Blog

BAGIKAN

Webtoon Kemala Akan Diproduksi Menjadi Animasi Horor Pertama Indonesia

Kemala

Ini adalah kabar gembira bagi pembaca sekaligus penggemar webtoon dengan judul Diary Kemala. Webtoon asal Indonesia ini rencananya rencananya akan diproduksi menjadi sebuah animasi.

Biasanya, adaptasi webtoon dibuat menjadi versi live action, namun adaptasi webtoon Diary Kemala ini akan diadaptasi dalam versi animasi.

Sweta Kartika, kreator webtoon Kemala, mengklaim animasi Diary Kemala sebagai animasi horor pertama yang akan hadir di Indonesia. 

“Secara yang kami tahu memang belum ada, sekalipun luar negeri nggak ada juga, karena karakter hantunya genrenya komedi,” jelas Sweta Kartika.

Kisah Kemala

Webtoon Diary Kemala memiliki premis cerita mengenai sosok Kemala, yang merupakan anak indigo tetapi kemudian dibunuh oleh sekelompok kultus sesat.

Dikarenakan mati dalam kondisi penasaran dan belum sempurna, Kemala kini terjebak di alam arwah dan tidak bisa menyebrang ke alam setelah kematian.

Kebingungan akan nasibnya, Kemala kemudian memutuskan untuk membantu jiwa-jiwa tersesat untuk menyeberang ke alam lain.

Dalam upaya tersebut, Kemala kemudian bertemu dengan berbagai teman serta musuh, yang memberikan ancaman-ancaman dari alam seberang yang kemudian menuntunnya kepada misteri serta takdir besar dari alam semesta.

Mengangkat Budaya Indonesia

Diary Kemala bukan hanya sekadar kisah horor. Ia juga mengemas kisah sejarah Indonesia beserta dengan unsur-unsur okultisme tanah air secara apik. 

Horor yang disajikan dalam Diary Kemala juga unik, berdasarkan sudut pandang seorang hantu dengan latar belakang tahun 1700-an. Namun tetap terasa mencekam.

“Kalau orang melihat hantu sudah biasa. Tapi ini (Diary Kemala), hantu yang melihat kehidupan setelah kematian dan suramnya dunia manusia dari mata sesosok hantu, mungkin hal ini terdengar berbeda,” ujar Sweta Kartika.

Kemala

Rencana Produksi

Keunikan Diary Kemala unik tidak berhenti pada premis yang ditawarkannya. Seperti yang dilansir dari akun twitter @jagatverse, film animasi Diary Kartika akan menyajikan nuansa horor klasiknya dengan format hitam putih.  

“Film animasi Diary Kemala, akan dibuat hitam putih dengan sedikit memainkan cahaya. Kami fokus hitam putih tanpa banyak main cahaya dan nanti akan ada unsur sejarahnya. Jadi timeline-nya mundur ke belakang disambungkan dengan keruntuhan negara Jawa sekitar tahun 1700-an,” ujar Sweta Kartika.

Karya dari Sweta Kartika bersama Dedy Koerniawan serta Pierre Rangga ini bakal diproduksi oleh Batavia Pictures. Batavia Pictures sendiri telah mengumumkan akuisisi pengembangan Diary Kemala di sela-sela acara Press Conference Riki Rhino Goes International lalu.

“Kemala sangat mungkin akan dibuat dalam format film layar lebar animasi. Ini menjadi yang pertama di Indonesia, film animasi genre horor. Horornya Kemala ini smart, sehingga dapat dinikmati oleh kalangan lebar,” terang Lucki Lukman Hakim selaku Produser Film dari Batavia Pictures.

Tanggal Rilis

Meski teaser Diary Kemala telah ditayangkan dalam acara Indonesia Comic Con 2022 yang lalu, namun Sweta sendiri belum memberikan informasi tambahan terkait tanggal rilis, cast, maupun informasi tambahan lain terkait film animasi Diary Kemala.

Sebagai penulis cerita, Sweta Kartika ingin memastikan season terakhir Diary Kemala di Webtoon akan selesai lebih dahulu sebelum memulai proyek film animasinya.

“Saat ini kami masih fokus untuk menyelesaikan dahulu season terakhir di webtoonnya. Setelah itu lanjut pra produksi. Kami akan angkat ke layar lebar. Kemungkinan setelah film Garuda Eleven, baru (Diary Kemala akan diproduksi,” jelas Sweta Kartika dalam acara Indonesia Comic Con 2022 lalu.

Sebab itu, para penggemar harus sabar menantikan adaptasi Diary Kemala. Sembari menunggu mari ikut menyelesaikan cerita webtoon Diary Kemala yang telah mencapai season ketiga menuju akhir ini. 

Kamu tertarik belajar animasi? ingin  menjadi animarir? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Animasi untuk kamu yang ingin memperdalam passion kamu dalam bidang animasi. Kamu juga bisa dapat gelar bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri, loh!

Mau Belajar Dan Jadi Animator Profesional? Sekolah Animasi di IDS Saja!

Sumber: diorama.suaramerdeka.com

JOIN NOW!

Fast Track to International Degree