dan senjata futuristik, “Blade Runner” yang hadirkan dunia masa depan dengan android, dan “Interstellar” yang mengeksplorasi perjalanan antariksa. Genre ini mengundang penonton untuk melihat masa depan yang mungkin terjadi dan menginspirasi tentang potensi eksplorasi manusia di alam semesta yang luas.

  1. Film Romantis

film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang

Film romantis adalah genre yang berfokus pada cerita cinta dan hubungan antar karakter. Film ini menghadirkan momen-momen emosional, romantisme, dan ketegangan dalam perjalanan cinta. Kisah cinta yang mendalam, pertemuan tak terduga, dan konflik emosional sering menjadi tema sentral dalam film ini. Chemistry antara pemeran utama menjadi kunci dalam membangun ikatan emosional dengan penonton. 

Film romantis mengajak penonton untuk merasakan perasaan cinta dan kebahagiaan, serta menjalani perjalanan romantis bersama karakter-karakter yang mereka cintai. Dari kisah yang manis hingga drama penuh emosi, film romantis menyentuh hati dan memberikan pengalaman bermakna tentang cinta dan hubungan. 

  1. Film Drama

film Miracle in Cell No. 7

Genre drama adalah genre film yang menghadirkan cerita-cerita yang mendalam dan emosional. Film ini seringkali mengeksplorasi konflik internal karakter utama, menggambarkan perjuangan emosional dan psikologis yang dialaminya. Drama menyentuh tema-tema manusia yang universal seperti cinta, kehilangan, persahabatan, dan konflik keluarga. Karakter-karakter dalam film drama berada dalam situasi yang mempengaruhi perasaan dan emosi mereka secara mendalam. 

Melalui penampilan akting yang mendalam dan alur cerita yang menggugah perasaan, drama mengajak penonton untuk merenungkan kehidupan, menghadapi emosi yang rumit, dan mencari makna dalam pengalaman manusia.

  1. Film Superhero

Film Satria Dewa Gatotkaca

Genre superhero menampilkan karakter-karakter pahlawan super dengan kekuatan luar biasa, yang berjuang melawan kejahatan dan menyelamatkan dunia. Film dalam genre ini sering menghadirkan aksi luar biasa, efek khusus yang spektakuler, dan pertarungan epik antara pahlawan dan penjahat. 

Pahlawan super ini memiliki identitas ganda, menyembunyikan kekuatan mereka di balik kehidupan sehari-hari. Mereka berjuang untuk keadilan dan melindungi masyarakat dari ancaman. Genre superhero menginspirasi dengan pesan tentang keberanian, pengorbanan, dan pentingnya melakukan kebaikan. Film ini menyajikan keseruan dan ketegangan, menghadirkan cerita penuh aksi dan fantasi yang menghibur dan mengesankan.

  1. Film Animasi

Film Animasi Elemental

Film animasi adalah genre yang menampilkan gambar-gambar yang dihasilkan secara animasi. Film ini dapat ditujukan untuk anak-anak maupun untuk semua usia, dengan cerita yang menarik dan visual yang mengagumkan. Teknik animasi menciptakan dunia fiksi yang unik dengan karakter-karakter yang hidup dan berwarna. 

Film animasi menawarkan kreativitas tanpa batas, menghadirkan alam fantasi, petualangan, dan keajaiban yang sulit dicapai dalam film live-action. Baik berupa film kartun klasik atau animasi CGI modern, genre ini menyajikan hiburan menyenangkan, penuh imajinasi, dan mengundang penonton dari segala usia untuk terlibat dalam cerita yang luar biasa.

Film-film dalam genre-genre yang beragam memiliki daya tarik yang luas karena mampu memenuhi berbagai preferensi dan selera penonton. Setiap genre menyajikan pengalaman yang unik dan berbeda, memenuhi kebutuhan hiburan dari beragam audiens. Misalnya, film aksi menawarkan sensasi dan ketegangan bagi pecinta aksi, sementara film romantis menyentuh hati para penggemar kisah cinta. Film sains fiksi mengajak penonton berpetualang dalam dunia imaginatif, sementara film animasi menyuguhkan visual yang mengagumkan untuk semua usia. Pilihan genre yang beragam memberikan peluang bagi semua orang untuk menikmati dan merasa terhibur dari dunia perfilman yang luas dan menarik.

banner college

Ingin belajar film tapi bingung harus mulai dari mana? Program Digital Film & Media Production di International Design School (IDS) adalah pilihan yang tepat untuk belajar film. Program ini mengajarkan kemampuan teknis dan estetis dalam menciptakan film dan konten untuk berbagai media. Mahasiswa akan mengembangkan cerita, menulis skenario, dan memahami seluruh proses produksi film, termasuk penyutradaraan, manajemen produksi, sinematografi, tata artistik, tata suara, akting, dan editing. Kelebihannya termasuk simulasi industri terbaik, kesempatan berpraktik langsung, dan magang di Paragon Pictures. Tanpa skripsi, program ini mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan untuk sukses dalam industri film dan media.

College Program

Jago Bikin Film