Blog

BAGIKAN

Biaya Produksi Fantastis! Inilah 7 Film Animasi Termahal yang Pernah Diproduksi

Film Animasi Termahal yang Pernah Diproduksi

Film animasi terbaik tentu memerlukan kerja keras, kreativitas, dan biaya produksi yang cukup mahal. Tak heran jika film- film animasi terbaik dikategorikan sebagai film animasi termahal dalam produksinya karena memiliki biaya yang fantastis. Persaingan dalam bisnis produksi animasi semakin ketat dengan kemajuan teknologi dan animasi komputer yang terus meningkat, sehingga banyak genre film animasi bermunculan.

Sejak 1937, sudah banyak perubahan dari sisi jumlah uang yang dibayarkan oleh sebuah studio film untuk memproduksi film animasi mereka. Bahkan dalam film animasi terbaru yang sangat modern, teknologi yang digunakan untuk memproduksinya pun sangat canggih.

Berikut ini adalah beberapa film animasi terbaik dan termahal dalam produksinya. Saat menonton film-film ini, bisa kita ukur di mana bagian dari film tersebut bisa dibilang mahal.

  1. Tangled (IDR 3,8 Triliun)

Pernahkah terbayangkan jika sebuah film animasi membutuhkan biaya produksi hingga mencapai 260 juta USD atau sekitar Rp3,8 triliun? Mungkin Kamu tidak memperkirakan bahwa Tangled, sebuah film buatan Studio Disney, menghabiskan anggaran sebesar itu.

Namun, bagaimana Tangled bisa menghasilkan pendapatan lebih besar dari biaya produksinya? Hal ini karena Tangled adalah film animasi pertama yang dibuat dengan teknologi animasi 3D CGI.

Selain itu, film ini mendapatkan hasil yang setara dengan biayanya, dengan pendapatan box office yang berlipat ganda dan mendapat ulasan positif dari kritikus dan sineas.

Fakta menarik lainnya, sutradara film Glen Keane ingin menghormati estetika tradisional Disney 2D, sehingga ia membuat para animator mengembangkan proses kreatif yang sepenuhnya baru.

  1. Incredibles 2 (Rp2,9 Triliun)

Film animasi sekuel biasanya sulit untuk dapat melebihi kesuksesan film pertamanya di box office. Namun, hal ini berbeda dengan film animasi Incredibles 2 yang berhasil membuktikan bahwa sekuelnya bisa jauh lebih baik.

Teknologi yang digunakan dalam produksi film ini jauh lebih maju dibandingkan dengan film aslinya. Jika diperhatikan dengan saksama, perbedaan paling mencolok terdapat pada realisme karakter dan dunia tempat mereka tinggal.

Pixar bahkan membuat simulasi rambut dan simulasi kain yang digunakan untuk membuat gerakan rambut dan pakaian karakter menjadi lebih alami dan nyata. Kabarnya teknologi tersebut memakan biaya produksi yang cukup tinggi, yakni sekitar Rp2,9 triliun. Namun, hasilnya sangat memuaskan karena film ini meraih kesuksesan besar di box office dan mendapat ulasan positif dari para kritikus dan penonton.

  1. Toy Story 3 (Rp2,9 Triliun)

Toy Story 3 adalah film animasi yang memiliki biaya produksi hampir senilai dengan Incredibles 2, yaitu mencapai 200 juta USD atau sekitar Rp2,9 triliun. Dalam proses produksinya, Pixar sempat mengalami kesulitan karena harus membuka semua file model animasi 3D lama tetapi sayangnya tidak bisa untuk mengeditnya, sehingga mereka harus membuat ulang semua karakter dari awal, tentu hal ini memakan waktu selama satu setengah tahun.

Film ini juga disebut sebagai film animasi pertama yang meraup pendapatan lebih dari 1 miliar USD atau sekitar Rp145,6 triliun. Namun, kemudian pendapatan tersebut terlampaui oleh film Frozen yang menghasilkan 1,26 miliar USD atau sekitar Rp183,4 triliun.

Film Animasi Termahal yang Pernah Diproduksi

  1. Wall-E (Rp2,6 Triliun)

Wall-E merupakan salah satu film animasi terbaik Disney yang menghabiskan biaya produksi hingga sekitar 180 juta USD atau sekitar Rp2,6 triliun. Hal menarik dari produksi film ini adalah penggunaan lebih dari 125.000 storyboard, jauh lebih banyak dari jumlah storyboard yang digunakan pada kebanyakan film Pixar.

Tim produksi juga menghabiskan banyak waktu untuk meneliti dan mempelajari cara menghidupkan karakter Wall-E agar terlihat realistis. Wall-E sendiri merupakan karakter robot yang merupakan peran utama dalam film ini.

Wall-E juga dianggap sebagai film animasi terbaik karena berhasil membawa pesan moral tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup dan planet ini. Dalam film ini, Wall-E menjadi representasi dari kerusakan lingkungan yang terjadi di planet Bumi dan berhasil membuat audiens merasakan betapa pentingnya merawat planet ini agar tetap lestari.

  1. Brave (Rp2,6 Triliun)

Brave Merida merupakan film animasi yang menampilkan petualangan Puteri Merida secara mendalam, ditulis dengan cerdas, dan menyampaikan pesan bahwa karakter wanita tidak memerlukan pasangan pria untuk mendapatkan penghormatan. Film ini menjadi salah satu film animasi terbaik Disney yang memakan anggaran besar.

Anggaran dalam film ini banyak digunakan untuk menulis ulang seluruh sistem animasi Pixar agar dapat menciptakan bahan visual yang berkualitas. Merida, digambarkan memiliki ciri khas karakternya yaitu warna rambut dan rambutnya yang bergerak, memakan banyak waktu untuk mengembangkan teknologi agar rambutnya terlihat alami dan realistis. Pixar bahkan mengembangkan program perangkat lunak khusus untuk mengatur gerakan rambut Merida.

  1. Coco (Rp2,5 Triliun)

Pixar diketahui sering menemukan teknologi baru untuk digunakan dalam proses pembuatan film animasi mereka. Misal dalam proses pembuatan film Coco, Pixar harus meningkatkan perangkat lunak mereka dengan menciptakan sistem baru. 

Selain itu, pencahayaan untuk adegan malam harus diperbaiki agar tidak terlalu gelap atau terlihat tidak nyata. Hal ini hanya dua dari banyak fitur inovatif yang digunakan oleh Pixar untuk proses produksi film Coco. Teknologi-teknologi ini terus digunakan oleh Pixar dalam pembuatan film-film animasi mereka yang lainnya hingga saat ini.

  1. Up (Rp2,5 Triliun)

Siapa yang tidak tahu dengan film animasi yang satu ini? Upmerupakan film animasi yang  memenangkan penghargaan Oscar. Film ini menghabiskan anggaran sebesar 175 juta USD atau sekitar Rp2,5 triliun dalam proses pembuatannya. 

Sutradara Peter Docter bahkan harus melakukan perjalanan ke Venezuela bersama sebelas seniman Pixar lainnya untuk mempelajari daerah di sekitar Monte Roraima. Mereka menggunakan pengalaman tersebut untuk menciptakan lanskap yang sangat nyata dalam film dengan membuat gambar, sketsa, lukisan, dan catatan lingkungan.

Itulah tadi ringkasan dan ulasan dari beberapa film animasi termahal dalam produksinya. Apakah film animasi favorit kamu termasuk dalam daftar tersebut? Menurut kamu, film animasi apa lagi yang seharusnya masuk dalam daftar ini?

Ingin terjun ke dunia animasi? Ayo realisasikan impianmu menjadi Animator bersama IDS | International Design School. Jangan lewatkan kesempatan untuk belajar animasi dan dapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat. Daftarkan dirimu sekarang juga dan mulailah mempelajari teknik-teknik animasi yang keren dan inovatif. Siapa tahu, suatu saat nanti kamu akan menjadi bagian dari tim yang membuat film animasi termahal dan terbaik di dunia!

Sumber: Biaya Produksi Fantastis! Inilah 7 Film Animasi Termahal yang Pernah Diproduksi

JOIN NOW!

Fast Track to International Degree