Blog

BAGIKAN

Film Ngeri-Ngeri Sedap Terpilih Jadi Nominasi Oscar 2023

Film Ngeri-Ngeri Sedap, Karya sutradara Bene Dion terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Piala Oscar ke-95 2023 atau Academy Awards

Kabar ini tentu mengejutkan sekaligus membanggakan. Film ini akan mewakili Indonesia dalam kategori Best International Feature Film Award atau Penghargaan Film Fitur Internasional. 

Masuknya film Ngeri-Ngeri Sedap dalam salah satu nominasi ajang perfilman paling bergengsi itu dipilih langsung oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022. 

Anggota Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 sendiri terdiri dari pakar-pakar dalam bidang perfilman seperti wartawan hingga kritikus film. Diketahui anggota Komite tersebut adalah, aktor legendaris Indonesia Deddy Mizwar sebagai ketua, Produser Zairin Zani sebagai sekretaris dengan anggotanya Penulis Skenario Armantono, Editor Film Cesa David Luckmansyah, Sutradara Garin Nugroho, Wartawan Ilham Bintang, Aktor Niniek L Karim, Aktor Slamet Rahardjo, dan Sinematografi Yadi Sugandi.

Saat pemilihan film yang akan mewakili Indonesia di Piala Oscar, dua anggota komite yaitu Garin Nugroho dan Yadi Sugandi tidak bisa hadir. Sedangkan, 7 anggota lainnya sama-sama memilih film Ngeri-Ngeri Sedap.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar sebuah film dalam ikut serta dalam ajang Piala Oscar. Salah satunya adalah film tersebut harus pernah tayang di bioskop selama satu minggu berturut-turut. 

Nantinya, pagelaran Oscar akan diadakan pada 12 Maret 2023.

Bila dilihat dari antusias penonton, tidak mengherankan mengapa film Ngeri-ngeri Sedap lah yang terpilih sebagai perwakilan Indonesia di Piala Oscar.

Selain dari keberhasilan film Ngeri-ngeri Sedap menampilkan film komedi dengan sajian utamanya hubungan kekeluargaan yang penuh huru-hara namun berakhir mengharukan. Adat istiadat suku Batak yang membumbui film ini ikut memberikan rasa yang tidak terlupakan.

Film Ngeri-ngeri Sedap

Adapun fakta film Ngeri-Ngeri Sedap lainnya yang begitu menarik dari film ini, apa saja?

  1. Film Ngeri-ngeri sedap telah tayang pada 2 Juni 2022 lalu, dalam satu minggu penayangannya, film ini berhasil mengumpulkan lebih dari 500 penonton. Antusias dari penonton terus bertambah, hingga tembus hingga 2,8 juta penonton.  
  2. Film ini bergenre drama-komedi ini, yang mengusung kisah keluarga Batak yang kental dengan budaya-budayanya.
  3. Totalitas unsur Batak dalam film ini juga diperlihatkan dari pemain-pemainnya, 6 dari 4 pemeran utama dalam film ini merupakan aktor berdarah Batak asli. Sederet nama tersebut adalah Arswendy Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir, hingga Gita Bhebhita.
  4. Sang sutradara dan penulis yang bernama asli Bene Dion Rajagukguk, sepertinya memang sengaja ingin memperkenalkan keragaman budaya dan masyarakat salah satu suku dari Provinsi Sumatera Utara tersebut.
  5. Selama menonton Ngeri-Ngeri Sedap penonton akan dimanjakan dengan keindahan alam yang terdapat di Sumatera Utara. Misalnya saja ketenangan Danau Toba hingga keindahan bukit Holbung Samosir.

Seperti yang kita ketahui, film Ngeri-ngeri Sedap bercerita tentang Pak Domu dan Mak Domu pasangan suami istri yang sudah lanjut usia dan tinggal bersama Sarma putri mereka satu-satunya. Suatu hari Pak Domu dan Mak Domu merindukan ketiga anaknya yang kini tinggal di luar kota, yaitu Domu, Gabe, dan Sahat. Pak Domu dan Mak Domu ingin keluarganya berkumpul menjelang digelarnya pesta syukuran khas Batak. 

Namun, mereka menolak untuk pulang karena hubungan keluarga Pak Domu yang tidak harmonis. Untuk membuat anak-anaknya kembali pulang Pak Domu dan Mak Domu melaksanakan sebuah rencana apik, keduanya berpura-pura sedang bertengkar dan ingin bercerai. 

Pada film ini Arswendi Nasution berperan sebagai Pak Domu, Tika Panggabean sebagai Mak Domu, Boris Bokir sebagai Domu Purba, Gita Bhebhita sebagai Sarma E. Purba, Lolox sebagai Gabe Purba, dan Indra Jegel sebagai Sahat Purba.

Sekiranya, apakah rencana Pak Domu dan Mak Domu berhasil?

Mau belajar bikin film sendiri? Tertarik dengan dunia film? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Film, loh! Kamu bisa wujudkan impian kamu menjadi Filmmaker.

JOIN NOW!

Jago Bikin Film