Blog

BAGIKAN

Prospek Tinggi Berkarier di Industri Animasi, Apa Saja Profesinya?

Industri Animasi

Masuk kuliah di jurusan animasi bisa menjadi pilihan tepat dan menjanjikan untuk masa depan, apalagi dengan hadirnya industri kreatif yang terus eksis sampai saat ini. Peluang berkarier di industri animasi masih sangat besar dan berjangka panjang, bisa kita lihat karya-karya animator yang berada di balik layar sebuah film atau karya televisi masih sangat dibutuhkan.

Berbicara mengenai industri animasi, tentunya bukan hanya profesi animator saja yang mempunyai peluang besar, masih banyak profesi lain yang memiliki prospek menjanjikan yang berada di dalam industri animasi. Apa saja profesinya ya? Mari kita simak.

Script Writer

Tugas dari script writer atau penulis skenario adalah membuat dan mengembangkan alur cerita, karakter, dan dialog dalam bentuk tertentu yang tersaji dalam format visual. Jadi, kalau selama ini kamu sering merasa kagum saat menikmati film atau karya audio visual lainnya yang jalan ceritanya menarik dan berkualitas, itu merupakan hasil karya dari seorang script writer. Ngomongin soal gaji, range-nya berkisar antara 20 hingga 200 Juta, dan untuk proyek sinetron/FTV gajinya berkisar antara 5 hingga 15 Juta Rupiah.

Storyboard Artist

Prospek kerja animator berikutnya adalah storyboard artist, yaitu orang yang bertugas mengubah naskah yang ada dalam bentuk gambar. Dalam sebuah film, video yang ditampilkan merupakan kumpulan gambar dari storyboard artist ini. Range gajinya dimulai dari angka 5 Juta Rupiah

Character Designer

Dalam produksi film animasi, ada yang bertugas untuk mendesain karakter. Tugasnya tidak jauh dari menggambar karakter yang akan ditampilkan secara lengkap, mulai dari pakaian yang dikenakan hingga ekspresinya. Gaji seorang Character Designer rata-rata diatas  5 Juta Rupiah

Editor

Selanjutnya, jika kamu berada dalam industri animasi kamu bisa menjadi seorang editor, baik itu editor visual, editor audio, atau menjadi editor karya film secara keseluruhan. Penghasilan dari seorang editor ditentukan dari pengalaman dan skill yang dimiliki, jika kamu expert di bidang ini, gajinya bisa sampai diatas 20 Juta Rupiah per project.

Industri Animasi

Graphic Designer

Jika kamu mempunyai taste yang bagus dalam mendesain gambar, maka profesi yang satu ini cocok buat kamu. Menjadi seorang graphic designer merupakan dasar jika kamu ingin mencoba menaikkan skill maupun profesi, karena cikal bakal menjadi animator andal tentunya harus menguasai dan mempunyai good taste terlebih dahulu dalam mendesain. Gajinya, tidak perlu diragukan lagi, berkisar belasan hingga puluhan Juta Rupiah.

Illustrator

Kerja seorang ilustrator adalah membantu menyampaikan cerita, ide, atau pesan menggunakan media visual. Dalam bekerja, illustrator bisanya memiliki keahlian spesifik tertentu, misalnya menggambar, fotografi, atau ilustrasi digital. Karena luasnya pekerjaan illustrator, biasanya, pekerjaan ini dibagi lagi menjadi beberapa bidang atau tipe.

Animator

Yang terakhir tentunya Animator itu sendiri. Ya, ketika kamu berada dalam industri animasi tentunya kamu sangat bisa menjadi seorang animator. Karena prospek kerjanya yang luas, kamu bisa bekerja pada sebuah rumah produksi atau bekerja sebagai content creator. Dan jangan lupa, peluang untuk berkarier menjadi seorang animator bukan hanya berada di dalam negeri, kalau kamu punya skill yang mumpuni sangat besar peluang kamu untuk berkiprah di luar negeri.

Nah, itulah beberapa profesi atau prospek karier di dalam industri animasi yang perlu kamu ketahui. Kuasai program-program animasi dengan baik agar kamu bisa menjadi lulusan animasi yang andal dan sesuai dengan kebutuhan industri.

IDS | International Design School membantu kamu mewujudkan cita-cita yang selama ini kamu idamkan. Konsultasikan skill yang kamu miliki dengan kami, dan tentukan sendiri profesi yang akan kamu pilih nanti.

Jika kamu tertarik ingin terjun di industri animasi kamu bisa kuliah dan belajar animasi sampai jago dengan mengambil jurusan Digital Animation & games.  Ubah bakatmu dengan hasilkan karya yang keren bersama IDS sekarang! 

JOIN NOW!

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree