Blog

BAGIKAN

Fakta Menarik Film The Big 4, Film Aksi Penuh Komedi

the big 4

Sudah tahu belum, kalau sutradara Timo Tjahjanto memiliki karya film terbaru yang berjudul The Big 4. Film dengan genre aksi komedi ini dibintangi oleh aktor/ aktris, komika, dan konten kreator ternama Indonesia seperti Abimana Aryasatya, Putri Marino, Lutesha, Arie Kriting, dan Kristo Immanuel. The Big 4 adalah film Indonesia yang menjadi original Netflix berikutnya.

Untuk mengetahui fakta film The Big 4, simak ringkasannya berikut ini!

  1. Perlihatkan pesona alam Indonesia

Sang Sutradara film The Big 4, Timo Tjahjanto memang sengaja memperlihatkan pesona alam Indonesia yang begitu indah. Namun, lokasi film The Big 4 tidak secara khusus menyoroti satu daerah saja di Indonesia. Lewat film ini sang sutradara ingin menjelaskan jika keindahan Indonesia tidak diwakilkan oleh Pulau Jawa saja, ia ingin mengeksplorasi Indonesia bagian timur juga. 

“Di film ini gue mau kasih lihat keindahan Indonesia tapi gue nggak mau spesifik misalkan ini daerah Tasik gitu. Jadi gue bikin daerah sendiri namanya Bersi,” jelas Timo saat jumpa pers film The Big 4 di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (15/11/2022).

“Gue ambil dari keindahan Bali, ada juga daerah Timur. Ya gue sedikit memperkenalkan bahwa Indonesia indahnya nggak cuman di Jawa aja, tapi di daerah Timur juga ada.” Timo menambahkan.

  1. Film aksi komedi pertama Timo Tjahjanto

Bercerita mengenai seorang detektif yang bekerja sama dengan empat mantan pembunuh bayaran, The Big 4 memiliki genre aksi komedi.  

Menariknya, The Big 4 adalah film pertama Timo yang bergenre aksi komedi. 

Sebelum ini Timo telah dikenal atas karya-karyanya yang bergenre aksi dan horor, sebut saja seperti Rumah Dara, Headshot, Sebelum Iblis Menjemput, atau The Night Comes for Us.

Melalui film bergenre aksi komedi pertamanya ini, Timo ingin membingkai bentuk kekerasan menjadi sebuah hal yang lucu (komedi).

 “Gue mau lihatin bahwa violence itu bisa lucu. Maksud gue, ini film pertama gue di mana kekerasan dan kekacauan itu bagian dari sebuah komedi,” ungkap Timo.

the big 4

  1. Aksi laga pertama Putri Marino

Seperti sang sutradara yang menantang diri untuk memproduksi film dengan genre yang belum pernah dicoba, ikut mengambil peran dalam film The Big 4 juga menjadi pengalaman baru bagi Putri Marino.

Sebab selama ini Putri Marino kebanyakan membintangi film atau serial bergenre drama ataupun komedi romantis.

Pada film The Big 4, Putri Marino memerankan tokoh Dina, seorang detektif yang berusaha mengungkap pembunuh ayahnya.

Karena The Big 4 adalah film aksi pertamanya, Putri Marino pun melakukan beberapa persiapan yang tidak seperti biasanya, seperti mengikuti latihan fisik yang lebih intens.

“Ini kan film action pertama (saya). Jadi memang latihan fisik ya, terus menggodok skripnya juga,” ungkap Putri Marino.

“Persiapannya sih dalam ya,” tambah nya lagi.

  1. Kristo Imanuel tidak percaya dirinya lolos casting

Content creator Kristo Immanuel juga ikut terlibat dalam film The Big 4, ia berperan sebagai salah satu komplotan mantan pembunuh bayaran yang bernama Pelor. 

Kristo memiliki cerita yang menarik hingga akhirnya ia bisa mengambil peran dalam film ini.

Awalnya Kristo mendapat tawaran casting dari Timo Tjahjanto melalui DM Instagram, saat itu salah satu syarat pemain The Big 4 adalah yang memiliki aksen Timur.

“Terus pas casting dibilangin ‘To, ini ceritanya soal Big 4, lu salah satu dari empat itu bisa aksen Timur,” kata Kristo.

Kristo pun tak menyia-nyiakan tawaran yang diberikan kepadanya. 

Uniknya, Kristo baru mengetahui bila ia terpilih menjadi pemeran The Big 4 ketika Timo mengunggah daftar karakter dalam film tersebut. Awalnya Kristo tidak mau percaya bahwa ia mendapat peran sebagai Pelor, ia tidak mau senang dulu.

“Terus pas selesai casting gue nggak dikabarin lagi tapi dia (Timo) upload sketsa karakter Pelor itu mirip gue. Mau seneng takut geer,” tutur Kristo.

“Barulah pas dia upload foto separuh wajah Pelor itu (ternyata) gue, baru gue senang,” tambah Kristo.

Sementara itu, film The Big 4 akan resmi tayang kemarin Kamis (15/12/2022) melalui Netflix.

Untuk kamu yang ingin jadi filmmaker atau kamu yang tertarik dunia film, IDS | International Design School menyediakan Sekolah Film, Kursus Film, dan kamu bisa melanjutkan studi film dengan mendapatkan bachelor degree lewat program International Pathway di universitas ternama di luar negeri.

Sumber: Fakta film Big 4

JOIN NOW!