Blog

BAGIKAN

10 Film Pendek Animasi Terbaik Pemenang Oscar Menurut IMDb

piala oscar

Film pendek animasi adalah sebuah bentuk seni yang sudah lama ada. Film animasi masuk ke dalam genre mulai dari kartun anak-anak, karya seni absurd, hingga karya emosional introspektif. Pada tahun 1932, di Academy Awards Tahunan ke-5, Oscar mulai mengakui film animasi pendek untuk karya-karya jenius yang kreatif, dimana penerima pertamanya adalah film Silly Symphony Flowers and Trees.

Masing-masing dari 89 animasi pendek pemenang Oscar adalah karya keindahan tersendiri, dengan berbagai macam nada, cerita, dan gaya animasi. Namun, menurut pengguna di situs web film populer IMDb, berikut adalah 10 film animasi pendek terbaik pemenang Oscar.

  1. For The Birds (2000)

Tayang perdana sebelum Monster Inc. di bioskop, Pixar’s For The Birds adalah film berdurasi tiga setengah menit yang menggambarkan seekor burung besar yang riuh mencoba berteman dengan sekelompok burung kecil yang ditemukan duduk pada saluran listrik. Terlepas dari tawa dan cemoohan mereka, burung itu bergabung dengan mereka di kawat, dan ketika mereka berusaha melepaskannya, mereka dengan cepat menyadari bahwa mereka membutuhkannya untuk menjaga keseimbangan mereka.

For The Birds pendek dan simbolis, dengan pesan yang sangat jelas tentang karma, dan memperlakukan orang lain dengan baik daripada menghakimi. Dengan demikian, tidak mengherankan jika ia duduk dengan peringkat 8,0/10 yang solid di IMDb.

For The Birds

  1. The Old Man and the Sea (1999)

The Old Man and the Sea adalah sebuah film pendek adaptasi dari novel Ernest Hemingway dengan judul yang sama, menceritakan kisah seorang nelayan tua yang berangkat ke laut dan bersumpah untuk tidak kembali tanpa tangkapan besar di tangan. Dalam keterasingannya, dia mengingat saat-saat dari masa lalunya, saat dia menunggu untuk menangkap mangsanya.

Produksi Rusia ini berdurasi 20 menit dan menonjol karena skornya yang mencekam dan gaya seni yang unik, dengan setiap bingkai menampilkan lukisan individual. Pendek tetapi indah dan melankolis, hingga saat ini berdiri dengan peringkat 8.1/10 yang kuat di IMDb.

  1. A Close Shave (1995)

A Close Shave adalah salah satu dari dua produksi Aardman Animation Studios yang memenangkan Best Animated Short dengan seri Wallace dan Gromit mereka. Dalam kisah ini, Wallace menemukan cinta dengan pemilik toko wol lokal, sementara anjingnya yang setia, Gromit, menemukan konspirasi peternakan domba kriminal.

Dengan waktu berjalan 30 menit, A Close Shave menggunakan animasi stop-motion untuk menggambarkan cerita yang menarik dan memiliki peringkat 8.1/10 yang kuat di IMBb.

A Close Shave

  1. Feast (2014)

Disney’s Feast membawa penonton dalam perjalanan melalui kehidupan cinta seorang pria, seperti yang terlihat melalui mata hewan peliharaannya Boston Terrier. Anak anjing yang diselamatkan mengalami kehidupan bersamanya, melalui evolusi makanan, meluncur ke mangkuknya, sampai suatu hari pemiliknya bertemu dengan seorang teman wanita baru dan sisa makanannya menjadi lebih hijau daripada berminyak.

Salah satu dari banyak film pendek Disney yang sekarang tersedia di Disney+, Pesta yang manis dan penuh cinta. Film ini memiliki waktu tayang yang menyenangkan hanya enam menit dan memiliki peringkat IMDb 8.2/10.

Feast

  1. The Cat Concerto (1946)

Tom and Jerry telah menghibur penonton selama beberapa generasi, dalam film pendek animasi, film berdurasi penuh, dan yang terbaru dalam serial yang akan datang untuk HBO Max. Dalam kartun berdurasi 8 menit ini, Tom mencoba memainkan karya klasik Franz Liszt untuk penonton konser, sambil diteror oleh Jerry yang membuat kekacauan dari dalam, bawah, dan atas grand piano.

Sebuah klasik Hanna-Barbera, The Cat Concerto adalah pengalaman musik yang menyenangkan yang dapat diapresiasi oleh segala usia dan memiliki peringkat 8.2/10 yang kuat di IMDb.

The Cat Concerto

  1. The House of Small Cubes (2008)

The House of Small Cubes menggambarkan seorang pria yang tinggal di salah satu rumah yang tersisa di kota yang banjir, saat bangun pada suatu pagi, dia menemukan bahwa dia harus membangun lapisan lain di rumahnya yang menjulang tinggi untuk menghindari kenaikan laut. Saat dia bekerja, pria itu berenang ke bagian paling bawah untuk mengambil pipanya yang hilang, dan dengan setiap cerita menara muncul cerita lain dalam hidupnya.

Juga dikenal sebagai La Maison en Petits Cubes, film pendek buatan Jepang ini mengeksplorasi kesepian dan kehilangan saat karakter tersebut mengenang keluarga yang pernah tinggal bersamanya. Ini adalah 12 menit yang rapi dan memiliki peringkat IMDb 8.2/10.

The House of Small Cubes

  1. Paperman (2012)

Paperman adalah kisah seorang pekerja kantoran di kota besar yang bertemu dengan seorang gadis dalam perjalanan sehari-harinya. Pria itu kehilangan pandangan terhadap wanita itu, melanjutkan pekerjaannya yang tak bernyawa, hanya untuk melihatnya di jendela di seberang jalan. Dengan kesempatan kedua untuk berhubungan, pria itu mengubah dokumen perusahaannya menjadi pesawat terbang yang dia coba terbangkan, dalam upaya untuk mendapatkan perhatian wanita itu sekali lagi.

Film pendek ini berdurasi tujuh menit dan dianimasikan secara artistik seluruhnya dalam warna hitam dan putih, kecuali lipstik merah wanita di selembar kertas. Film ini adalah film pendek Disney, yang awalnya ditayangkan di bioskop sebelum pemutaran Wreck-It-Ralph, dan saat ini memiliki peringkat 8,3/10 di IMDb.

Paperman

  1. The Wrong Trousers (1993)

Kurang lebih 30 menit dari Aardman Animation Studios, The Wrong Trousers melihat kombinasi teman serumah penguin dan beberapa robot anjing berjalan-jalan membuat Wallace dan Gromit menjadi kacau balau. Sementara Wallace fokus pada celananya yang baru ditemukan dan dengan polos tidak menyadari kejadian di rumahnya, Gromit merasa ditinggalkan oleh pemiliknya dan meninggalkan rumah, hanya untuk kembali setelah mengetahui penguin itu adalah penjahat.

The Wrong Trousers adalah klasik yang lucu, seperti kebanyakan kartun Wallace dan Gromit, dan berdiri kokoh dengan peringkat 8.3/10 di IMDb.

The Wrong Trousers

  1. Piper (2016)

Piper yang sangat sederhana mengikuti bayi burung saat menjelajahi dunia pantai yang luas. Bayi sandpiper yang sedang berburu makanan di bawah pasir tetapi dihantam ombak yang menerjang pantai karena ketakutan, dia kembali ke sarangnya. Setelah berteman dengan kelomang, burung itu belajar menggali di antara pasir agar tetap stabil di bawah air dan menemukan perspektif baru untuk melihat dan menikmati dunia.

Sebuah karya pendamping di bioskop untuk Finding Dory, Piper adalah cerita 6 menit yang manis dengan animasi yang indah dan memiliki peringkat IMDb tinggi 8,4/10.

  1. The Man Who Planted Trees (1987)

The Man Who Planted Trees didasarkan pada cerita pendek oleh penulis Prancis Jean Giono, dan mengikuti seorang narator saat ia melakukan perjalanan melintasi tanah baron dengan komunitas terpencil, di mana ia bertemu dengan seorang gembala terpencil. Pria yang tanpa pamrih membawa narator masuk dan memberinya tempat tinggal untuk malam itu, dia melihat saat gembala mulai menyortir biji-bijian untuk ditanam sebagai pohon di lembah terdekat. Narator kembali 10 tahun kemudian untuk menemukan lanskap, yang sebelumnya dihancurkan oleh kelalaian, sekarang mekar dan berkembang dengan kerja keras gembala. Saat narator terus-menerus memeriksa, gembala terus menghidupkan kembali lembah selama 30 tahun, sepenuhnya mengubah tanah alami dan kehidupan orang-orang yang tinggal di dekatnya.

Film pendek buatan Kanada ini dirilis dalam bahasa Prancis dan Inggris, dengan narasi yang terakhir dibawakan oleh Christopher Plummer. Dengan rating 8.5/10, The Man Who Planted Trees adalah film animasi pendek dengan rating tertinggi yang memenangkan Academy Award di IMDb.

Sumber: Collider.com

2023_IDS EDU Seminar_2-2_1080x1350
Fast Track to International Degree