Blog

BAGIKAN

Cara Menulis UX Research Plan yang Penting Diketahui Para UX Research

UX research plan

Salah satu profesi yang beberapa tahun ke belakang sedang memiliki banyak peminat adalah UX (User Experience) Research. Biasanya profesi ini dibutuhkan bagi perusahaan yang bergantung pada teknologi website atau aplikasi mobile. Definisi UX Research adalah penelitian menyeluruh dari para pengguna atau user serta kebutuhannya yang dilakukan untuk memberikan saran atau masukan pada desain user experience. Salah satu pekerjaan yang dilakukan oleh para UX Research adalah UX research plan.

UX research plan merupakan bagian penting dari proses desain produk yang membantu untuk memvalidasi kebutuhan produk sebelum proses desain dan perkembangan program dimulai. Tentu proses UX research plan ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah ada permasalahan dalam sistem yang harus diperbaiki sebelum mencari solusinya. Salah satu yang bisa dilakukan dalam UX research plan adalah wawancara dengan user. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk interview user menurut uxplanet:

Tulis Research Plan

Menulis Research Plan merupakan cara yang membantu para UX Research untuk mengkomunikasikan tujuan dari project yang dijalaninya serta membuat para tim tetap fokus terhadap hasil dari research yang sedang dilakukan. Research Plan juga dapat membantu untuk menjadi pedoman para researcher untuk memastikan bahwa objektif dari proses research akan terjawab saat akhir project.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya dimasukkan ke dalam research plan:

  • Alasan membuat research plan

Sebelum melakukan research, penting untuk memahami terlebih dahulu mengenai tujuan dari research yang dilakukan.

  • Objektif dari research

Objektif research merupakan pernyataan yang menjelaskan mengenai apa yang diharapkan untuk dicapai dengan research yang dilakukan. Poin ini merupakan ide spesifik yang ingin dipelajari lebih lanjut dan daftar pertanyaan yang ingin terjawab sebagai bagian dari research yang dilakukan. Hal-hal ini merupakan hal yang penting untuk didefinisikan dengan jelas karena akan menjadi dasar dari pertanyaan-pertanyaan research.

  • Daftar pertanyaan-pertanyaan research

Selanjutnya setelah menentukan objektif, tentukan pertanyaan-pertanyaan yang berasal dari poin-poin objektif tersebut. Perlu diingat bahwa poin ini tidaklah sama dengan pertanyaan interview.

UX research plan

  • Metodologi

Dari objektif yang sudah ditentukan tadi, dikembangkan lagi menjadi penentuan metode research yang akan membantu untuk menjawab daftar pertanyaan-pertanyaan di atas. Metode yang dipilih harus saling melengkapi satu sama lain sehingga data yang dikumpulkan akan membantu para UX Research untuk mendapatkan gambaran yang jelas dari masalah yang dihadapi.

  • Partisipan yang tergabung

Salah satu hal yang penting saat melakukan user research adalah menentukan siapa yang ingin diajak berbicara. Menurut Nielsen Norman Study, standar untuk interview pada sebuah industri yaitu 5 user dari cohort yang sama untuk mencapai signifikansi secara statistik dan mengidentifikasi pola yang umum yang digunakan untuk proses analisis. Ada beberapa kriteria partisipan yang sebaiknya dijadikan acuan:

  • Demografis
  • Kebiasaan dari partisipan
  • Penggunaan produk
  • Naskah interview

Biasanya interview dilakukan selama 60 menit untuk sebuah in-depth semi-structured interview. Berikut beberapa tahapan yang dilakukan saat interview:

  • Perkenalan¬†
  • Pertanyaan pembuka
  • Pertanyaan interview
  • Penutupan interview
  • Timeline

Proses akhir merupakan penentuan timeline. Hal ini perlu dilakukan karena timeline merupakan cara untuk mengkomunikasikan kepada para stakeholder mengenai berapa lama estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan research dari awal hingga akhir. Biasanya proses research butuh waktu kurang lebih selama empat minggu dari proses rekrutmen, pelaksanaan, hingga analisis.

Melakukan proses UX research plan memang tidak semudah yang terlihat tapi sebaiknya dilakukan oleh para UX Research agar menciptakan produk dan program yang mencapai tujuan awal dari pembuatan program tersebut. Jika kamu tertarik lebih lanjut untuk mempelajari mengenai UX, kamu bisa mengikuti program short course UX yang dilaksanakan oleh IDS | International Design School ya!

Sumber: Cara Menulis UX Research Plan yang Penting Diketahui Para UX Research

JOIN NOW!