Blog

BAGIKAN

Memahami Dasar-dasar Menjadi Penulis Skenario: Langkah Awal Menuju Kesuksesan

penulis skenario

Jika Kamu ingin belajar bagaimana menjadi penulis skenario tetapi merasa kesulitan dengan artikel yang berlebihan atau membingungkan, maka Kamu perlu mencoba panduan langkah demi langkah berikut. Panduan ini lengkap dan akan mengajarkan Kamu cara menjadi penulis skenario yang baik.

Mulai

  • Apa yang dilakukan penulis skenario?

Jika Kamu berencana untuk menjadi seorang penulis skenario yang sukses, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami kariernya.

Penulis skenario adalah seseorang yang menulis konten untuk media visual seperti film, televisi, iklan, video game, video musik, konten online, dan materi pendidikan. Mereka dibayar untuk menulis skrip, skenario, teleplay, skrip AV, dan perawatan yang mencakup konsep yang kuat, tema yang koheren, plot yang terstruktur dengan baik, dan karakter yang dinamis.

Meskipun dunia terus berubah dan banyak jenis media baru muncul, penulisan skenario tetap menjadi keterampilan yang dibutuhkan di berbagai bidang. Oleh karena itu, Kamu tidak perlu khawatir bahwa Kamu harus membatasi diri hanya pada industri film dan televisi.

Jangan menyerah dan teruslah berusaha. Ini adalah awal perjalananmu menuju kesuksesan sebagai penulis skenario.

  • Pelajari skenario lain

Setelah memahami karier sebagai penulis skenario, hal selanjutnya yang perlu Kamu lakukan adalah membaca skrip. Pelajari bagaimana penulis skenario favoritmu menulis skrip.

Hal ini tidak bisa diremehkan, karena membaca skrip dapat memberikan wawasan yang berharga dalam cara penulis skenario mengembangkan karakter, plot, dan tema dalam karya mereka.

Menonton film juga bisa membantu, tetapi penulisan skenario dan penyutradaraan adalah dua hal yang berbeda. Meskipun keduanya saling terkait, Kamu harus memahami bahwa menulis skenario adalah sebuah keterampilan yang berbeda dan Kamu harus memulainya dengan mempelajari beberapa dasar-dasarnya.

Jadi, mulailah dengan membaca skrip dan pelajari teknik-teknik penulisan yang digunakan oleh penulis skenario favoritmu. Dengan terus berlatih dan belajar, Kamu akan dapat mengembangkan kemampuanmu sebagai penulis skenario yang baik dan sukses.

  • Baca buku penulisan skenario

Jika Kamu ingin menjadi seorang penulis skenario yang baik, maka menjadi seorang pembaca yang aktif sangatlah penting. Namun, jangan hanya bergantung pada satu buku sebagai satu-satunya sumber pengetahuanmu. Kombinasikan pengetahuanmu dari beberapa buku untuk memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif.

Hal yang sama berlaku untuk menonton film. Kamu tidak akan belajar menjadi sutradara hanya dengan menonton film-film karya Quentin Tarantino, atau menjadi pemain bola basket hanya dengan menonton LeBron James bermain.

Penulis skenario terbaik memahami pembuatan film secara umum. Meskipun penulisan skenario dan sutradara memiliki keahlian yang berbeda, memiliki pendekatan holistik terhadap pembuatan film akan membantu Kamu menjadi seorang penulis skenario yang lebih baik.

Jadi, jangan takut untuk membaca buku tentang penulisan skenario dan menonton film dari berbagai genre. Teruslah belajar dan berkembang, dan Kamu akan menjadi seorang penulis skenario yang semakin baik.

  • Pelajari format penulisan naskah

Sebelum mulai menulis skenario, penting untuk memahami cara membuat format skenario dengan benar. Seperti halnya dalam melakukan survei sebelum memulai pengeboran minyak, atau membuat prototipe sebelum memulai membuat kode, atau melakukan beberapa operasi sebelum masuk ke sekolah kedokteran. Begitu pula dengan penulisan skenario, mempelajari format skenario adalah hal yang penting.

Meskipun mempelajari pembuatan format skenario mungkin terlihat sulit, sebenarnya relatif mudah dipelajari. Begitu Kamu memahami hubungan antara alur aksi, karakter, dialog, dan judul adegan, Kamu akan lebih mudah menulis skrip. Terlebih lagi, jika Kamu sedang menulis video musik, iklan, atau bentuk penulisan skenario lainnya yang memiliki format yang berbeda-beda, Kamu dapat menggunakan templat skrip AV untuk membantu Kamu menyelesaikan tugas tersebut.

Jadi, sebelum Kamu memulai menulis skenario, pastikan Kamu memahami cara membuat format skenario dengan benar. Hal ini akan membantu Kamu menulis skenario yang lebih baik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Apa itu Skrip AV?

Skrip AV adalah dokumen yang digunakan untuk mengorganisir video dan audio terkait dalam dua kolom. Skrip ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti video YouTube, iklan politik, dan lain sebagainya.

Jika Kamu sedang mencari perangkat lunak untuk membuat skrip AV secara profesional, Kamu dapat mencoba StudioBinder. StudioBinder adalah perangkat lunak gratis yang dapat membantu dalam proses penulisan skrip dan menampilkan ikon pemformatan yang berguna di bagian atas skrip. Dengan menggunakan tombol-tombol ini, Kamu dapat dengan mudah menerapkan margin dan perataan yang sesuai untuk setiap baris teks.

Dengan begitu, skrip AV sangat penting dalam produksi video dan dapat membantu dalam mengorganisir konten audio dan visual dengan lebih efisien.

Salah satu keunggulan StudioBinder adalah kemampuannya untuk berkolaborasi dengan mitra penulis di mana saja dan kapan saja. Alat praproduksi yang disediakan oleh StudioBinder merupakan salah satu aspek utamanya.

Dengan menggunakan alat praproduksi ini, Kamu dapat merencanakan produksi atau arahan skrip dengan lebih rinci, termasuk membuat perincian skrip, jadwal, daftar pengambilan gambar, papan cerita, dan lembar panggilan.

Jika Kamu ingin mempelajari cara memformat skenario dan skrip AV secara profesional, StudioBinder juga menyediakan postingan tentang penulisan skenario yang dapat membantumu. Postingan tersebut juga dilengkapi dengan template gratis yang dapat Kamu gunakan.

  • Pelajari Skill Penulisan Skenario

Setelah Kamu mempelajari cara membuat format skrip, Kamu siap untuk mengembangkan ide-ide Kamu ke dalam karya yang lebih profesional dan menarik minat calon pembaca atau produser.

Namun, selain memperhatikan aspek format, Kamu juga harus memahami elemen-elemen ilmiah dari penulisan skenario. Elemen-elemen ini telah terbukti dan digunakan dalam industri hiburan untuk membuat karya yang sukses.

Untuk memahami lebih jauh, mari kita jelajahi setiap langkah dan menggunakan contoh nyata. Dengan cara ini, Kamu akan dapat mempelajari cara menggabungkan elemen-elemen dengan efektif untuk menciptakan karya yang memukau.

  • Bagaimana cara membuat konsep?

Mari kita menuju ke langkah penting dalam mempelajari cara menjadi penulis skenario yang sukses, yaitu menciptakan konsep cerita yang kuat.

Langkah pertama adalah menemukan topik yang Kamu sukai, menganalisis film dan pertunjukan yang Kamu nikmati, dan mulai memikirkan ide-ide yang serupa. Penting untuk menemukan topik yang Kamu sukai, karena ini akan memotivasi Kamu untuk menulis dan menghasilkan karya terbaik Kamu.

Sebagai seorang penulis, Kamu tidak perlu terpaku pada satu genre saja, namun mengeksplorasi topik yang berbeda dapat membantu Kamu membangun portofolio yang kuat. Kamu juga dapat memulai dengan menulis sketsa atau film pendek, yang membutuhkan pendekatan yang unik.

Untuk membantu Kamu memulai, ada sebuah contoh skenario pendek dengan logline yang kuat. Dalam contoh ini, karakter utama memiliki ketakutan pada kegelapan dan memiliki motivasi untuk mencapai bola favoritnya. Konsep ini memiliki plot yang solid dan mengikuti busur karakter yang jelas.

Kamu dapat melihat contoh skenario pendek ini dengan mengklik gambar yang tersedia. Jika Kamu membutuhkan bantuan dalam mengembangkan ide Kamu, Kamu dapat mengikuti Kelas Master tentang Mengembangkan Serial TV, yang akan membantu Kamu membangun konsep apa pun untuk hiburan modern.

  • Bagaimana cara menetapkan tema?

Menetapkan tema pada konsep cerita sangat penting karena dapat menjaga agar konten tetap terhubung dengan pesan yang lebih dalam. Setiap cerita yang hebat setidaknya memiliki satu tema yang kuat dan didukung oleh berbagai elemen cerita seperti peristiwa, karakter, lokasi, kostum, dan lain-lain. Agen dan manajer juga memahami pentingnya hal ini.

Sebagai contoh, jika kita menggunakan konsep cerita singkat tentang “Takut akan Kegelapan”, kita harus menentukan tema yang sesuai, seperti tema keberanian. Dalam hal ini, acara, karakter, kostum, dan elemen cerita lainnya harus mendukung tema keberanian.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan motif visual, yang merupakan elemen yang sering muncul dan mendukung tema proyek, seperti bunga mawar yang merepresentasikan nafsu dalam film American Beauty.

Untuk membuat motif seputar keberanian, kita dapat menggambarkan karakter anak laki-laki yang mengenakan kostum ksatria saat bermain. Dengan begitu, penonton dapat memahami bahwa meskipun anak laki-laki tersebut takut dengan ruang bawah tanah, ia sangat menghargai keberanian sehingga ia berpakaian seperti seorang ksatria. Hal ini dapat memotivasi karakter dan mendukung tema keseluruhan cerita.

  • Membangun plot dan struktur

Struktur dan plot dalam sebuah skrip memang sangat penting dan saling terkait satu sama lain. Struktur membantu mempertahankan kecepatan cerita agar dapat menceritakan kisah yang kaya dan lengkap. Namun, struktur cerita seringkali mendapat reputasi buruk karena beberapa orang menyalahkan struktur klasik yang dianggap kurang orisinal dan klise.

Namun, fakta sederhananya adalah bahwa studio, produser, sutradara, agen – semua profesional di industri film dan televisi tahu bahwa struktur cerita diperlukan agar naskah dapat dijual. Oleh karena itu, untuk memastikan cerita Kamu memiliki struktur yang tepat, Kamu dapat menggunakan lembar ketukan cerita atau templat lembar ketukan untuk membantu Kamu menentukan kapan peristiwa tertentu harus terjadi dalam cerita Kamu.

Produser yang berpengalaman akan membuka skrip untuk pertama kalinya dan memeriksa panjang naskah Kamu. Mereka kemudian akan memeriksa halaman terakhir terlebih dahulu, kemudian melihat beberapa halaman di tengah naskah, dan terakhir mereka akan melihat beberapa halaman terakhir. Jika mereka sudah sampai sejauh ini, kemungkinan besar mereka akan membaca naskah Kamu secara keseluruhan dan menilai strukturnya.

Selain struktur, plot juga sangat penting. Plot adalah rangkaian peristiwa yang terjadi dalam cerita Kamu. Contoh plot klasik yang bagus adalah film aksi Die Hard. Orang-orang sering menggunakan ide “Die Hard at ⎽⎽⎽⎽⎽⎽⎽⎽” sebagai konsep untuk membangun cerita baru dengan mempertahankan plot Die Hard yang kuat, tetapi mengganti setting, karakter, dan bahkan mungkin tema.

  • Bagaimana cara mengembangkan karakter?

Mengembangkan karakter yang baik adalah kunci untuk menulis yang baik, karena karakter dapat mengembangkan sifat, tren, dan keputusan yang membentuk cerita. Contoh karakter televisi favorit dapat memberikan ide tentang bagaimana karakter yang berkembang dapat bereaksi terhadap situasi tertentu. 

Mengembangkan sebuah karakter yang kaya dapat membuat kegiatan menulis menjadi menyenangkan, karena setiap baris baru dapat menambah lapisan pada karakter tersebut. Jika Kamu tidak yakin karakter mana yang harus dibuat dalam skrip Kamu, ada beberapa tipe karakter klasik yang baik untuk dipanggil, seperti arketipe karakter. Namun, jika Kamu memiliki karakter yang baik tetapi perlu bantuan untuk membangun konflik yang logis, salah satu teknik hebat adalah mengembangkan konflik internal dan eksternal. Misalnya, dalam cerita “Afraid of the Dark”, karakter bocah laki-laki mengalami konflik eksternal karena kehilangan bola favoritnya, dan konflik internal karena takut untuk mengambilnya kembali. Konflik dalam karakter mendukung tema keberanian dalam cerita.

  • Bagaimana cara menulis baris tindakan?

Garis tindakan lebih penting daripada dialog. Berapa harganya? Menurut saya, pembagian yang tepat adalah 75/25. Hal-hal yang terjadi di layar akan menyumbang 75% dari cerita, sementara dialog antar karakter biasanya hanya sekitar 25% dari cerita.

Hal ini karena tindakan lebih kuat daripada kata-kata.

Garis tindakan Kamu harus dalam bentuk deskriptif, tense present:

“Anak laki-laki itu berlari ke sudut, menabrak dinding. Bola favoritnya terlepas dari tangannya, jatuh ke ruang bawah tanah. Dia menatap ke jurang. Keringat mengalir di wajahnya. Mulut ternganga. Tangan mengepal.”

Kamu ingin membuat pembaca terlibat dalam cerita dengan menulis alur tindakan yang jelas dan ringkas. Hindari penggunaan akhiran kata kerja ‘-ing’.

“Anak laki-laki berbelok di tikungan, menabrak dinding. Bola tergelincir, jatuh ke ruang bawah tanah. Keringat menetes di wajahnya. Mulut ternganga. Tangan mengepal.”

Namun, apakah ini berarti Kamu tidak dapat menulis deskripsi dan emosi yang kaya dalam tindakan? Tidak. Namun, ini adalah konsep yang paling diperdebatkan dalam penulisan skenario. 

  • Bagaimana cara menulis dialog?

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, dialog harus dipertimbangkan dengan matang dan ditulis dengan hati-hati dalam pembuatan skenario film. Contoh film-film terbaik menunjukkan bahwa dialog sebaiknya tidak menjadi hal yang terlalu dominan dalam sebuah film.

Sebelum menulis dialog, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan seperti pengembangan konsep, tema, karakter, alur, latar, alur tindakan, dan struktur. Ketika semuanya sudah terkembangkan dengan baik, barulah kita bisa memasukkan dialog ke dalam adegan tersebut.

Contoh berikut bisa memberikan gambaran lebih jelas mengenai hal ini. Misalnya, dalam adegan yang sudah jelas tindakannya, seperti anak laki-laki yang sedang bermain bola, kita tidak perlu menambahkan dialog yang terlalu banyak.

Namun, jika kita ingin menambahkan elemen emosi atau gaya pada cerita, kita bisa menambahkan beberapa baris dialog yang sesuai. Dalam adegan tersebut, kita bisa menambahkan dialog terakhir yang merujuk pada keinginan anak laki-laki tersebut.

Dalam contoh tersebut, kita bisa melihat bahwa dialog membantu mendukung tema cerita. Seorang anak laki-laki yang ingin berani, namun takut pada kegelapan. Dalam hal ini, dialog bisa membantu menampilkan karakter anak tersebut dan menguatkan tema cerita.

penulis skenario

  • Bagaimana cara menulis jenis adegan?

Bagi penulis skenario baru, ada beberapa adegan dalam film dan pertunjukan yang membingungkan. Hal ini karena mereka memerlukan langkah yang baik, namun juga pemahaman tentang proses yang harus dilalui tim produksi untuk memfilmkannya. Beberapa adegan tersebut antara lain montase, adegan pertarungan, adegan kejar, pemeran berita, dan telepon.

Meskipun adegan-adegan tersebut kadang mudah untuk ditulis, tetapi sulit untuk diproduksi. Setiap kali penulis menulis tajuk adegan baru, itu berarti lokasi yang harus ditemukan dan dibayar oleh tim produksi. Selain itu, perlu dipertimbangkan parkir kru, persewaan perlengkapan, aktor yang harus dibayar, bensin yang harus dibeli, dan sebagainya.

Adegan pertarungan juga bisa menjadi tantangan tersendiri. Seberapa deskriptif adegan tersebut seharusnya? Penulis ingin menjadikan adegan-adegan ini menyenangkan untuk dibaca, tetapi cukup jelas sehingga pembaca seperti produser, agen, aktor, dan sutradara dapat melacak aksinya.

Namun, lebih dari sekadar aksi, penulis juga ingin membangun cerita dalam adegan pertarungan tersebut. Hal ini penting agar penonton tidak hanya dapat mengikuti aksinya, tetapi juga dapat mengikuti cerita secara keseluruhan.

Dalam hal ini, penulis harus memperhatikan cara menyajikan adegan tersebut agar pembaca dan pemirsa tetap terlibat. Ini bisa dilakukan dengan cara menggabungkan aksi dengan dialog, memberikan latar belakang pada karakter yang terlibat, atau bahkan memperlihatkan dampak dari adegan tersebut pada cerita secara keseluruhan.

  • Bangun Portofolio Kamu

Saat keluar dari sekolah, tidak ada lagi teori atau pembelajaran yang bisa dilakukan. Kini saatnya bagi penulis untuk membangun cerita mereka dan membangunnya dengan benar. Untuk itu, pastikan untuk melakukannya dengan langkah-langkah yang teratur dan berurutan. Dalam pengalaman penulis, ia dapat menyelesaikan draf pertama skenario 110 halaman dalam dua minggu karena mengikuti langkah-langkah berikut secara berurutan.

  • Buat jadwal menulis

Jika Kamu ingin menulis skrip dan skenario yang akan diproduksi, Kamu memerlukan panduan penulisannya. Christine Conradt, seorang penulis skenario profesional, menyarankan untuk menulis dengan tujuan menuju cerita yang kohesif dan membuat jadwal penulisan yang membantu perkembangan ide Kamu.

Menulis dengan tujuan adalah seperti melatih acara yang ingin Kamu menangkan. Kamu perlu membangun rencana permainanmu, meningkatkan waktu mulai Kamu, bersandar ke depan saat Kamu selesai, dan memacu diri Kamu sendiri untuk acara jarak jauh.

Jangan hanya menulis tanpa arah yang jelas, karena itu hanya akan meningkatkan keterampilan mengetik Kamu dan tidak membantu Kamu menjadi penulis yang lebih lengkap. Tarantino, seorang pembuat film, lebih memikirkan untuk membuat film daripada memikirkan istilah atau penulisan skenario untuk berkarier. Dia menulis dengan memikirkan sebuah cerita dan memiliki pengetahuan ensiklopedis tentang film dan teknik.

  • Tulis logline

Logline adalah ringkasan singkat dalam 1-2 kalimat tentang cerita Kamu, yang biasanya mengikuti urutan karakter, latar, plot, dan gaya bercerita. Logline ini memberikan gambaran utama tentang skrip Kamu, dan mengundang minat pembaca atau produser untuk membaca lebih lanjut atau memproduksinya.

  • Tulis sinopsis

Deskripsi singkat tentang peristiwa dalam cerita disebut sinopsis. Dengan sinopsis yang tepat, produser bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang bagaimana peristiwa dalam skrip Kamu akan dimainkan, tanpa harus membaca setiap baris.

Membuat logline dan sinopsis yang menarik adalah kunci untuk membuat skrip Kamu melewati pembaca skrip profesional. Sebuah sinopsis yang baik harus dapat dimuat dalam satu halaman untuk skrip yang memiliki panjang 110 halaman.

  • Tulis garis besar naskah

Garis besar naskah sebenarnya bukan hanya untuk produser, studio, dan agen. Ini juga untuk Kamu dan mungkin untuk sutradara yang akhirnya akan menjadi Kamu sendiri.

Garis besar skrip berfungsi sebagai rencana permainan untuk cerita Kamu. Dengan memiliki garis besar, Kamu tahu bagaimana setiap adegan akan mempengaruhi adegan berikutnya, sehingga Kamu dapat menulis cerita yang lebih kohesif dan terstruktur.

Selain itu, garis besar juga membantu Kamu memutuskan beberapa perangkat penulisan skenario penting, seperti “mendobrak tembok keempat”. Ini adalah teknik di mana Kamu memecah dinding antara penonton dan karakter, sehingga penonton dapat merasakan emosi dan pengalaman karakter secara langsung.

Jadi, meskipun garis besar naskah penting bagi produser dan studio untuk memahami cerita Kamu, jangan lupakan manfaatnya bagi Kamu sebagai penulis dan mungkin sebagai sutradara di masa depan.

  • Menulis Treatment

Jadi, Kamu telah membuat garis besar untuk skrip Kamu. Sekarang, Kamu perlu membuat yang lain, yaitu treatment.

Treatment adalah dokumen yang memberikan gambaran keseluruhan tentang cerita Kamu, termasuk karakter utama, plot utama, dan poin-poin penting lainnya. Dokumen ini tidak perlu menyertakan setiap detail seperti yang Kamu tulis dalam garis besar, tetapi hanya yang sangat penting bagi mereka yang ingin membeli ide Kamu.

Jadi, ambil detail yang paling penting dan sampaikan dengan jelas dan menarik dalam pengobatan Kamu. Ini akan membantu produser dan agen memahami potensi cerita Kamu dan apakah mereka ingin membeli hak untuk membuat film dari ide Kamu.

  • Tulis skrip spesifikasi asli

Dalam menulis naskah spekulatif, Kamu menciptakan sebuah cerita tanpa memiliki komitmen untuk memproduksi naskah tersebut. Ini berarti Kamu menulis ide orisinal yang Kamu harap nantinya akan menjadi laku.

Menulis skrip spesifikasi penting karena menunjukkan kemampuan Kamu untuk menyelesaikan sebuah ide secara keseluruhan, dan juga menunjukkan bahwa Kamu dapat berkreasi tanpa memiliki jaring pengaman.

Namun, pasar skrip spesifikasi telah melambat selama beberapa dekade terakhir, karena studio dan perusahaan produksi telah menemukan bahwa IP (Kekayaan Intelektual) yang memiliki basis penggemar bawaan cenderung memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Sebagai contoh, beberapa ide yang diangkat ke layar lebar saat ini adalah Sonic the Hedgehog dan The Playmobil Movie, bukan skrip spesifikasi terbaik.

  • Tulis contoh skrip spesifikasi

Skrip spek adalah skrip yang Kamu tulis sebagai contoh kemampuan Kamu dalam menulis untuk acara atau properti yang sudah ada. Skrip ini memungkinkan produser atau perwakilan untuk menilai apakah Kamu bisa bergabung dengan tim penulis untuk acara televisi.

Meskipun skrip sampel Kamu jarang diproduksi, tetapi ini membuktikan kemampuan Kamu dalam menulis di atas cerita yang sudah ada dan mengikuti visi kolektif tim penulis. Biasanya, Kamu bisa menulis sebuah skrip untuk acara televisi yang masih ditayangkan dalam satu tahun terakhir, dan Kamu bisa menggunakan skrip ini sebagai contoh dalam mengajukan beasiswa menulis di Los Angeles dan pusat hiburan lainnya.

Jika Kamu berharap untuk mengirimkan beasiswa, Kamu disarankan untuk memiliki setidaknya dua contoh skrip spesifikasi acara yang masih ditayangkan dalam satu tahun terakhir.

  • Bangun portofolio kerja

Sekarang setelah Kamu telah menulis beberapa skrip, saatnya membangun portofolio Kamu.

Apa yang seharusnya ada dalam portofolio penulisan skenario Kamu?

Semua langkah-langkah yang Kamu bangun selama di atas. Kamu harus memiliki skrip spesifikasi asli dengan logline, sinopsis, dan treatment yang kuat. Pastikan untuk memberikan hak cipta pada skenario Kamu juga.

Kamu harus memiliki setidaknya dua contoh skrip spesifikasi dengan logline, sinopsis, dan perawatan untuk masing-masingnya, serta beberapa dokumen penting lainnya.

Buatlah surat pengantar yang memberikan gambaran singkat tentang sejarah Kamu, tidak lebih dari satu atau dua halaman, dan harus mudah dibaca dan enak dipahami.

Jika Kamu memiliki koneksi profesional di industri film, Kamu dapat memberikan mereka sebuah hadiah atau kartu hadiah dan meminta surat rekomendasi sebagai penulis skenario.

Bagaimana jika Kamu tidak mengenal siapapun di industri ini?

Tidak masalah, Kamu akan segera mengenal orang-orang di sana, tetapi untuk saat ini kumpulkan saja kerja keras yang telah Kamu lakukan sejauh ini, dan satukan dalam satu paket yang terorganisir.

Bangun portofolio digital dan beri label pada file dan folder skrip Kamu dengan cara yang bersih dan mudah dibaca sehingga penerima dapat menjelajahinya dengan mudah.

  • Menghasilkan film pendek

Setelah Kamu melakukan banyak hal untuk meningkatkan keterampilan menulis Kamu, Kamu mungkin masih merasa sulit untuk mencapai tujuan Kamu. Tidak perlu khawatir, itu normal. Namun, kenyataan bahwa Kamu semakin gelisah menunjukkan bahwa Kamu sangat peduli dengan kesuksesanmu di bidang ini.

Sekarang saatnya untuk mengambil tindakan dan mempraktekkan apa yang telah Kamu pelajari. Buatlah film pendek, sewa kamera, dan temukan aktor dan sutradara untuk bekerja sama dalam membuat film. Meskipun film pendek Kamu mungkin kurang sempurna, Kamu akan memperoleh pengalaman dan perspektif yang berharga, yang akan membantu Kamu menjadi penulis skenario yang lebih baik.

Film pendek Kamu dapat dijadikan bukti konsep untuk ide Kamu yang ingin Kamu jual, dan Kamu juga dapat menampilkannya di festival atau YouTube. Film pendek Kamu juga dapat ditambahkan dalam portofolio Kamu sehingga dapat dilihat oleh pihak yang tertarik.

Jika Kamu khawatir tentang biaya proyek Kamu, Kamu dapat mencari bantuan untuk menulis film pendek atau mencari pendanaan untuk proyek Kamu. Mengumpulkan dana untuk proyek hiburan bisa sangat sulit, tetapi Kamu tidak sendiri dalam hal ini. Ada banyak sumber daya dan bantuan yang tersedia jika Kamu mencarinya.

Jangan takut untuk memulai dan terus melangkah maju. Setiap pengalaman dan setiap proyek akan membantu Kamu menjadi penulis skenario yang lebih baik dan memperkuat portofolio Kamu.

  • Berkomitmen Untuk Karier Kamu

Setelah melakukan berbagai upaya dalam menulis skenario, membaca buku panduan, dan bahkan memproduksi film pendek, kini tiba saatnya untuk melakukan komitmen pada sesuatu.

Kamu telah menempuh sebagian besar jalan yang diperlukan untuk menjadi penulis skenario yang sukses. Sekarang, saatnya mempersembahkan diri Kamu secara penuh untuk mencapai tujuan Kamu.

Ini adalah saatnya untuk menunjukkan komitmen yang sungguh-sungguh dalam mengambil langkah berikutnya menuju kesuksesan. Terus menulis, terus mencari umpan balik, dan terus meningkatkan keterampilan Kamu.

Jangan biarkan ketidakpastian atau ketakutan menghalangi Kamu untuk mencapai tujuan. Jangan takut gagal, karena kegagalan adalah bagian dari proses belajar.

Jadilah tekun dalam mengejar impian Kamu sebagai penulis skenario dan terus bergerak maju. Jangan lupa untuk selalu mengambil tindakan yang positif dan percaya pada diri Kamu sendiri.

Sekarang, ayo wujudkan mimpi Kamu sebagai penulis skenario yang sukses!

Ayo mulai belajar menulis skrip film di International Design School! Dengan bergabung di program Digital Film & Media Production, Kamu akan mendapatkan akses ke berbagai sumber daya dan pengetahuan yang akan membantu Kamu mengasah keterampilan penulisan skenario Kamu. Jangan menunda-nunda lagi, mulailah mengejar impian Kamu menjadi penulis skenario yang sukses dengan bergabung di IDS sekarang!

JOIN NOW!

Fast Track to International Degree