Blog

BAGIKAN

Desain Terbaru Aplikasi Google di Android: Cara Meningkatkan Pengalaman Pengguna 

Google App

 

Aplikasi Google di Android kini telah mendapatkan desain ulang yang menarik perhatian pengguna, yaitu Material You. Selaras dengan konsep Material You, Google App kini menggunakan bottom bar atau bar di bawah yang berbentuk pill untuk menampilkan desain carousel Search filter. 

Fitur ini merupakan versi singkat yang biasanya langsung muncul pada aplikasi pihak pertama. Bar sekarang lebih besar dengan ukuran dua kali lipat dari ukuran standar, dan tulisan “Search” juga ditampilkan dalam font yang lebih besar. Namun, ikon ‘Microphone’ dan ‘Google Lens’ masih terlihat kecil jika dibandingkan dengan ukuran Search bar yang baru. Selain itu, terdapat ‘Descriptions’ yang merekomendasikan all capslock pada saat mengetik kata-kata di Search bar.

Redesain terbaru ini juga menambahkan carousel ke aplikasi yang menampilkan saran pilihan hal yang bisa dilakukan dengan Google Lens, seperti belanja produk dari screenshot, menerjemahkan teks, mencari foto dari galeri, dan menyelesaikan tugas yang kesemuanya ini bisa dilakukan hanya dengan menggunakan kamera, serta mengidentifikasi lagu dengan mendengarkan lagu ke fitur Microphone. 

Setiap suggestion yang diklik akan langsung diproses oleh Google Lens. Perubahan ini sudah tersedia di aplikasi Google iOS selama beberapa waktu dan sekarang juga sudah tersedia di Android dengan Google beta terbaru (versi 12.14). Meskipun belum diluncurkan secara luas, redesain ini memberikan manfaat bagi pengguna dengan memberikan target touch/sentuh yang lebih besar.

Google App

Meskipun fungsionalitas aplikasi Google tetap sama, ukuran Search bar yang lebih besar dan adanya Descriptions dapat memberikan pengalaman baru bagi pengguna. Beberapa pengguna mungkin akan menyukai ukuran Search bar yang lebih besar, sedangkan beberapa pengguna mungkin tidak menyukainya. Begitu juga dengan Descriptions yang muncul terus menerus. 

Secara keseluruhan, desain Search bar terbaru dan suggestions/saran Google Lens merupakan pembaruan signifikan untuk aplikasi Google di Android. Namun, setiap fitur dan pembaruan desain yang diterapkan di Google mungkin akan mendapatkan banyak tanggapan berbeda dari pengguna baik pro dan kontra. Oleh karena itu, Google dapat menerima feedback dari pengguna tentang fitur baru ini dan mengubahnya berdasarkan masukan mereka.

Sumber: Desain Terbaru Aplikasi Google di Android: Cara Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree