Blog

BAGIKAN

Kuasai Digital Marketing jika Ingin Memulai Bisnis Online

Digital Marketing

Sebagai pelaku bisnis di era digital, perlu kuasai digital marketing agar bisa memasarkan produk di internet dengan baik dan mendapat  konversi penjualan yang optimal. 

Digital marketing merupakan pemasaran melalui media digital dalam menawarkan produk.

Kecakapan dunia digital sangat penting terlebih karena kemajuan teknologi informasi yang semakin masif. Hal ini juga dapat dilihat dari pengaruh pertumbuhan industri teknologi dan maraknya pendirian startup di Indonesia. 

Menurut Google-Temasek pada tahun 2018, potensi pasar digital di Indonesia akan menjadi terbesar se-Asia Tenggara dan semakin bertumbuh hingga 2030.

Sedangkan, dari hasil analisis McKinsey pada tahun 2018, pertumbuhan ekonomi digital Indonesia mencapai 30 persen. Sehingga menciptakan lapangan pekerjaan baru di sektor ekonomi digital. 

Bila dilihat dari jumlah pengguna internet, jika pada tahun 2021 pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan. Melalui We Are Social mencatat ada sebanyak 202,6 juta pengguna internet di Indonesia, dengan sebanyak 170 juta pengguna internet memiliki media sosial.

Dengan banyaknya peluang yang tersedia, kini saatnya kamu mendalami digital marketing untuk meningkatkan bisnis online.

Setidaknya, ada beberapa manfaat dari menggunakan digital marketing, yaitu:

  1. Biaya pemasaran yang lebih murah. Dibandingkan dengan metode pemasaran konvensional pemasaran melalui digital marketing jauh lebih murah dengan jangkauan customer yang lebih luas. 
  2. Memuat informasi yang lebih besar dan luas bila dibandingkan dengan media konvensional seperti media cetak, radio, atau televisi. 
  3. Mampu Meningkatkan kesadaran merek lebih efektif.
  4. Sekaligus melakukan riset pasar dengan mengumpulkan informasi terkait pesaing dan target konsumen. 
  5. Mudah dalam melakukan evaluasi, sebab kita dapat melihat informasi seperti berapa lama produk ditonton, berapa banyak pengunjung yang melihat produk, hingga berapa persen konversi penjualan setiap harinya.
  6. Dapat meningkatkan distribusi seperti melakukan pemasaran, mempromosikan dan menampilkan produk.

Digital Marketing

Untuk melaksanakan pemasaran digital, pelaku bisnis perlu mengkaji jenis-jenis metode komunikasi digital mana yang tepat untuk diterapkan di bisnisnya. Adapun, saluran media digital diantaranya:

  1. Search Engine Marketing (SEM), metode ini memanfaatkan iklan online yang muncul di halaman hasil mesin pencari, yang memiliki fungsi selain untuk membantu calon konsumen menemukan website produk namun juga untuk memperkenalkan produk. SEM terbagi dalam dua teknik, yaitu menggunakan tautan bersponsor yang menggunakan sistem bayar per klik dan pengoptimalan mesin pencari (SEO) atau Search Engine Optimization. 
  2. Online partnership, merupakan teknik untuk menciptakan dan mengelola pengaturan jangka panjang untuk mempromosikan bisnis online di situs web pihak ketiga atau melalui email. Berbagai bentuk kemitraan yang bisa dibangun seperti pemasaran afiliasi, agregator seperti situs perbandingan harga, sponsor online, dan co-branding.
  3. Online PR, yaitu serangkaian strategi promosi yang digunakan untuk meningkatkan hasil dari banyaknya teknik digital marketing lainya seperti SEO (link-building), partnership marketing dan viral marketing / word-of-mouth marketing. 
  4. Interactive advertising, penggunaan iklan berbasis digital yang berupa spanduk dan iklan multimedia dapat mendorong kesadaran merek dan mendorong click through.
  5. Opt-In email marketing, merupakan sebuah metode untuk menambah daftar kontak dalam email marketing melalui konsumen yang telah melakukan registrasi. Pada proses ini konsumen telah mengetahui bahwa ia akan menerima email rutin yang berisi iklan atau penawaran.
  6. Sosial media marketing, adalah pemanfaatan media sosial seperti facebook, twitter, youtube, situs penerbit, blog, ataupun forum untuk melakukan pemasaran digital. Sosial media marketing berusaha untuk melibatkan dan mendorong komunikasi pelanggan.

Ingin belajar Digital Marketing lebih dalam lagi? Yuk ikuti Short Course Digital Marketing di IDS | International Design School, segera daftarkan dirimu!

Sumber: wartaekonomi.co.id

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry