Blog

BAGIKAN

Fakta Jurusan Desain Grafis yang Penting Untuk Kamu Ketahui

Fakta Jurusan Desain Grafis

Bagi kamu yang menginginkan karier di dunia desain grafis, mungkin kamu akan tertarik untuk kuliah di Jurusan Desain Grafis. Studi keilmuan yang mempelajari teknik atau metode untuk merepresentasikan komunikasi visual melalui elemen grafis yang diaplikasikan ke berbagai media ini memang salah satu jurusan yang banyak diminati. Biasanya mahasiswa jurusan ini akan menggunakan aplikasi-aplikasi seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe XD, Figma dan lainnya untuk menghasilkan desain karyanya masing-masing. Sebelum kamu memutuskan untuk kuliah di jurusan ini, berikut fakta jurusan desain grafis yang sebaiknya kamu ketahui.

Fakultas dan Gelar Lulusan Jurusan Desain Grafis

Jika kamu sedang ingin mencari informasi mengenai Jurusan Desain Grafis, kamu bisa menemukannya di fakultas seni. Mahasiswa yang lulus dari jurusan ini akan mendapatkan gelar S.Ds yaitu Sarjana Desain.

Fakta Jurusan Desain Grafis

Skill yang Dipelajari Saat Kuliah Desain Grafis

  • Tipografi

Kemampuan tipografi merupakan salah satu skill penting yang diperlukan jika kamu mau masuk ke jurusan desain grafis. Dari kemampuan ini, bisa membantu kamu untuk membuat brand lebih kuat dan membuat audiens lebih mudah membacanya. Dengan pemilihan jenis font yang pas, bisa meningkatkan ketertarikan para audiens untuk membaca atau pun memperhatikan desain yang kamu miliki.

  • Software atau aplikasi desain

Di jurusan ini kamu juga wajib menguasai software desain yang biasa dibutuhkan saat bekerja nanti. Beberapa software yang biasanya digunakan oleh para desainer grafis adalah Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan lain sebagainya.

  • Ideation

Ideation adalah sebuah skill agar kamu bisa melakukan metode riset dan juga menginterpretasikan tren tersebut sehingga menjadi tampilan visual yang lebih menarik. Skill ini sangat dibutuhkan saat kamu mau membuat brand sebuah produk sehingga bisa menarik banyak konsumen baru.

  • Prinsip desain

Dengan memahami prinsip desain, akan membantu kamu untuk membuat desain yang selain menarik, juga terstruktur dan mudah untuk dipahami para pembacanya. Ada 5 prinsip desain yang sebaiknya kamu kuasai yaitu:

  • Alignment: membuat desain yang kamu buat menjadi lebih menyatu
  • Kontras: memberikan penekanan pada bagian yang ingin lebih ditonjolkan
  • Repetisi: mempersatukan bagian-bagian desain yang terpisah-pisah
  • Seimbang: membuat struktur
  • Hierarki: menciptakan sebuah keteraturan
  • Branding

Menciptakan gaya sebuah brand agar terlihat memiliki identitas sendiri. Dengan kemampuan ini, akan membuat brand tersebut bisa dibedakan dibandingkan dengan brand lainnya.

Perbandingan Jurusan Desain Komunikasi Visual Dengan Desain Grafis

Biasanya Desain Grafis akan termasuk di dalam Desain Komunikasi Visual. Jika jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) lebih sering membahas mengenai konsep cara untuk menyampaikan pesan secara visual, Desain Grafis lebih banyak membahas tentang teknik untuk menata sebuah elemen desain. 

DKV dengan Desain Grafis pun memiliki kesamaan yaitu sama-sama mengajarkan konsep seni dan estetika. Selain itu, kedua jurusan ini juga mempelajari elemen dan unsur seni, serta komposisi dari keselarasan seni. Hal ini dikarenakan kedua jurusan ini masih dalam lingkup kesenian atau cabang Seni Rupa Terapan. Kedua jurusan ini juga sama-sama mempelajari tentang menggambar dan bagaimana penggunaan cat warna.

Jika kamu berminat untuk belajar Desain Grafis setelah mengetahui fakta-fakta jurusan di atas. Kamu juga bisa mengikuti program fast- track IDS | International Design School yang berlangsung selama 20 bulan. Program ini cocok untuk kamu yang ingin cepat bekerja atau pun ingin terjun ke dunia kreatif dalam waktu yang singkat. Jika kamu mengikuti program ini, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan International Degree.

JOIN NOW!

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree