Blog

BAGIKAN

Digital Marketing vs Online Marketing, Apa Bedanya?

Digital marketing dan online marketing

Digital marketing vs online marketing, keduanya merupakan istilah yang sudah sering kita dengar dalam pembicaraan maupun percakapan mengenai marketing atau pemasaran.

Keduanya tampak serupa namun tak sama. Terdapat perbedaan di antara digital marketing dan online marketing.

Mencari tahu perbedaan di antara keduanya akan membantu kamu untuk menganalisis strategi dan jenis marketing yang sesuai dengan bisnis.

Jadi, apa yang membedakan keduanya? Pertanyaan tersebut akan IDS | International Design School terangkan lewat artikel ini.

Onlilne Marketing

Online Marketing

Online marketing seringkali juga disebut sebagai internet marketing. Ini merupakan strategi pemasaran secara online/daring atau menggunakan internet dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan, branding, dan mempengaruhi calon konsumen untuk membeli atau menggunakan suatu produk/layanan.

Media yang biasa digunakan dalam online marketing, misalnya adalah website, sosial media, aplikasi chat, SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing), dan lain sebagainya.

Semua media yang dicontohkan di atas perlu untuk terhubung ke internet agar dapat beroperasi. Jika tidak, maka online marketing tidak dapat dilakukan.

Hal tersebutlah yang membedakannya dengan digital marketing, payung pemasaran yang lebih luas.

Digital Marketing

Digital Marketing

Digital marketing merupakan metode pemasaran dengan memanfaatkan media digital sekaligus internet sehingga dapat menjangkau pelanggan secara tepat dan cepat.

Digital marketing seringkali menggunakan content marketing, mobile marketing (SMS), email marketing, ebook, TV advertising, dan lain sebagainya.

Digital marketing menggunakan perangkat atau platform digital (terlepas sifatnya online atau offline) untuk beroperasi. Dengan kata lain, digital marketing tidak selalu menggunakan jaringan internet dalam penggunaanya.

Digital marketing merupakan payung yang menaungi teknik pemasaran (tidak termasuk teknik konvensional seperti surat-menyurat), begitu pula dengan online marketing yang merupakan bagian dalam digital marketing.

Digital Marketing Versus Online Marketing

Demi memperjelas poin perbedaan antara digital marketing dan online marketing berikut adalah daftar dari ciri khas mereka masing-masing:

Digital Marketing

  • Tidak selalu menggunakan koneksi internet
  • Jangkauan konsumen¬† lebih luas
  • Media pemasaran yang lebih beragam
  • Tidak hanya berfokus untuk mempromosikan produk/brand, namun juga membangun customer relation dan brand awareness

Online Marketing

  • Menggunakan koneksi internet
  • Jangkauan konsumen yang lebih sempit
  • Media yang lebih terbatas
  • Berfokus hanya pada promosi produk atau brand

Manfaat Penggunaan Digital Marketing dan Online Marketing

Zaman yang berubah dengan penggunaan teknologi yang semakin masif oleh masyarakat, tidak hanya di Indonesia namun juga dunia, harus dipertimbangakan oleh para pemilik bisnis atau pemimpiin perusahaan untuk mempertimbangkan digital marketing dan online marketing sebagai jalan pemasaran.

Jika tidak, maka bisnis akan jauh tertinggal tanpa mampu bersaing dengan produk atau brand lainnya. Selain itu, digital marketing dan online marketing memiliki manfaat yang mendatangkan kemudahan. Sangat sayang jika tidak digunakan secara optimal.

Berikut adalah manfaat yang ditawarkan oleh digital marketing dan online marketing:

  1. Hemat biaya
  2. Jangkauan pasar yang lebih luas dan tepat sasaran
  3. Meningkatkan penjualan
  4. Menjaga komunikasi dengan pelanggan
  5. Analisis Data Pemasaran yang cepat dan tepat

Memilih Antara Digital Marketing atau Online Marketing

Pemasaran modern seperti saat ini memerlukan detail dan perspektif, seperti hasil riset pelanggan serta data lain untuk memutuskan strategi pemasaran bisnis ke depannnya.

Berikut adalah faktor-faktor yang dapat kamu pertimbanhkan dalam membuat keputusan terkait penggunaan digital marketing atau online marketing:

  1. Tipe bisnis
  2. Anggaran biaya untuk pemasaran
  3. Segmentasi pasar
  4. Target pasar

Untuk mendapatkan data riset mengenai pasar atau pelanggan, kamu dapat menggunakan layanan Google Analytics maupun layanan riset yang sesuai agar pemasaran yang dilakukan lebih efektif.

Demikian penjelasan IDS | International Design School mengenai perbedaan antara digital marketing dan online marketing. Ingin tahu lebih dalam ? Kamu bisa belajar cara marketing secara lengkap di short course Digital Marketing yang ada IDS | International Design School. See you there!

Sumber: jurnal.id

JOIN NOW!