10 Film Animasi Terbaik Di Tahun 2012 | IDS

10 Film Animasi Terbaik Di Tahun 2012

2012 bisa dikatakan sebagai tahunnya film animasi. Karena banyak sekali film animasi yang lahir di tahun 2012. Rumah produksi Pixar tetap jadi raja di ranah animasi akan digempur oleh Fox, DreamWorks atau yang lain. Pixar selalu punya sisi lebih dalam kualitas film – filmnya dengan childish factor-nya yang kental. Sementara itu rumah produksi lain masih akan mengangkat film animasi dari game. Mereka berfikir bahwa mengangkat film dari video game dapat menuai kesuksesan secara komersial. Terlepas dari film-film animasi apa yang akan digarap selanjutnya. Inilah 10 daftar film animasi terbaik tahun 2012 :

 

10.     ParaNorman

Bisa dikatakan ParaNorman adalah sebuah film animasi dengan genre horor yang berusaha mengikuti jejak “Coraline”. ParaNorman berkisah tentang sebuah kota kecil yang sedang dikepung oleh zombie. Hanya  seorang anak lelaki lokal yang bisa berbicara dengan orang mati. Dan dialah yang harus menyelamatkan kotanya dari para hantu, penyihir dan zombie.

ParaNorman 1

 

9.     Hotel Transylvania

Animasi terbaru Sony Pictures Animation ‘Hotel Transylvania’, mungkin akan lebih dikenal sebagai filmografi Adam Sandler. Dibalik film animasi box office ini ada satu nama penting yang belum banyak dikenal orang, Genndy Tartakovsky, animator kelahiran Rusia yang sudah malang-melintang sebagai sutradara dan produser di sederet animasi televisi Cartoon Network, dari ‘The Powerpuff Girls’, dan pernah memenangkan Emmy Awards berturut-turut lewat ‘Samurai Jack’ dan ‘Star Wars : Clone Wars’.

The Art and Making of Hotel Transylvania

 

8.     Ice Age: Continental Drift

Salah satu trio yang paling dicintai dalam film Ice Age adalah Manny, Diego, dan Sid. Mereka memulai petualangan setelah bencana melanda hampir seluruh benua. Terpisah dari kawanannya mereka menggunakan kapal es darurat. Dalam perjalanan trio ini ditantang untuk melakukan hal-hal mustahil sebagai seorang pahlawan.

Ice-Age-4

 

7.    Dr. Seuss’ The Lorax

Illumination Entertainment paska kesuksesan debut animasi mereka, akhirnya menghasilkan Dr. Seuss The Lorax. Meskipun terkesan terlalu anak-anaK The Lorax punya pesan yang bagus buat para generasi muda untuk menjaga kesinambungan alam. Banyak orang  suka bagaimana Illumination Mac Guff, studio yang bermarkas di Perancis itu membungkusnya dengan kualitas animasi cantik dan colorfull lengkap dengan karakter-karakternya yang lucu nan imut, bahkan 3D-nya juga tidak buruk.

Dr. Seuss' The Lorax Movie Poster 02

 

6.    Wreck-It Ralph

Wreck-It-Ralph (John C. Reilly) adalah tokoh penjahat dalam sebuah game tahun 80-an yang diprogram untuk menghancurkan sebuah hunian bernama Niceland. Ulahnya tersebut selalu mendapat perlawanan dari karakter pahlawan bernama Fix-It-Felix Jr. (Jack McBrayer) dan palu ajaibnya yang siap membetulkan setiap kerusakan yang dibuat Ralph.

steamworkshop_webupload_previewfile_225226947_preview

 

5.    Brave

Di kerajaan Viking Skotlandia, DunBroch, hidup seorang putri bernama Merida. Ia sebenarnya memiliki sifat pemberani dan jago memanah, cenderung barbar, seperti sang Ayah, the legendary King Fergus, yang kehilangan sebelah kakinya atas tragedi serangan beruang iblis bernama Mor’du. Ini bertentangan dengan paham sang ibu, Queen Elinor yang selalu mengajarkan Merida bagaimana menjadi seorang putri raja yang anggun dan elegan.

Secara visual, ‘Brave’ masih menunjukkan kelasnya dibalik nama Pixar dalam ranah animasi. Meski kali ini merambah genre fairytale, kecantikan visual bersama unsur-unsur sinematis ala Pixar-nya tetap terasa berbeda dengan animasi-animasi klasik Disney. Awsome!

Tapeta Brave 3D (created full3d)

 

4.     La Luna

La Luna adalah salah satu film animasi pendek hebat buatan Pixar. La Luna menarik hati penonton dengan kisah seorang anak laki-laki yang berusaha belajar dari Ayah dan Kakeknya, namun pada akhirnya dia menemukan jalannya sendiri. Dengan gaya Italia yang kental, film ini menawarkan sisi romantis tentang bulan, namun masih tetap mengandung unsur cerita yang fun. La Luna disutradarai oleh Enrico Casarosa. Film ini telah ditayangkan diberbagai festival film dan masuk ke dalam nominasi Academy Award sebagai film animasi pendek terbaik.

La_luna_pixar_website_

 

3.     Madagascar 3: Europe’s Most Wanted

Highlight utama ‘Madagascar 3’ ini ada pada peran Frances McDormand sebagai officer DuBois yang beringasnya luar biasa, bahkan melebihi supervillain dalam fantasi-fantasi live action. Adegan aksinya eksplosif, dramatisasinya mengalir tanpa harus mengorbankan humor-humor biasanya. Visual sirkus yang digarap bak sebuah videoklip penuh colorful neon lights dan lagu-lagu seperti ‘Firework’-nya Katy Perry, nomor dance klasik ‘Gonna Make You Sweat (Everybody Dance Now)’ hingga themesong ‘I Like To Move It’ yang masih terus muncul dibalik tampilan 3D yang terus menerus menyembul dari layar dengan cantiknya, It’s awsome!

madagascar-3

 

2.     Frankenweenie

Kepiawaian Tim Burton kembali dibuktikan melalui Frankenweenie yang menjadi film animasi stop-motion pertama Tim Burton dengan Walt Disney Pictures. Frankenweenie merupakan film panjang format hitam putih pertama dan juga film animasi bergaya stop-motion pertama yang diputar di IMAX 3D

Frankenweenie terlahir dari kecintaan Burton terhadap film horror yang digabungkan dengan inspirasi dari pengalamannya dengan anjing kesayangannya di masa kecil. Frankenweenie mengisahkan hubungan seorang anak bernama Victor Frankenstein dengan anjing peliharaannya Sparky.

A-Film-by-Tim-Burton.-Frankenweenie

 

1. Rise of the Guardians

‘Rise Of The Guardians’ menggabungkan tokoh-tokoh mitologi anak-anak sebagai adaptasi dari buku anak ‘The Guardians Of Childhood’ karya William Joyce, penulis dan ilustrator buku anak Amerika sekaligus juga seorang sineas yang sudah banyak terlibat  di tim kreatif film-film animasi terkenal dari ‘Toy Story’, ‘A Bug’s Life’, ‘Robots’ dan ‘Meet The Robinsons’

Satu persembahan terbaik dari DreamWorks baik dari sisi manapun, dengan visual luar biasa cantik yang mengantarkan storytelling-nya bak sebuah ide penuh penghargaan ke tokoh-tokoh mitologi masa kanak-kanak yang diusungnya. One that brought us back to our childhood. Bahwa siapapun tokoh yang kamu pilih, pada akhirnya sebuah fantasi masa kecil yang membuat harapan-harapan kita bisa tetap hidup sampai sekarang, adalah sesuatu yang sangat berharga dan tak boleh hilang sampai kapanpun.

rise-of-the-guardians-2a

 

Kamu mau bisa bikin film animasi sekeren film-film diatas? Sekolah Animasi di IDS | International Design School saja! Kamu juga bisa Kursus Animasi atau bisa juga ikutan International Pathway dan dapat gelar bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri.

 

Photo Credit : bogusbong via Compfight cc

Source : 1 2 3 4 5 6

 

Mau Belajar Bikin Film Animasi? Sekolah Animasi di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG