Blog

BAGIKAN

E-Learning: Keuntungan dan Tantangan Pelatihan Online

e-learning

Di zaman yang serba digital seperti sekarang, pasti kita tidak asing dengan istilah E-Learning. E-Learning atau Electronic Learning merupakan sebuah metode pembelajaran elektronik yang memanfaatkan teknologi dan dapat diakses secara online. Tentu saja, ini memudahkan siapa pun yang ingin melakukan proses belajar kapan pun dan di mana pun. Kira-kira apa saja keuntungan dan tantangan pelatihan online? Yuk, simak penjelasannya!

Keuntungan Pelatihan Online

keuntungan pelatihan online

  1. Lebih fleksibel

Alasan sebagian orang memilih pelatihan online karena fleksibilitasnya. Bagaimana tidak? Kamu bisa menghemat waktu dan energi, tanpa perlu bermacet-macetan ke tempat kursus. Pelatihan online dapat kamu akses kapan saja dan di mana saja, yang terpenting adalah koneksi internet. 

  1. Mudah diakses

Selain itu, dengan perkembangan teknologi, kamu bisa mengakses pelatihan online melalui berbagai perangkat elektronik. Tidak hanya terbatas pada PC (Personal Computer), tapi juga bisa melalui ponsel, tablet, dan laptop. Kamu bebas mengakses materi pelatihan online walaupun harus bepergian ke luar kota.

  1. Hemat Biaya

Jika dibandingkan dengan pelatihan offline, pelatihan online lebih hemat biaya. Hal ini karena biaya operasional pelatihan pun lebih sedikit. Kamu tidak perlu membuat salinan materi dan biaya untuk mencetak sertifikat, karena semuanya bisa dilakukan secara digital. Biasanya materi pelatihan dapat diakses di website atau diunduh secara online sehingga dapat dilihat berkali-kali tanpa batas.

  1. Menambah Networking

Bertemu dengan orang yang memiliki minat dan ketertarikan yang sama, bisa menambah networking kamu, lho. Kamu bisa berinteraksi secara efektif, bertukar pertanyaan dan juga gagasan terkait topik yang sedang kamu pelajari. Selain pengetahuan jadi bertambah, kamu juga punya teman baru untuk sharing hal apapun. Ini nih yang biasanya membuka peluang karier kamu setelah pelatihan online berakhir.

  1. Pengemasan materi yang menarik

Lain halnya dengan pelatihan offline yang terkadang membosankan. Pelatihan online justru dapat dikemas dengan menampilkan gambar yang menarik, video, font yang dapat dibaca, klip film, deskripsi animasi, dan banyak lagi. Menurut survey, pembelajaran secara visual memiliki pemahaman yang lebih baik dibandingkan hanya dengan membaca buku teks. Inilah kenapa sebagian orang lebih menikmati pelatihan online.

Tantangan Pelatihan Online

 

tantangan pelatihan online

  1. Mudah terdistraksi

Salah satu tantangan terbesar dalam pelatihan online adalah perjuangan untuk fokus pada layar dalam jangka waktu yang lama. Apalagi jika sudah mulai bosan dan mengantuk, keinginan membuka media sosial atau situs lain juga lebih besar. Oleh karena itu, sangat penting sekali pengemasan materi pelatihan yang menarik dan interaktif untuk membantu tetap fokus.

  1. Koneksi internet

Tantangan utama lainnya dari pelatihan online adalah konektivitas internet. Hal ini juga dapat mengganggu proses belajar, karena bisa menyebabkan kamu ketinggalan materi. Jadi, pastikan koneksi internet kamu stabil ya sebelum mulai mengikuti pelatihan online!

  1. Masalah teknologi

Bagi beberapa orang yang belum familiar menggunakan perangkat elektronik, hal ini akan menjadi tantangan tersendiri. Kamu tidak perlu khawatir, karena beberapa pelatihan online biasanya akan memberikan tutorial untuk mengakses materinya. Awalnya mungkin akan merasa kesulitan, tapi lama-kelamaan pasti bisa. Yuk, coba dulu!

Ya, memang ada beberapa orang merasa lebih nyaman jika belajar dengan bertatap muka secara langsung, tapi ada juga yang merasa terbantu dengan adanya pelatihan secara online. Tidak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi di era digital saat ini memudahkan kita dalam segala hal. Kalau kamu sendiri lebih merasa banyak keuntungannya atau tantangannya?

Tingkatkan keterampilan dan pegetahuan dengan program digital course dari IDS Education. Daftar sekarang dan mulailah perjalanan belajarmu. Dapatkan akses ke kurikulum yang komprehensif, bimbingan ahli, dan lingkungan belajar online yang interaktif.

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree