Blog

BAGIKAN

5 Alasan Desainer Grafis adalah Pekerjaan yang Mengasyikan

Design

Bagi mereka yang masih meragukan karier di dunia desain grafis, baik sebagai profesional yang bekerja untuk perusahaan maupun sebagai freelancer yang mandiri, ada sejumlah alasan yang kuat mengapa menjadi seorang desainer grafis adalah pilihan yang menarik di industri kreatif saat ini. Apa saja alasannya? Berikut ini, kami akan mengungkap lima alasan mengapa profesi desainer grafis adalah pekerjaan yang memikat dan sesuai dengan perkembangan industri kreatif masa kini. Simaklah dengan seksama!

1. Belajar Hal-Hal yang Baru

desain grafis portofolio

Salah satu alasan utama untuk mengejar karier sebagai desainer grafis adalah peluang untuk selalu belajar hal-hal baru. Dalam dunia desain, diperlukan kombinasi kreativitas dan pengetahuan yang kuat untuk menciptakan desain yang efektif. Kreativitas bisa berkembang dengan melatih diri dan mengeksplorasi berbagai referensi desain inspiratif yang memacu imajinasi. Sarana belajar sangat beragam, mulai dari eksplorasi internet, mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain, mengikuti kursus, berpartisipasi dalam praktik lapangan, hingga menghadiri workshop desain. Jadi, sebagai seorang desainer grafis profesional, keterbukaan terhadap tren desain terkini dan kemampuan untuk terus belajar menjadi penting, termasuk menambah “kosakata” desain baru yang memperkaya wawasan.

2. Business Minded

Syarat Masuk Jurusan Desain Grafis

Penting untuk diingat bahwa sebagian besar desainer grafis sering mendapatkan proyek dari berbagai sumber, termasuk teman, keluarga, atau bahkan klien profesional. Terlebih lagi, jika kamu adalah seorang desainer grafis freelancer, aspek bisnis akan menjadi semakin relevan dalam kariermu. Meskipun tidak harus menjadi seorang ahli bisnis, memahami beberapa dasar manajemen bisnis sangat membantu dalam pengembangan karier.

Kenapa? Karena dengan memiliki pemahaman tentang aspek bisnis, kamu dapat dengan percaya diri menetapkan harga standar untuk layanan desainmu dan menyusun invoice untuk klien-klienmu. Ini membantu membangun profesionalisme dalam pekerjaanmu. Belum lagi, pengetahuan dasar dalam bisnis dapat membuka peluang untuk pertumbuhan karier desain grafismu yang lebih besar. Mungkin suatu hari nanti kamu akan memutuskan untuk mendirikan studio desain sendiri, dan pemahaman bisnis yang sudah ada akan sangat bermanfaat untuk mencapai kesuksesan dalam bidang ini.

3. Berkomunikasi dengan Orang Lain melalui Kreativitas

Desain Komunikasi Visual

Dalam pekerjaan sebagai seorang desainer grafis, salah satu tugas utamamu adalah membantu klien menargetkan audiens yang sesuai dan spesifik untuk produk atau pesan mereka. Inilah alasan mengapa karier di bidang desain grafis bisa sangat memikat.

Di dunia desain grafis, kreativitasmu menjadi alat utama. Kamu akan mengambil berbagai konsep dan ide, lalu mengubahnya menjadi visualisasi yang menarik dan efektif. Tujuannya adalah agar pesan atau produk yang diwakili oleh desain tersebut dapat “berbicara” langsung kepada target dan segmen yang telah ditentukan. Dengan kemampuan visualmu, kamu dapat menciptakan grafis yang memikat dan dapat mempengaruhi audiens dengan cara yang kuat.

Jadi, jika kamu memiliki hasrat untuk menggabungkan kreativitasmu dengan komunikasi yang efektif, karier di desain grafis mungkin cocok untukmu. Kamu akan menjadi perantara antara kreativitasmu dan pesan yang ingin disampaikan kepada audiens yang tepat, menjadikannya karier yang menarik dan bermakna.

4. Problem Solver

problem solving

Seorang desainer grafis adalah seorang problem solver, atau penyelesai masalah. Mereka memainkan peran penting dalam memecahkan tantangan visual yang kompleks. Tugas mereka melibatkan proses yang mencakup mengurai, menganalisis, dan melakukan riset. Ini adalah langkah awal yang penting untuk memahami masalah yang perlu dipecahkan.

Setelah masalah diidentifikasi, seorang desainer grafis akan mencari solusi yang tepat. Mereka akan memanfaatkan kreativitas mereka untuk mengubah ide dan informasi menjadi pesan visual yang mudah dimengerti. Proses ini melibatkan pemilihan elemen desain seperti warna, tata letak, tipografi, dan grafik. Desainer grafis akan memikirkan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan pesan ini, serta bagaimana pesan tersebut akan mempengaruhi audiensnya.

Hasil akhir dari pekerjaan seorang desainer grafis adalah karya yang memecahkan masalah dengan cara yang efektif dan estetis. Ini bisa berupa logo yang mengidentifikasi merek, poster yang menyampaikan pesan, atau desain antarmuka yang membuat penggunaan produk atau situs web menjadi lebih mudah. Dalam dunia yang semakin dikuasai oleh media visual, peran desainer grafis sangat penting dalam menyampaikan informasi dan pesan dengan cara yang menarik dan efektif.

5. Banyak Dibutuhkan di Berbagai Industri Saat Ini

tren desain

Setiap perusahaan di berbagai sektor industri, seperti pendidikan, keuangan, dan media massa, bergantung pada jasa desainer grafis. Mengapa? Karena perusahaan-perusahaan ini perlu berkomunikasi dengan audiens mereka melalui iklan visual yang efektif. Oleh karena itu, peran desainer grafis sangat penting, baik untuk menciptakan materi promosi, brosur, desain situs web, hingga konten media sosial yang menarik.

Kehadiran desainer grafis di berbagai industri membuat peluang karier di bidang ini sangat luas. Ini berarti bahwa jika kamu adalah seorang desainer grafis yang berbakat dan terampil, ada banyak peluang pekerjaan yang tersedia di berbagai sektor bisnis. Jadi, apabila kamu memilih 

Ingin belajar mengenai desain? Ayo ikuti Program Digital Design & Illustration di IDS Education.

banner college

Mengapa memilih IDS sebagai tempat belajar desain? Karena dalam Program Digital Design & Illustration kami, kamu akan belajar untuk menggabungkan pemikiran kreatif, estetika desain, pembuatan ilustrasi, dan strategi komunikasi guna menciptakan karya desain unggul yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Kurikulum kami difokuskan pada aspek-aspek penting seperti tipografi, fotografi, ilustrasi, komposisi, dan pemahaman tentang pemanfaatan warna. Kami juga memberikan penekanan pada desain berbasis pengguna, termasuk design thinking, UI & UX. Kamu akan dibimbing dalam mengembangkan ide, merancang, dan menerapkan solusi desain yang efisien dan sesuai dengan kebutuhan klien.

Tidak hanya itu, IDS juga memberikan pemahaman yang mendalam mengenai kebutuhan bisnis, sehingga kamu siap untuk berkarir di berbagai sektor industri kreatif maupun lingkungan startup. Bergabunglah dengan kami untuk mengasah bakat dan pengetahuan kamu dalam dunia desain digital yang dinamis.

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree