Blog

Brand Monitoring: Cara Melacak Apa yang Orang Katakan Tentang Brand Kamu

brand monitoring guide

Cara mudah untuk mengamati, menganalisis, dan mengoptimalkan percakapan seputar Brand yang sedang kamu kembangkan juga dikenal sebagai Brand Monitoring.

Untuk seorang yang memiliki sebuah brand atau usaha, pasti penasaran akan pembicaraan orang orang tentang brand yang mereka kembangkan. Tapi sekarang jangan khawatir, karena kalian akan segera mengetahui pembicaraan orang orang tentang brand anda atau bahkan anda sendiri. Pada dasarnya itulah Brand Monitoring yaitu mencatat apa yang dunia katakan tentang anda. Yah, memang terkadang itu dibelakang, terkadang di depan anda. Terkadang mereka salah menyebutkan nama anda dan kalian tidak menyadari bahwa yang mereka bicarakan adalah anda. Tetapi Brand Monitoring sangat penting untuk tetap terlibat dan relevan secara online dan akui saja, Anda ingin tahu kan. 

Beruntung bagi siapa pun yang tertarik dengan Brand Monitoring, mengamati, menganalisis, dan mengoptimalkan percakapan seputar Brand Anda tidak pernah semudah ini. Dan dengan tips dan alat ini, Anda akan tahu persis bagaimana menerapkan temuan Anda ke strategi pemasaran media sosial Anda.

Sebelum berlanjut ke hal berikutnya, kalian pasti masih bingung dengan Brand Monitoring. Sebenarnya apa si Brand Monitoring itu?

Brand Monitoring adalah tindakan mencari penyebutan dan diskusi tentang brand Anda. Itu berlaku untuk semua bentuk media: dari Twitter, TV, dan sosial media lainnya. 

Dengan kata lain, Brand monitoring adalah tidak hanya pandangan holistik pada apa yang dikatakan di dunia tentang Anda, tetapi juga tentang industri Anda dan pesaing Anda.

Monitoring

Brand monitoring vs. Monitoring Social Media 

Sosial media monitoring adalah bagian dari brand monitoring, tetapi hanya fokus pada sosial media yang mencakup dan relevan dengan brand anda. 

Itu bisa masuk pengawasan untuk brand atau sebutan produk (di tag atau tidak), berhubungan dengan hashtags dan kata kunci, atau trends industri di Instagram, Twitter, TikTok, Linkedin, dll. 

Contoh nya banyak pengguna Twitter yang mengetag sebuah brand tentang apapun seperti keluhan, kelucuan, pelayanan yang baik, dan lain lain. 

Sehingga banyak orang di Twitter yang mengaitkan pengalaman mereka tentang brand tersebut sehingga akan banyak respon lain dari para pengguna lainnya lagi. 

Pemantauan media sosial juga mencakup mengamati percakapan tentang pesaing Anda. Percakapan apa pun yang relevan dengan bisnis Anda, ini beneran ampuh untuk mengetahui pikiran orang lain tentang brand kita. 

Monitoring Sosial Media adalah kesempatan untuk melacak metrik sosial yang berharga dan mengukur kesadaran brand. Info ini sangat membantu untuk melacak ROI atau menguji kampanye pemasaran sosial, tetapi Anda juga dapat menggunakan data penting ini untuk menunjukkan tren dan wawasan.

Brand Monitoring vs. Pengamat Sosial 

Siapa yang membawa kita untuk memantau sosial? Setelah Anda benar-benar memiliki semua data menarik dari pemantauan media sosial Anda, Anda akan beralih untuk benar-benar memikirkan apa arti semua penyebutan itu.

TLDR? Memantau sosial adalah praktik menganalisis informasi yang Anda dapatkan dari pemantauan media sosial.

Bagaimana suasana online secara keseluruhan? Bagaimana perasaan orang tentang Anda? Misalnya, di Instagram, ada jutaan orang yang memposting tentang kucing. Tetapi apakah mayoritas dari mereka benar-benar menyukai kucing? 

Setelah Anda mengetahui bagaimana perasaan orang, Anda dapat mengembangkan rencana tindakan. “Strategi sosial” mungkin cara yang lebih baik untuk memikirkannya: sekarang setelah Anda tahu apa yang Anda ketahui, apa yang akan Anda lakukan?

Brand Monitoring vs. Sebutan Sosial

Penyebutan sosial, pada dasarnya, adalah nama kita dipanggil.

Seseorang telah menyebut seseorang atau suatu brand di media sosial. Itu bisa berupa komentar positif (“@Glade wangi nya sangat harum!”) Atau komentar negatif (“Saya tidak akan memakai @Glade bahkan untuk ruangan terbuka”) Di social media banyak dari user yang melakukan keluhan atau keinginan mereka dalam menggunakan suatu brand.

Mengapa Brand Monitoring penting? 

Jika Anda seorang biksu atau Tilda Swinton, Anda mungkin telah mencapai tingkat pencerahan yang berarti Anda tidak peduli apa yang orang lain pikirkan tentang Anda. Tetapi bagi sebagian besar brand, reputasi dan persepsi publik itu penting.

Pertahankan Reputasi Anda

Brand monitoring membuat Anda tetap tahu dan siap menghadapi masalah (atau meningkatkan pujian!) Lagi pula, jika seseorang men-tweet pujian tetapi Anda tidak menyadarinya, apakah itu benar-benar terjadi?

Analisis Sentimen Pelanggan 

Anda tidak hanya ingin tahu apakah orang membicarakan Anda: Anda ingin tahu bagaimana mereka membicarakan Anda. Brand monitoring memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana perasaan pelanggan dan menilai sentimen sosial.

Meskipun Anda, sayangnya, tidak dapat mengirim catatan gaya sekolah menengah yang mengatakan “Jika Anda menyukai saya, lingkari satu, ya/tidak/mungkin,” ini mungkin menjadi hal yang baik untuk kedepannya. 

PS: Dalam analisis sentimen Anda, perhatikan penurunan atau penaikan yang secara tiba-tiba, dan pastikan Anda mengetahui sumbernya. Jika sesuatu yang Anda posting telah mengakibatkan penurunan tiba-tiba dalam sentimen brand, Anda mungkin memiliki krisis Humas di tangan Anda.

Terlibat Dengan Pelanggan Anda 

Pemantauan dapat menjadi tambahan yang berharga untuk strategi layanan pelanggan sosial Anda, Saat Anda memantau Brand yang anda miliki, Anda menonton lebih dari sekadar sebutan sosial yang ditandai. Anda juga ingin melihat komentar di bawah sebuah postingan dan merespons nya juga. 

Sumber Konten Segar 

Apakah seseorang menulis posting blog tentang Anda, atau memposting Kisah Instagram tentang bagaimana mereka sangat menyukai brand Anda?

Dengan asumsi yang positif, sekarang Anda memiliki konten baru untuk dibagikan di platform media Anda. Yang harus Anda lakukan hanyalah menonton dan menunggu.

Faktanya, kontennya bahkan tidak harus “bagus” TikTok Emily Zugay telah menjadi viral karena desain ulang logo perusahaannya yang sangat buruk.

Brand yang membagikan konten ini tentu saja dapat menghasilkan tayangan yang banyak, suka, dan share, tetapi juga dapat mengarah pada hubungan yang langgeng dengan pembuat konten respon cepat Windows terhadap desain ulang logo mereka dan terus berinteraksi dengan konten Zugay telah menghasilkan kolaborasi yang berharga.

Perhatikan Pesaing Anda 

Jangan hanya memikirkan bisnis Anda sendiri. Pikirkan juga bisnis orang lain! Mengintip pesaing Anda untuk melihat apa yang mereka lakukan dengan benar, dan salah, adalah bagian dari brand monitoring holistik. Anda dapat menggunakan info ini untuk melakukan analisis kompetitif.

Ternyata, kesuksesan dari pesaing anda dapat anda pelajari juga. Seperti pepatah lama: Pertahankan teman Anda dan pesaing Anda.

Perhatikan Konten Lama 

Internet adalah tempat yang bergerak cepat, sehingga sering kali konten menjadi viral dalam beberapa hari (atau bahkan beberapa jam) setelah diposting tetapi terkadang, postingan yang berumur berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tiba-tiba mengambil alih internet. Misalnya, lagu Britney Spears 2007 “Gimme More” menjadi tren di Tiktok pada tahun 2022. Brand monitoring memastikan Anda melacak semua postingan, bukan hanya yang terbaru. Dan jika misalnya sesuatu yang lebih lama menjadi viral, Anda dapat memanfaatkannya.

Apa yang Harus Anda Pantau? 

Sebenarnya anda dapat mengawasi banyak hal dari publikasi cetak dan digital, platform media sosial, media siaran, forum online, dan situs ulasan.

Tapi apa yang Anda cari, tepatnya?

Sebutkan Brand dan Produk Anda 

Ini adalah elemen yang paling jelas dan paling penting untuk diperhatikan: penyebutan langsung dan tag nama brand atau produk Anda. Apakah orang-orang membicarakanmu? Apa yang mereka katakan? Apakah mereka menyebut Anda? Hal yang sama berlaku untuk pesaing Anda perhatikan jenis percakapan yang berkembang seputar brand seperti milik Anda.

Kata Kunci Penting 

Pantau terus postingan atau konten yang menggunakan nama brand Anda (ditambah variasi atau salah ejaan!) di luar tag langsung. Tagar atau slogan pemasaran juga bisa ada di daftar pencarian ini. Banyak dari user sosial media yang terkadang salah menyebutkan nama seperti contoh nya Ayu Ting Ting yang sering di ubah menjadi I You Ting Ting.

Teriakan C-Suite 

Eksekutif atau staf publik lainnya mungkin mendapati diri mereka menjadi pusat publisitas di satu titik, dan Anda harus siap dengan itu.

Contohnya ketika Elon Musk sebagai CEO Tesla membuat pernyataan bahwa penduduk Jepang akan punah karena angka kelahiran yang rendah, warga Jepang mengecam. Meskipun ini adalah contoh ekstrem, semua manajer media sosial lebih baik melacak apa yang dikatakan eksekutif mereka secara online dan bagaimana orang bereaksi terhadapnya. Dan, meskipun Anda tidak akan pernah bisa memutar kembali waktu dan menghapus kesalahan dari internet, Anda bisa mendapatkan manajemen krisis secepatnya jika Anda mengetahuinya.

Influencer dan Partner Kreator

Mirip dengan hal di atas, jika brand Anda bermitra dengan pembuat konten dalam hal apa pun, Anda harus mengawasi mereka. Menyelaraskan diri dengan individu berarti Anda mendukung apa yang mereka lakukan dan katakan di dalam dan di luar kontrak, jadi Anda pasti ingin memastikan bahwa pembuat konten mewakili brand Anda dengan cara yang positif. Banyak selebriti yang kehilangan kesepakatan brand setelah kontroversi media. Contohnya ketika Kriss Wu tersandung masalah pemerkosaan anak di bawah umur. Banyak brand terkenal seperti Louis Vuitton, Bvlgari, Porsche, Lancome, LÓreal, dan Tencent yang memutuskan kontrak secara langsung.

Tautan Masuk

Intip analitik situs web Anda untuk melacak tautan masuk. Ini dapat membawa Anda ke referensi di luar sana di world wide web yang Anda bahkan tidak tahu ada di sana.

Bahasa Aneh dan Istilah Industri

Tidak ada brand yang merupakan sebuah pulau (begitulah kata pepatah, bukan?). Apakah ada krisis yang dapat mempengaruhi reputasi Anda? Bisakah Anda membawa topik yang sedang tren?

Percakapan di industri Anda juga dapat mempengaruhi Anda  secara positif atau negatif!  jadi jaga diri Anda tetap baik dalam lingkaran tentang percakapan yang lebih besar.

Misalnya, pada tahun 2022 ahli gizi menggunakan TikTok untuk meminta orang-orang untuk tidak melakukan diet. Jika Anda bekerja di industri dan tidak mengikuti perkembangan terbaru tentang percakapan seputar banyak bahasa, Anda berisiko memposting konten yang paling tidak menarik dan paling berbahaya secara langsung.

3 alat Brand Monitoring untuk Tahun 2022

Di masa lalu, orang yang melakukan pemantauan brand harus menjelajahi situs berita dan mencegat setiap orang di kota untuk mengikuti perkembangan secara manual. Syukurlah kita hidup di zaman sekarang, di mana sekumpulan alat pemantauan merek digital ada diujung jari.

  1. Hootsuite

Hootsuite Streams memungkinkan pelacakan penyebutan brand, kata kunci, dan tagar Anda di berbagai platform, semuanya di satu tempat. Streams menampilkan postingan Anda sendiri dan interaksi yang Anda dapatkan, dan Anda dapat menyetel interval penyegaran otomatis agar selalu diperbarui.

  1. SEMRush

SEMRush dapat menganalisis kata kunci yang digunakan oleh pesaing Anda, dan menghasilkan kombinasi kata kunci yang berbeda untuk hasil terbaik. Mereka juga akan melakukan audit SEO blog Anda dan memantau kinerja Anda di mesin pencari Google.

  1. Mentionlytics

Mentionlytics adalah solusi pemantauan web dan media sosial yang lengkap. Gunakan untuk menemukan semua yang dikatakan tentang brand Anda secara online, serta pesaing Anda, atau kata kunci apa pun di Twitter, Instagram, Facebook, Youtube, Pinterest, dan semua sumber web (berita, blog, dll.).

JOIN NOW!