Belajar Fotografi Untuk Pemula - IDS | International Design School

Belajar Fotografi Untuk Pemula

Fotografi merupakan salah satu seni dari sebuah gambar yang dipotret. Seiring dengan perkembangan zaman hobi fotografi menjadi hobi yang populer di kalangan masyarakat karena selain untuk mengisi waktu luang fotografi dapat menjadi sesuatu yang ‘menghasilkan’ jika ditekuni dengan baik dan benar. Buat kamu yang memiliki hobi sekaligus ingin belajar menjadi seorang footgrafer baiknya simak informasi berikut.

 

1. Memilih dan Mengenal Kamera

Untuk pemula pilihlah kamera yang sesuai dengan keuangan kamu cari perlengkapan yang murah dan sederhana, jangan tergiur untuk membeli peralatan dan kamera mahal yang menjanjikan hasil foto yang bagus karena sesungguhnya ada yang lebih penting yaitu mengenali teknik-teknik untuk menghasilkan gambar yang bagus dari kamera sederhana sekalipun. Kenali dan pahami fungsi dari tiap tombol yang ada di kamera kamu.

 

2.Menekan Tombol Shutter

Tombol Shutter adalah tombol yang ditekan saat kamu memotret sebuah object. Terdapat perbedaan  cara untuk menekan tombol shutter pada beberapa kamera seperti kamera poket,kamera hp, dan dslr.

 

3. Mengenal Eksposure dan Segitiga Eksposure

Eksposure adalah dasar dari fotografi atau bisa dikatakan sebagai pondasi dalam memahami fotografi, dalam kata lain adalah terang dan gelap dari sebuah foto. Pada intinya eksposure menentukan seberapa banyak cahaya yang masuk dan ditangkap oleh kamera. Dalam dunia fotografi terdapat tiga elemen yang menentukan seberapa banyak cahaya yang ditangkap oleh sensor kamera. Tiga elemen tersebut adalah

  1. Shutter Speed atau jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi kecepatan rana, merujuk kepada berapa lama shutter kamera terbuka, dan mengijinkan cahaya mengenai sensor.
  2. Arperture atau bukaan lensa adalah ukuran yang menunjukan seberapa besar lubang yang terletak dalam lensa terbuka.
  3. Iso kamera berdasarkan definisinya sendiri menunjukan tingkat kepekaan sensor yang terdapat dalam kamera, atau dalam kata lain, seberapa peka atau sensitif sensor kamera dalam menangkap cahaya yang masuk melalui lubang diafragma.

4. Sudut pengambilan gambar atau object

Sebagai seorang fotografer kamu harus mengetahui sudut atau angle mana yang tepat kamu pakai dalam menghasilkan gambar yang kamu inginkan.

Untuk seorang pemula dapat memahami dan menguasai teknik-teknik dasar ini adalah sesuatu kemajuan yang baik, selain teknik dasar yang harus kamu punya sebagai seorang pemula dalam dunia fotografi adalah untuk tidak cepat puas dengan hasil foto yang telah kamu ambil. Gali terus kemampuan kamu agar foto yang kamu hasilkan dapat menjadi foto terbaik dan mungkin akan menghasilkan keuntungan untuk kamu.

 

 

Source: 1 2 3 4 5 6

 

 

 

 

 

 

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG