Blog

BAGIKAN

YouTube Analytics: Panduan Lengkap Pelacakan YouTube

YouTube Analytics

Jika kamu membaca artikel ini, Mungkin kamu membuat sebuah video dan mengupload video tersebut ke Youtube. Mungkin, kamu memiliki ketertarikan dengan konten youtube tetapi kamu tidak memiliki pemahaman dasar tentang YouTube Analytics.

Maka dari itu pembahasan kali ini kita akan mempelajari pelacakan Youtube dari A hingga Z yang akan membekali kamu dengan pengetahuan yang sangat diperlukan dalam memulai untuk membuka channel Youtube.

YouTube Analytics

Apa itu YouTube Analytics?

Meskipun YouTube adalah platform berbagi video global terbesar, YouTube Analytics adalah alat yang efektif untuk mengukur statistik saluran channel Youtube kamu dan mengelola strategi pembuatan konten kamu dari waktu ke waktu. Dengan mengakses sumber data yang berharga ini, Anda akan merasa lebih percaya diri dalam memilih topik masa depan, tren, jenis video, dan arah pemasaran secara keseluruhan.

Pertimbangkan pelacakan YouTube sebagai panduan penting untuk menarik lebih banyak audiens ke saluran dan brand kamu. Analisis reguler waktu nonton, retensi pemirsa, tentang keterlibatan, dan statistik penghasilan akan membuat kamu tetap berada di jalur yang benar saat berkomunikasi dengan pemirsa target kamu. Dan peningkatan ROI akan membuktikan akurasi strategis kamu!

Mengapa Mengukur YouTube Analytics kamu begitu Penting?

Dengan memahami YouTube Analytics dengan benar dan mendalam, kamu akan mendapatkan kunci untuk meningkatkan jangkauan, popularitas, dan keuntungan saluran channel anda dari jenis pemasaran ini. Agar tidak tersesat dalam proses baru ini, perhatikan metrik utama akun kamu dan cari tahu cara melihat fungsi YouTube Analytics berdasarkan fungsi. Lakukan dengan tutorial video atau panduan YouTube Analytics.

Pahami target usia konten kamu

Hal berikutnya yang anda perlukan adalah memahami target usia konten yang anda ingin buat. Karena terkadang Youtube memberikan algoritma yang sejenis. Kamu tidak akan pernah memprediksi hasil dari setiap tindakan pemasaran jika kamu mengabaikan temuan analisis yang kompleks. Misalnya, sebelum membuat video streaming, klarifikasi demografi pemirsa. Biasanya, usia penonton YouTube yang dominan adalah antara 25 dan 34 tahun. Namun, itu mungkin tergantung pada topiknya. Karena terkadang banyak anak dibawah umur yang menonton Youtube juga.

Kenali Latar Belakang Pemirsa Kamu

Kasus lain yang perlu diperhitungkan adalah geolokasi atau, dengan kata lain, keragaman budaya pemirsa Anda. Sekali lagi, sambil melihat masalah dalam skala global, kamu akan menemukan India, Amerika Serikat, dan Indonesia sebagai komunitas YouTube yang paling banyak jumlahnya. Tetapi spesifik saluran kamu yang menentukan tim apa yang kamu kumpulkan di sekitar konten kamu. Sadarilah itu!

Bagaimana Cara Menggunakan YouTube Analytics?

Hanya ada dua cara yang dapat kamu pilih saat memikirkan cara melihat statistik saluran YouTube yaitu versi web dan aplikasi seluler. Apapun yang kamu pilih untuk menemukan data, itu akan disebut YouTube Studio. Dan perangkat ajaib ini akan terus memperbarui kamu tentang ikhtisar, jangkauan, keterlibatan, dan pemirsa saluran.

Dengan memilih versi web, Anda memiliki kesempatan untuk menggunakan berbagai laporan analisis dan mengekspornya ke Google Spreadsheet atau file .csv. Sebaliknya, mengacu pada aplikasi YouTube Studio, Anda akan mendapatkan format saku yang mudah digunakan dan nyaman untuk membantu Anda memperbaiki strategi pemasaran video saat dalam perjalanan.

Metrik YouTube Dijelaskan

Karena YouTube Studio kaya akan fungsi analisis, kamu harus tau dengan sepuluh metrik paling penting secara mendetail. Mereka cocok untuk pemula yang menaklukkan platform pemasaran ini dan YouTuber berpengalaman yang ingin memanfaatkan jangkauan terdalam dari jiwa penonton. Mari kita memulainya!

YouTube Analytics

  1. Waktu Tonton Saluran

Itulah salah satu metrik utama YouTube Analytics yang dengan cepat memperkirakan popularitas saluran Anda. Ini beroperasi pada data waktu nyata dan memberitahu Anda tentang perubahan sekecil apa pun dalam menonton konten. Dihitung dalam jam, parameter waktu tonton saluran akan membantu kamu menyadari jenis video dan topik apa yang paling diminati para pemirsa akun Youtube kamu.

Memperhitungkan pengamatan ini akan membantu kamu memilih tema masa depan untuk direnungkan dan menyesuaikan strategi pemasaran konten sesuai minat audiens. Selain itu, jangan abaikan faktor-faktor seperti relevansi, kegunaan, dan kebaruan topik, yang seharusnya mengatur ritme untuk menghasilkan ide yang bagus untuk kamu. Perhatian terhadap konstituen ini akan membuat video konten kamu lebih menarik.

  1. Sumber Pengunjung

Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis sumber pengunjung di YouTube? Dengan kata sederhana, itulah titik kontak informasi. Mereka memberi tahu di mana dan bagaimana pengguna mengenal konten video YouTube. Sumber pengunjung ini menggabungkan fungsi penelusuran, daftar putar, dan daftar rekomendasi. Masing-masing tergantung pada algoritma YouTube.

  1. Durasi Tampilan Rata-rata

Sebagai waktu membaca rata-rata untuk konten teks, durasi tampilan rata-rata sangat penting untuk mengukur kedalaman penyelaman pengguna ke dalam materi video. Berhati-hatilah dengan metrik ini karena metrik ini menunjukkan berapa lama Anda dapat mempertahankan pemirsa untuk menonton bagian konten Youtube kamu. Cukup membantu, bukan? Kemudian kamu dapat menonton ulang konten untuk menebak alasan mereka mengklik video kamu.

Melihat beberapa angka di alat pelacak YouTube tidak akan membantu kamu membentuk kembali pendekatan pemasaran konten. Jangan pernah mematikan pemikiran kritis kamu dan bermain keras untuk langsung ke intinya! Tempatkan diri kamu pada posisi pengguna, lupakan semua yang kamu ketahui, dan coba rasakan cara mereka menilai apakah konten video menyajikan apa yang diharapkan dari judulnya. Dan tetap menjadi dirimu walaupun konten sekarang yang banyak ditonton adalah video video aneh!

  1. Rasio Klik Tayangan

Metrik ini mengevaluasi potensi saluran kamu dalam meng klik untuk menonton video konten kamu setelah melihat beberapa iklan tentangnya. Pengguna YouTube dapat mengambil umpan dari bagian video yang disarankan, bagian yang sedang tren, atau bahkan beranda akun mereka. Apa pun sumber pengeklikan nya, artinya topik tersebut sesuai dengan selera pemirsa dan sesuai dengan tujuannya.

Analisis tayangan RKT yang disengaja kemungkinan besar akan menunjukkan kepada kamu jalan menuju pertumbuhan audiens dan, terlebih lagi, reaksi stabil mereka terhadap potongan konten baru. Jangan meremehkan bobot faktor ini! Pelajari lebih baik cara menggunakannya untuk meningkatkan kepercayaan pada layanan atau produk kamu dan menakutkannya ke keseluruhan rencana pemasaran konten. Persiapan awal tidak ada salahnya bukan!

  1. Retensi Audiens

Itulah salah satu metode terbaik dan cepat untuk menganalisis ukuran audiens target Anda dan loyalitas absolut dan relatifnya dalam persentase penonton. Kemudian, berdasarkan hasil kualitatif ini, Anda dapat membuat beberapa kesimpulan tentang peringkat pencarian saluran. Kesimpulan membantu Anda membangun strategi video masa depan Anda mengikuti reaksi pemirsa terhadap potongan video sebelumnya.

Tetap mengikuti ledakan aktivitas audiens kamu adalah taktik yang tepat untuk menarik perhatian mereka dalam perkembangan yang stabil. Pastikan video kamu menyertakan elemen menarik dan informasi menarik/bermanfaat untuk memotivasi menontonnya hingga akhir. Jangan terlalu memperumit penjelasan kamu. Sebaliknya, gunakan percakapan, kosakata sederhana saat berinteraksi dengan pemirsa.

  1. Menonton ulang

Apa yang bisa lebih menggambarkan minat tulus pemirsa pada konten video kamu dari menonton ulang secara terus menerus? Memutar video untuk kedua kalinya atau lebih menyampaikan pesan yang jelas tentang menyukai konten kamu. Utilitas dan hiburan biasanya berada di urutan pertama dalam daftar faktor ‘mengapa’, tetapi cara unik dalam menyajikan materi atau topik non-tradisional mungkin juga penting.

Cari tahu apa yang menyebabkan konten video yang ditonton secara mengulang setelah melihat kurva yang meningkat dalam grafik retensi penonton absolut. Agar anda dapat membuat konten yang sama dan mendapatkan jumlah view yang banyak.

  1. Pemirsa Unique

Metrik YouTube Analytics penting lainnya terkait dengan jumlah orang yang tertarik menonton video saluran selama periode tertentu. Dengan memperhatikan angka ini, Anda akan memahami ukuran sebenarnya dari pelanggan dan pemirsa aktif Anda. Dan pengungkapan ini akan membawa Anda ke konten yang berpusat pada pengguna dan keterlibatan yang lebih dalam dengan video Anda.

Namun, jangan terlalu pilih pilih terhadap diri sendiri saat mengambil langkah pertama di platform pemasaran YouTube. Dalam kebanyakan kasus, popularitas datang seiring waktu, jadi jangan berharap untuk membuat hype di minggu-minggu pertama peluncuran saluran dan mengunggah video Anda ke sana. Sebaliknya, bersikaplah rasional dan pikirkan cara untuk membuat konten Anda dilihat oleh lebih banyak pengguna. Unique Viewers.

  1. Pertumbuhan Pelanggan

Kecenderungan untuk menarik pelanggan baru ke saluran YouTube kamu adalah tanda lain bahwa semuanya berjalan dengan baik. Jika ini adalah tren reguler di akunmu, tambahkan beberapa video pengantar pengantar agar pelanggan pemula kamu cepat akrab dengan cerita yang kamu bawakan. Buatlah sederhana, singkat, dan membangkitkan emosi untuk menciptakan kesan pertama yang baik dan membangkitkan minat pemirsa.

Meskipun jumlah pelanggan tidak selalu sesuai dengan jumlah pasti pengguna yang berpotensi tertarik, ini adalah metrik yang masuk akal untuk digunakan sebagai titik referensi dan mewujudkan komitmen publik terhadap brand mu. Selain itu, karena mereka adalah pengikut saluran youtube kamu, itu menyiratkan bahwa YouTube akan mengirimi mereka pemberitahuan segera jika sesuatu yang baru muncul.

      9. Kata kunci

Jika Anda berpikir bahwa peningkatan SEO diperlukan hanya untuk teks, Anda akan terkejut menemukan kata kunci juga diperlukan untuk video. Nah, peringkat Google tidak terbatas pada artikel dan halaman web yang berbeda! Video YouTube sangat membutuhkan dukungan SEO, jadi buatlah hubungan logis antara kueri pemirsa dan judul video Anda.

YouTube Analytics

Jadi, apa panduan langkah demi langkah untuk mengumpulkan informasi ini dan menggunakannya dengan benar dalam kampanye pemasaran video?

1. Buka Laporan Sumber pengunjung di hierarki menu akun YouTube Analytics.

2. Di bagian ini, buka langsung Laporan Penelusuran YouTube, yang memberimu gambaran umum tentang permintaan pengguna paling populer yang terhubung ke video Anda.

3. Analisis semua kueri pemirsa untuk melihat bagaimana mereka mengarahkan pengguna yang tertarik ke bagian video tertentu Anda.

4. Jika kueri entah bagaimana berbeda dari topik video Anda, buat perubahan yang sesuai pada metadata Anda dan masukkan kata kunci jika diperlukan.

5. Tunjukkan daftar rekomendasi topik yang perlu Anda perhitungkan saat membuat kalender editorial baru.

Dengan mengikuti aturan sederhana ini, kamu akan membuat konten video mu lebih berfokus pada pengguna dan mendapatkan lebih banyak penonton. Dengan demikian, statistik saluran umum akan meningkat. Belajar dari wawasan ini dan buat rencana pemasaran konten per kueri populer pengguna. Setidaknya sejauh mereka berkorelasi dengan topik dan tujuan akun youtube kamu.

10. Keterlibatan Daftar Putar

Semua jenis konten membutuhkan struktur yang baik, dan video di YouTube tidak terkecuali. Meskipun video kamu menarik, relevan, dan bagus, kurangnya pengaturan yang tepat dalam daftar putar dapat menyebabkan pengguna pusing. Jangan membuat kesalahan yang dapat membuat Anda kehilangan pelanggan! Sebagai gantinya, bagi semua bagian video Anda ke dalam kategori untuk memudahkan UX.

Jika saluran Anda masih dalam tahap awal, coba rencanakan setidaknya beberapa daftar putar mendatang yang akan kamu buat. Kalender editorial akan membuat pekerjaan ini lebih nyaman dan transparan sementara kamu tidak akan kehilangan jejak untuk tetap mudah dicerna dan intuitif bagi audiens kamu. Pada saat yang sama, YouTube Analytics akan menjadi evaluator kamu yang tidak memihak pada kemanjuran pemilahan konten mu.

Adapun bantuan YouTube dalam proses ini, kamu dapat menganalisis keterlibatan daftar putar dengan dua metrik dari Laporan Daftar Putar YouTube. Itu adalah penayangan per awal daftar putar (berapa banyak orang yang menonton video dari kategori ini secara total) dan waktu rata-rata dalam daftar putar (rata-rata berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk menonton). Dengan menggabungkan keduanya, kerjakan kemajuan retensi.

Apakah Anda Ingin Membuat Video Sendiri?!

Kami berharap sekarang kamu lebih percaya diri dalam memahami pelacakan YouTube dan berencana untuk menggunakannya secara lebih aktif dan sadar dalam pemasaran video kamu di masa mendatang. 

Kesimpulan

Sepuluh metrik utama yang dijelaskan di atas adalah yang dapat kami sarankan untuk kamu mulai. Nantinya, kamu akan dapat memberikan lebih dalam dan membuka beberapa bukti pendukung baru dari YouTube Studio. Namun, daftar ini lebih dari cukup untuk mengetahui cara melihat YouTube Analytics dan mengakses strategi pemasaran video saluran Anda.

Sumber: explain.ninja