Blog

BAGIKAN

5 Aplikasi untuk Membuat Skema Warna yang Dapat Kamu Coba

aplikasi skema warna

Dalam dunia desain, warna adalah salah satu elemen yang sangat penting dan harus diperhatikan dengan seksama, terutama ketika kita bekerja dengan lebih dari dua warna. Memilih komposisi warna yang seimbang dan sesuai memang bisa menjadi tugas yang menantang dan memerlukan keterampilan khusus, tergantung pada kebutuhan proyeknya. Inilah mengapa penting untuk memiliki skema warna yang baik.

Pemilihan skema warna yang tepat dapat berperan dalam memperkuat identitas sebuah situs web atau proyek desain. Dalam pengembangannya, ternyata ada berbagai aplikasi yang dapat membantu desainer dalam menciptakan skema warna yang tepat dan menarik. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu membuat skema warna yang sesuai:

1. Adobe Color CC

Adobe Color CC

Adobe Color CC adalah salah satu alat desain dan pengembangan warna yang disediakan oleh Adobe. Alat ini sebelumnya dikenal dengan nama Adobe Kuler. Adobe Color CC dirancang untuk membantu desainer, seniman, dan pengembang menciptakan skema warna yang sesuai dan menarik. Berikut adalah beberapa fitur dan fungsionalitas utama Adobe Color CC:

1. Menghasilkan Skema Warna: Adobe Color CC memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuat skema warna dengan memilih warna-warna yang sesuai dan mengkombinasikannya. kamu dapat menentukan warna dasar atau warna utama, lalu alat ini akan memberikan saran warna-warna yang cocok untuk melengkapi skema.

2. Mode Ekstraksi Warna: kamu dapat mengimpor gambar atau foto ke Adobe Color CC dan alat ini akan mengekstraksi warna-warna yang ada dalam gambar tersebut. Ini memungkinkan kamu untuk menciptakan skema warna berdasarkan palet warna yang ada di gambar referensi.

3. Harmoni Warna: Adobe Color CC memberikan opsi untuk menentukan berbagai tipe harmoni warna, seperti monokromatik, triadik, komplementer, atau analagous. Ini membantu dalam menciptakan skema warna yang berimbang dan estetis.

4. Penyesuaian Warna: kamu dapat menyesuaikan warna secara manual dengan menggeser warna-warna yang ada pada lingkaran warna. Ini memberi kamu kendali penuh atas skema warna yang kamu buat.

5. Integrasi Adobe Creative Cloud: Adobe Color CC terintegrasi dengan aplikasi Adobe Creative Cloud, seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan Adobe InDesign. Ini memungkinkan kamu untuk langsung mengimpor skema warna yang dibuat ke dalam proyek desain kamu.

6. Berbagi dan Kolaborasi: kamu dapat berbagi skema warna yang kamu buat dengan desainer atau tim kamu melalui tautan berbagi. Hal ini memudahkan kolaborasi dalam proyek desain.

Adobe Color CC adalah alat yang sangat berguna untuk desainer grafis dan pengembang yang ingin menciptakan skema warna yang kohesif dan menarik untuk proyek mereka. Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, alat ini membantu meningkatkan kreativitas dalam penggunaan warna dalam desain.

2. Color Scheme Designer (Palleton)

Paletton adalah alat desain daring yang digunakan untuk membuat dan eksplorasi skema warna. Alat ini membantu desainer, pengembang web, dan seniman dalam memilih, mencocokkan, dan mengeksplorasi kombinasi warna yang estetis dan kohesif untuk berbagai jenis proyek, termasuk desain grafis, pengembangan web, ilustrasi, dan banyak lagi. Berikut adalah beberapa fitur dan fungsionalitas utama dari Paletton:

1. Pemilihan Warna Utama: Paletton memungkinkan pengguna untuk memilih warna utama atau warna dasar yang akan digunakan sebagai dasar skema warna. kamu dapat memilih warna ini berdasarkan preferensi pribadi atau berdasarkan kebutuhan proyek.

2. Model Warna: Alat ini menawarkan berbagai model warna yang berbeda, termasuk model monokromatik, komplementer, triadik, tetradi, analog, dan lainnya. Ini memungkinkan kamu untuk mengeksplorasi hubungan antara berbagai warna dan menciptakan skema yang sesuai dengan tujuan desain kamu.

3. Penyesuaian Warna: kamu dapat menyesuaikan warna utama yang telah kamu pilih dan melihat bagaimana perubahan warna tersebut memengaruhi skema keseluruhan. Ini memberi kamu kontrol yang fleksibel dalam menyesuaikan warna sesuai kebutuhan kamu.

4. Preview Desain: Paletton memungkinkan kamu untuk melihat bagaimana skema warna tersebut akan terlihat dalam praktek, dengan memasukkan contoh teks atau desain. Ini membantu kamu untuk memahami bagaimana warna-warna tersebut berinteraksi di berbagai konteks.

5. Nilai Warna dan Kode Hex: Alat ini memberikan informasi lengkap tentang nilai warna dalam berbagai format, termasuk kode hex, yang umumnya digunakan dalam desain web.

6. Simpan dan Bagikan: kamu dapat menyimpan skema warna yang telah kamu buat atau berbagi dengan anggota tim atau rekan desain kamu melalui tautan berbagi.

Paletton adalah alat yang sangat berguna dalam memudahkan proses pemilihan warna dan eksplorasi skema warna yang menarik. Ini membantu desainer dan pengembang untuk menciptakan tampilan yang menarik dan kohesif dalam berbagai proyek desain mereka.

3. Colourlovers

Colourlovers

Colourlovers adalah komunitas daring yang didedikasikan untuk warna dan desain. Ini adalah platform tempat para seniman, desainer, dan pecinta warna berkumpul untuk berbagi, menciptakan, dan mengeksplorasi berbagai palet warna, pola, dan desain. Berikut adalah beberapa informasi tentang Colourlovers dan fungsionalitas utamanya:

1. Pemilihan dan Pembuatan Palet Warna: Colourlovers memungkinkan anggota untuk membuat palet warna mereka sendiri atau memilih dari palet yang telah dibagikan oleh komunitas. Pengguna dapat menjelajahi ribuan palet warna yang beragam dan menginspirasi.

2. Membagikan dan Menyimpan Palet: Pengguna dapat menyimpan palet warna yang mereka suka atau membagikannya dengan anggota lain. Ini memudahkan kolaborasi dan inspirasi di antara desainer dan seniman.

3. Pola dan Desain: Selain palet warna, Colourlovers juga memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi pola dan desain yang menggunakan palet warna tersebut. Pengguna dapat menjelajahi berbagai jenis pola, dari yang sederhana hingga yang rumit.

4. Forum dan Komunitas: Colourlovers memiliki forum di mana anggota dapat berdiskusi tentang desain, warna, dan topik terkait lainnya. Ini memungkinkan pertukaran ide dan pengalaman.

5. Profil Pengguna: Setiap pengguna memiliki profil yang mencatat palet, pola, dan desain yang telah mereka buat atau sukai. Ini membantu dalam mengatur dan menampilkan kreativitas mereka.

6. Pencarian dan Eksplorasi: Pengguna dapat mencari palet warna, pola, atau desain berdasarkan kata kunci, tema, atau kriteria lainnya. Hal ini memudahkan pengguna untuk menemukan inspirasi.

7. Kemudahan Integrasi: Colourlovers juga menawarkan berbagai alat dan plugin yang dapat diintegrasikan ke dalam perangkat lunak desain seperti Adobe Photoshop dan Illustrator. Ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengakses palet warna dan desain yang mereka sukai.

Colourlovers adalah sumber daya yang berharga bagi desainer, seniman, dan siapa saja yang mencari inspirasi dalam penggunaan warna dan desain. Ini adalah komunitas yang dinamis dan ramah yang memungkinkan anggotanya untuk terlibat dalam berbagai proyek kreatif dan berbagi cinta mereka terhadap warna.

4. Coolors

Coolors

Coolors adalah sebuah aplikasi daring yang dirancang untuk membantu desainer grafis, ilustrator, dan profesional kreatif lainnya dalam memilih dan eksplorasi skema warna yang menarik. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan, mengeksplorasi, dan menggabungkan berbagai kombinasi warna secara visual. Berikut adalah beberapa fitur utama dari Coolors:

1. Pemilihan Warna Otomatis: Coolors menawarkan kemampuan untuk menghasilkan skema warna dengan cepat dan mudah. Pengguna dapat mengklik tombol “Spacebar” untuk menghasilkan kombinasi warna acak atau mengkustomisasi pilihan warna mereka.

2. Eksplorasi Warna: Pengguna dapat menjelajahi berbagai warna dan menggali inspirasi dengan melihat berbagai palet warna yang telah ada.

3. Pengeditan Warna: Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan warna-warna yang mereka pilih dengan mengatur kecerahan, saturasi, dan nuansa.

4. Ekspor Palet: Pengguna dapat menyimpan palet warna yang mereka buat dalam berbagai format file, sehingga palet tersebut dapat dengan mudah diimpor ke aplikasi desain lainnya.

5. Integrasi dengan Alat Desain: Coolors sering dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak desain populer seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator.

6. Koleksi Palet: Aplikasi ini memiliki koleksi palet warna yang dibagikan oleh komunitas pengguna, sehingga pengguna dapat menemukan inspirasi dari berbagai sumber.

Coolors adalah alat yang bermanfaat bagi desainer yang mencari cara cepat dan efisien untuk menciptakan skema warna yang seimbang dan menarik untuk proyek-proyek kreatif mereka. Dengan antarmuka yang sederhana dan intuitif, Coolors membantu pengguna mendapatkan hasil yang memuaskan dalam pemilihan warna.

5. Color Hunt

Color Hunt

Color Hunt adalah sumber daya daring yang menyediakan palet warna yang dibuat oleh para desainer untuk membantu dalam proses desain grafis, web, dan berbagai proyek kreatif lainnya. Color Hunt menyediakan koleksi palet warna yang beragam, dan pengguna dapat menjelajahi, mencari, atau bahkan membuat palet warna mereka sendiri.

Fitur utama Color Hunt meliputi:

1. Koleksi Palet: Color Hunt memiliki koleksi palet warna yang disusun dan dikategorikan. Ini memungkinkan pengguna untuk menemukan palet yang sesuai dengan proyek mereka.

2. Palet Populer: Pengguna dapat melihat palet warna yang paling populer dan sering digunakan oleh komunitas desainer.

3. Palet Kustom: kamu dapat membuat palet warna khusus kamu sendiri dengan menggunakan alat bawaan Color Hunt. Ini memungkinkan kamu untuk menghasilkan palet yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan desain kamu.

4. Kode Warna: Setiap warna dalam palet dilengkapi dengan kode warna dalam berbagai format seperti HEX, RGB, dan HSL, yang memudahkan implementasi warna dalam proyek desain.

5. Ekspor Palet: Pengguna dapat mengunduh palet warna mereka dalam berbagai format untuk digunakan di berbagai perangkat dan aplikasi desain.

Color Hunt sangat berguna bagi desainer yang mencari inspirasi warna atau palet warna yang cocok dengan proyek mereka. Dengan berbagai pilihan palet warna yang tersedia, Color Hunt membantu mempermudah proses pemilihan warna dalam desain.

6. Colormind

Colormind

Colormind adalah sebuah alat pembangkit skema warna otomatis yang dirancang untuk membantu desainer dan pengembang menciptakan palet warna yang seimbang dan harmonis untuk proyek-proyek desain mereka. Colormind menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menghasilkan kombinasi warna yang estetis dan serasi.

Berikut adalah beberapa fitur utama dari Colormind:

1. Pembangkit Warna Otomatis: Colormind menghasilkan palet warna secara otomatis dengan menggabungkan warna-warna yang sesuai. Ini dapat mempercepat proses pemilihan warna dan membantu desainer yang mungkin kesulitan memutuskan warna yang cocok.

2. Palet yang Dapat Disesuaikan: Pengguna dapat menyunting palet warna yang dibuat oleh Colormind sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan palet sesuai dengan preferensi atau gaya desain tertentu.

3. Ekspor Kode Warna: Colormind menyediakan kode warna dalam berbagai format seperti HEX, RGB, dan CMYK, yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengimplementasikan warna dalam proyek mereka.

4. Palet Populer: Pengguna dapat menjelajahi palet warna yang paling populer yang dibuat oleh komunitas Colormind. Ini memberikan inspirasi dan referensi untuk pengguna yang mencari ide-ide warna yang menarik.

5. Aplikasi Web dan Aplikasi Seluler: Colormind memiliki versi daring dan aplikasi seluler, memungkinkan akses yang mudah ke alat ini di berbagai platform.

Colormind adalah alat yang bermanfaat untuk desainer yang ingin menghemat waktu dalam proses pemilihan warna dan mencari kombinasi warna yang estetis. Dengan menggunakan kecerdasan buatan, Colormind dapat membantu menciptakan palet warna yang menarik dan serasi.

Ingin belajar mengenai desain? Ayo ikuti Program Digital Design & Illustration di IDS Education.

banner college

Mengapa memilih IDS sebagai tempat belajar desain? Karena dalam Program Digital Design & Illustration kami, kamu akan belajar untuk menggabungkan pemikiran kreatif, estetika desain, pembuatan ilustrasi, dan strategi komunikasi guna menciptakan karya desain unggul yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Kurikulum kami difokuskan pada aspek-aspek penting seperti tipografi, fotografi, ilustrasi, komposisi, dan pemahaman tentang pemanfaatan warna. Kami juga memberikan penekanan pada desain berbasis pengguna, termasuk design thinking, UI & UX. Kamu akan dibimbing dalam mengembangkan ide, merancang, dan menerapkan solusi desain yang efisien dan sesuai dengan kebutuhan klien.

Tidak hanya itu, IDS juga memberikan pemahaman yang mendalam mengenai kebutuhan bisnis, sehingga kamu siap untuk berkarir di berbagai sektor industri kreatif maupun lingkungan startup. Bergabunglah dengan kami untuk mengasah bakat dan pengetahuan kamu dalam dunia desain digital yang dinamis.

2023_IDS EDU Seminar_2-2_1080x1350
Fast Track to International Degree