Blog

BAGIKAN

Bagaimana Cara Membuat Situs Web – Ikuti Langkah-langkahnya Di Sini!

World Wide Web (WWW)

World Wide Web (WWW) atau sering juga disebut website merupakan salah satu platform yang tepat digunakan untuk memberikan berbagai informasi. Pada dasarnya, website atau situs web adalah sistem server internet yang mendukung dokumen yang mendukung tautan ke dokumen lain, seperti gambar, audio, maupun video.

Kamu sendiri sudah pasti sering mengaksesnya. Namun bagaimana jika kamu terpikir untuk mulai membuat website kamu sendiri?

Ide untuk membuat website mungkin membuat kamu pusing, tetapi ada artikel ini, yang akan menuntun kamu membuat website secara bertahap dengan beragam pilihan yang dapat kamu ambil. Kamu akan menyadari bahwa membuat website tidaklah sesulit yang kamu bayangkan.

World Wide Web (WWW)

Tentukan Topik dan Tujuan Situs Web

Ada banyak ribuan bahkan jutaan web di luar sana. Jadi pertama-tama kamu harus mengetahui tujuan website kamu terlebih dahulu, apa yang ingin kamu capai dengannya, dan kemudian apa topik yang dapat kamu bahas untuk mencapai tujuan tersebut.

Misalnya, kamu ingin membantu banyak orang untuk memiliki pola hidup yang sehat. Maka batasi pemilihan topik kamu pada topik olahraga dan diet sehat.

Kumpulkan Konten

Konten merupakan nyawa setiap platform digital. Kamu perlu mengisi website kamu dengan konten-konten yang berhubungan dengan topik yang telah kamu tentukan sebelumnya. Kamu dapat mencari inspirasi konten dari platform lain, namun kamu juga dapat berinovasi dan berkreasi asalkan tidak keluar dari topik.

Buatlah konten yang sesuai dengan tren masa kini kemudian optimalkan dengan penulisan SEO agar dapat menaikan traffic website kamu nanti. Kamu juga perlu untuk mengunggahnya secara berkala untuk menjalankan website kamu secara optimal.

Rencanakan Desain Situs Web

Hal penting selanjutnya yang perlu kamu pertimbangkan adalah kemudahan akses bagi pengunjung website kamu. Kamu perlu mempertimbangkan penempatan konten serta pilihan menu lain dan juga penempatannya dalam website. Kamu dapat mencari inspirasi desain situs web yang menurutmu menarik untuk mendapatkan gambaran penempatan konten-konten yang berbeda pada setiap halaman.

Pembuatan Situs Web

Setelah kamu telah merencanakan desain web kamu dengan matang, tahap selanjutnya tentu adalah eksekusinya alias pembuatan situs web itu sendiri. Ada beberapa cara untuk membuat situs web, kamu dapat memilih berdasarkan kemampuan kamu sendiri.

World Wide Web (WWW)

  • Buat Situs Web Sendiri

Pilihan pertama yang dapat kamu pertimbangkan adalah mencoba membuat web sendiri. Kamu perlu menggunakan kode HTML dan CSS. Jika kamu memang tertarik dan memiliki waktu, kamu dapat mencoba mempelajari coding terlebih dahulu.

Pilihan lainnya adalah kamu dapat menggunakan aplikasi pembuat web, seperti Adobe Dreamweaver. Dengan menggunakan aplikasi semacam ini, biasanya kamu tidak perlu khawatir untuk menggunakan kode HTML dan CSS.

  • Gunakan Content Management System (CMS)

Pilihan kamu selanjutnya adalah dengan menggunakan sistem manajemen konten atau content management system (CMS), seperti WordPress, Blogger, Wix, Squarespace, dan lainnya. Content management system ((CMS) akan memudahkan kamu untuk membuat halaman web dan kiriman blog dengan cepat dan mudah. Dengannya kamu juga dapat mengatur menu, serta memiliki ribuan tema dan plugin yang dapat kamu gunakan, namun dalam fitur yang terbatas.

  • Sewa Jasa Pembuatan Situs Web Profesional

Saran terakhir yang mungkin dapat kamu pilih adalah dengan menyewa jasa pembuatan web professional. Kamu tidak perlu mempelajari coding terlebih dahulu, dan terbebas dari pengaturan-pengaturan web yang awam kamu pahami. Kamu dapat fokus pada hal lain, seperti pengoptimalan konten, misalnya. Namun kamu perlu menyisihkan biaya tertentu untuk opsi satu ini. Patikan pula kamu menggunakan jasa pembuatan situs web profesional yang sesuai dengan budget dan selera kamu, ya.

Daftarkan Nama Domain

Tergantung dari cara mana yang kamu pilih, jika kamu memilih untuk membuat situs web sendiri atau menggunakan CMS, kamu perlu mendaftarkan domain terlebih dahulu. Domain merupakan alamat URL yang akan kamu gunakan untuk mengakses website. Periksa ketersediaannya atau beli yang sudah ada di platform tersedia.

Periksa dan Uji Situs Web

Setelah website selesai dibuat, periksa ulang dan uji penggunaannya. Kamu dapat meminta orang lain untuk memeriksanya untuk kamu. Pinta mereka untuk melakukan hal-hal tertentu di website kamu, seperti berpindah dari satu halaman ke halaman lain. Kamu mungkin akan menemukan beberapa kekurangan yang dapat kamu perbaiki lagi sebelum situs web kamu resmi diluncurkan.

Demikian cara membuat situs web yang dapat kamu ikuti. Apapun cara yang kamu pilih, kamu dapat memaksimalkannya dengan berusaha untuk memberikan konten dan layanan situs yang baik. Karena itulah, jangan takut untuk memulai dan selamat mencoba! 

Mau belajar membuat website? Yuk ikuti online course Membuat Webiste dengan WordPress, selain mendapatkan ilmu yang tentunya berguna, waktu belajarnya juga fleksible dan dapat sertifikat. So yuk segera beli pelatihannya.

Sumber: wikihow.com

JOIN NOW!

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree