Blog

BAGIKAN

Cara Menawarkan Jasa Desain ke Klien, Lakukan 7 Hal Berikut!

Bisnis Desain Grafis

Sebagai seorang desainer grafis, kemampuan untuk menciptakan desain yang menarik sangatlah penting. Desain yang menarik tidak hanya akan memperkuat produk yang ditawarkan, tetapi juga dapat meningkatkan nilai jual dan reputasi jasa desain itu sendiri. Namun, menjadi seorang desainer grafis profesional tidak hanya melulu tentang kemampuan desain yang baik. Seorang desainer grafis juga harus memahami cara menawarkan jasa desain tersebut.

Klien adalah orang-orang yang menggunakan jasa desain dari seorang desainer grafis. Mereka umumnya berasal dari perusahaan atau komunitas yang memiliki kebutuhan akan desain. Oleh karena itu, sangat penting bagi desainer grafis untuk mengetahui cara menawarkan jasa desain kepada klien. Menguasai cara tersebut merupakan hal yang penting untuk keberhasilan dalam industri desain.Untuk itu, Simak artikel ini sampai tuntas.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diambil oleh seorang desainer grafis untuk menawarkan jasa desain kepada klien:

1. Menentukan Layanan yang Ditawarkan

Bisnis Desain Grafis

Langkah pertama dalam menawarkan jasa desain kepada klien adalah dengan menentukan jenis layanan yang ditawarkan. Seorang desainer grafis perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang layanan yang dapat diberikan. Hal ini akan membantu klien dalam menemukan desain yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, penting juga untuk membuat portofolio yang menampilkan contoh-contoh desain sebelumnya. Dengan adanya portofolio yang kuat, klien akan lebih mudah memperoleh gambaran tentang kemampuan desain yang dimiliki.

2. Memperkuat Merek secara Konsisten

perbedaan logo dan brand

Setelah menentukan jenis layanan yang ditawarkan, desainer grafis juga perlu memperkuat merek secara konsisten. Membangun merek atau brand yang kuat dapat dimulai dengan menciptakan logo yang representatif. Namun, logo saja tidak cukup. Penting untuk melakukan promosi secara aktif dan konsisten. Terjunlah ke pasar desain dan hadirkan diri secara konsisten sehingga klien dapat dengan mudah menemukan jasa desain yang ditawarkan. Tanpa adanya promosi yang efektif, sulit untuk mendapatkan klien yang bersedia membayar.

3. Memanfaatkan Media Sosial

promosi media sosial

Cara lain yang penting untuk diketahui adalah memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Media sosial saat ini memiliki jangkauan yang luas, mencapai jutaan bahkan miliaran pengguna di seluruh dunia. Berbagai platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn dapat digunakan untuk mempromosikan desain kepada klien potensial. Jika ingin menjangkau audiens yang lebih luas, dapat dipertimbangkan untuk menggunakan layanan iklan yang disediakan oleh masing-masing platform media sosial.

4. Bergabung dengan Komunitas

Komunitas Desain

Bergabung dengan komunitas desainer grafis dapat menjadi langkah yang sangat efektif. Komunitas merupakan kelompok orang dengan minat dan tujuan yang sama, dalam hal ini adalah desain grafis. Seorang desainer grafis dapat bergabung dengan organisasi profesional, menghadiri pertemuan, dan terlibat dalam kegiatan desain bersama dengan desainer lainnya. Melalui keterlibatan dalam komunitas, desainer grafis dapat memperoleh pengetahuan baru tentang desain, belajar dari pengalaman orang lain, dan menemukan peluang kolaborasi yang berharga.

5. Menampilkan Testimoni dari Klien Sebelumnya

testimoni klien

Salah satu cara untuk menarik minat klien adalah dengan menampilkan testimoni dari klien sebelumnya. Tunjukkan ulasan atau penilaian dari klien mengenai desain yang telah diberikan sebelumnya. Hal ini akan membantu membangun kepercayaan klien baru terhadap kualitas jasa desain yang ditawarkan. Penting untuk memperhatikan kejujuran dalam menampilkan testimoni ini. Ulasan yang diberikan oleh klien haruslah jujur dan mendetail, sehingga calon klien dapat memperoleh wawasan yang baik mengenai desain yang ditawarkan.

6. Memanfaatkan Platform Freelance

digital platform

Platform freelance online masih menjadi salah satu media populer untuk mempromosikan jasa desain. Platform ini menyediakan tempat bagi desainer grafis untuk menawarkan jasa mereka kepada calon klien. Di Indonesia, terdapat platform seperti Fastwork, Sribulancer, dan Projects yang banyak dimanfaatkan oleh para freelancer. Sedangkan di luar negeri, platform seperti Fiverr merupakan salah satu yang populer. Dalam platform ini, desainer grafis dapat menampilkan hasil karya dan portofolio yang telah dibangun, sehingga klien dapat melihat potensi dan kualitas desain yang ditawarkan.

7.Menawarkan Diskon untuk Proyek Pertama

diskon

Cara yang baik untuk membuat klien selalu mengingat jasa desain grafis yang ditawarkan adalah dengan memberikan penawaran diskon atau harga lebih murah untuk proyek pertama yang dikerjakan. Hal ini dapat menjadi cara yang efektif untuk menarik pelanggan baru. Setelah mendapatkan kesempatan untuk menggunakan jasa desain, penting untuk memberikan hasil desain yang terbaik. Kepercayaan klien sangat penting, sehingga meskipun memberikan diskon, desain yang disediakan tidak boleh asal-asalan. Dengan memberikan proyek diskon yang berkualitas, akan meningkatkan kemungkinan mendapatkan proyek-proyek selanjutnya dengan nilai jual yang lebih baik.

Dengan menerapkan langkah-langkah diatas, seorang desainer grafis memiliki peluang yang lebih baik untuk menawarkan jasa desain kepada klien dengan cara yang lebih efektif, dan pada akhirnya membangun bisnis desain grafis yang sukses.

 

College Program

Step by Step to Become a Product Designer