Blog

BAGIKAN

Film Terbaik Cannes 2023: Membahas Karya-karya Hebat yang Mencuri Perhatian di Festival

Film Terbaik Cannes 2023

Cannes Film Festival merupakan salah satu festival film paling prestisius di dunia, di mana karya-karya sineas terbaik dari seluruh penjuru dunia bersaing untuk memperebutkan penghargaan bergengsi. Setiap tahunnya, film-film yang diputar di Cannes menjadi sorotan publik dan memberikan gambaran tentang arah perkembangan industri perfilman. Tahun 2023 tidak terkecuali, dengan beberapa film luar biasa yang berhasil mencuri perhatian dan dianggap sebagai film terbaik di festival ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa film terbaik Cannes 2023 yang telah meninggalkan kesan mendalam pada penonton dan para juri.

Film terbaik Cannes 2023 menunjukkan kualitas artistik yang luar biasa dan keberagaman dalam tema, asal negara, dan gaya penyutradaraan. Dari drama emosional hingga misteri yang menggugah adrenalin, setiap film yang berhasil memenangkan penghargaan di Cannes mencerminkan dedikasi para sineas dalam menciptakan karya-karya luar biasa. Melalui penggunaan sinematografi yang brilian, penampilan akting yang mengesankan, dan eksplorasi tema yang mendalam, film-film ini berhasil menginspirasi dan menghadirkan pengalaman sinematik yang tak terlupakan bagi penonton.

  1. Anatomy of A Fall

Salah satu Film terbaik Cannes 2023 yaitu “Anatomy of a Fall” adalah sebuah film yang memikat dengan cerita kompleks dan pengembangan karakter yang kuat. Disutradarai oleh sineas ternama, film ini merenungkan kekompleksan manusia, hubungan antarmanusia, dan konsekuensi dari tindakan kita. Melalui penggambaran yang mendalam, film ini mengajak penonton mempertanyakan esensi kehidupan dan kompleksitas manusia.

Tokoh utama menjalani perjalanan emosional yang penuh konflik internal, hubungan rumit, dan pertanyaan filosofis. Pengembangan karakter yang mendalam dan penuh kelebihan serta kelemahan manusiawi membuat penonton terlibat dalam perjalanan emosional tokoh utama.

“Anatomy of a Fall” juga menghadirkan pesan tentang kompleksitas hidup dan keberanian menghadapi kesalahan dan kegagalan. Estetika visual yang indah, dengan penyutradaraan cermat dan sinematografi memukau, memperkuat pengalaman sinematik yang memikat.

Film ini meninggalkan kesan mendalam dan menggugah pemikiran serta emosi penonton dengan penggambaran kompleksitas manusia, hubungan, dan pertarungan batin.

  1. Banel & Adama

“Banel & Adama” adalah film memukau dengan cerita inspiratif tentang persahabatan dan keberanian di tengah tantangan hidup. Film ini mengajak penonton merenungkan nilai-nilai persahabatan, keberanian, dan tekad yang kuat. Perjalanan Banel dan Adama, dua anak laki-laki dengan latar belakang berbeda, menghadirkan persahabatan yang kuat dan saling mendukung. Dalam situasi penuh keputusasaan, mereka menunjukkan keberanian dan tekad untuk bertahan hidup, belajar menghadapi rintangan, dan menemukan nilai sejati dalam persahabatan. “Banel & Adama” menyampaikan pesan mendalam tentang persahabatan dan keberanian, dengan pengambilan gambar yang indah dan akting mengesankan. Film ini menginspirasi dan meninggalkan kesan tak terlupakan bagi penontonnya.

  1. La Chimera

“La Chimera” adalah film yang menawarkan pengalaman sinematik unik dan memukau. Dengan visual luar biasa dan narasi puitis, film ini membawa penonton melintasi alam bawah sadar dan menggali kompleksitas jiwa manusia. Perjalanan seniman Sofia di dalam labirin alam bawah sadarnya menghadirkan simbol-simbol dan makhluk fantasi yang melambangkan pertanyaan-pertanyaan dan kegelisahan dalam dirinya. Film ini menggambarkan perjalanan spiritual dan pencarian identitas, mengajak penonton merenung tentang pertanyaan-pertanyaan filosofis dan eksplorasi internal. Keindahan visual dan akting yang kuat menjadikan “La Chimera” karya sinematik memukau dan memberikan pengalaman tak terlupakan.

  1. Fallen Leaves

“Fallen Leaves” adalah film menggugah emosi yang mengisahkan kisah mengharukan tentang kehidupan, cinta, dan kehilangan. Sarah, setelah kehilangan pasangannya, merasakan duka mendalam dan berusaha menyembuhkan luka hatinya. Dalam pemulihannya, dia bertemu dengan pria misterius yang membawa keceriaan dan harapan. Film ini menyampaikan pesan tentang kekuatan cinta, pemulihan, dan harapan. Akting yang mengesankan dan pengarahan visual yang menarik menciptakan pengalaman sinematik yang memikat. “Fallen Leaves” mengajak penonton merenungkan makna kehidupan, nilai cinta, dan pentingnya pemulihan. Film ini meninggalkan kesan mendalam bagi penontonnya.

  1. The Feeling That the Time for Doing Something Has Passed

“The Feeling That the Time for Doing Something Has Passed” adalah sebuah film yang mendalam dan menginspirasi tentang pencarian makna hidup dan semangat yang tak tergoyahkan. Cerita ini mengajak penonton untuk merenungkan pentingnya mengambil tindakan dan menemukan tujuan hidup di tengah tantangan. David, tokoh utama film, merasa kecewa dengan rutinitasnya, namun bertemu dengan Sophia yang mengubah hidupnya. Film ini mengajarkan arti keberanian, ketahanan, dan perubahan hidup. Pesan film ini adalah tidak pernah terlambat untuk memulai kembali dan mencari makna yang lebih dalam. Akting yang mengesankan dan pengarahan visual yang memikat menambahkan kekuatan film ini.

  1. Killers of the Flower Moon

“Killers of the Flower Moon” adalah film adaptasi dari novel laris karya David Grann yang disutradarai oleh Martin Scorsese. Mengambil latar tahun 1920 di Osage County, Oklahoma, film ini menggambarkan kisah nyata yang menggemparkan Amerika Serikat pada awal abad ke-20. Cerita berfokus pada pembunuhan anggota suku Osage yang kaya akibat penemuan minyak di tanah mereka. Penyelidikan kejahatan ini melibatkan agen FBI Tom White (diperankan oleh Leonardo DiCaprio) dan membongkar konspirasi yang melibatkan keluarga Osage sendiri. Ernest Burkhart (diperankan oleh Jesse Plemons), seorang pria setengah Osage, terjebak dalam konflik batin antara keluarganya dan agen FBI. “Killers of the Flower Moon” menyampaikan pesan mendalam tentang keadilan, penindasan, dan peperangan budaya. Film ini menyoroti isu rasisme, penindasan, dan korupsi sistem. Akting yang brilian dari para pemain dan sinematografi yang mengagumkan memperkuat pengalaman sinematik yang memikat. Film ini menggugah penonton untuk merenungkan tentang keadilan, penindasan, dan perjuangan melawan korupsi dalam sejarah Amerika Serikat.

Film Terbaik Cannes 2023

  1. May December

“May December” adalah film yang mengangkat kisah cinta yang tak mengenal batasan usia. Mengisahkan tentang Emma, seorang wanita muda yang jatuh cinta pada pria yang lebih tua, David, film ini menjelajahi perjalanan mereka dalam menghadapi tantangan dan pertentangan dari masyarakat sekitar. Meskipun perbedaan usia mereka signifikan, cinta mereka tumbuh dan mengatasi batasan tersebut. Film ini menyampaikan pesan tentang melihat esensi hubungan yang sejati di luar angka. “May December” menginspirasi untuk mengikuti hati dan mempertahankan hubungan berdasarkan kasih sayang dan pengertian. Dengan akting memukau dan pengarahan yang sensitif, film ini mengajak penonton merenungkan tentang penerimaan, keberanian, dan pentingnya menghormati pilihan cinta orang lain.

  1. Monster

“Monster” adalah sebuah film yang mengguncang dengan kisah yang mencekam tentang kehidupan di dunia kejahatan. Melalui pengadilan Steve Harmon, seorang remaja yang didakwa sebagai anggota geng dalam kasus pembunuhan brutal, film ini mempertanyakan sifat manusia dan kompleksitas keadilan. Pertanyaan moral dan etika mengemuka, mengajak penonton untuk melihat melampaui stereotip dan mencari pemahaman yang lebih dalam tentang latar belakang dan motivasi individu di balik tindakan kriminal. Akting yang mengesankan dari para pemain dan pengarahan yang kuat membawa cerita ini hidup, sambil menyentuh isu-isu sosial seperti rasisme sistemik dan ketidakadilan dalam sistem peradilan pidana. “Monster” adalah film yang menggugah dan memaksa kita untuk merefleksikan sifat manusia dan sistem keadilan yang ada.

  1. The Pot-au-Feu

“The Pot-au-Feu” adalah sebuah film yang menggoda selera dengan cerita yang lezat tentang perjalanan dan persahabatan. Film ini menggabungkan elemen kuliner dengan narasi yang menghibur, menciptakan pengalaman sinematik yang menggugah selera. Perjalanan kuliner tiga teman dekat, Sophie, Marie, dan Maxime, mengungkap ragam masakan regional yang kaya dan menghadirkan cerita kehidupan yang menginspirasi. Kuliner menjadi jembatan yang menghubungkan karakter-karakter utama dan membangun ikatan emosional. Film ini mengangkat nilai-nilai budaya Prancis melalui keanekaragaman kuliner regional. Dengan keindahan visual dan pesan hangat tentang perjalanan, persahabatan, dan kelezatan kuliner, “The Pot-au-Feu” mengajak penonton untuk merayakan hubungan manusia melalui makanan.

  1. The Sweet East

“The Sweet East” adalah sebuah film yang memukau yang mengangkat pesona Timur yang manis. Film ini membawa penonton dalam perjalanan yang memikat melintasi kawasan Timur yang kaya budaya, memperlihatkan keindahan dan keajaiban di sana. Cerita film berpusat pada cinta dan kecintaan pada budaya Timur, menyoroti tradisi, seni, dan kehidupan sehari-hari kawasan tersebut. Film ini mengandung pesan kuat tentang persaudaraan antarbangsa dan pentingnya menghormati dan memahami perbedaan budaya. “The Sweet East” menawarkan keindahan visual yang memukau, menjelajahi pemandangan alam, arsitektur, dan kehidupan sehari-hari dengan kecermatan visual. Film ini juga mengeksplorasi peran makanan sebagai jembatan budaya. “The Sweet East” adalah sebuah perjalanan sinematik yang memikat, memperlihatkan kekayaan budaya dan persahabatan yang melintas batas.

Kembangkan bakatmu dalam perfilman dan wujudkan mimpi menjadi sutradara atau produser film di program Digital Film & Media Production International Design School! Bergabunglah dengan sekolah film terkemuka kami dan rasakan pengalaman belajar yang inspiratif, di bawah bimbingan para ahli industri film yang berpengalaman. Dapatkan pengetahuan mendalam tentang sinematografi, pengarahan, penulisan skenario, dan produksi film. 

Program Digital Film & Media Production di International Design School (IDS) melatih mahasiswa menjadi filmmaker handal melalui penulisan skenario, teknik kamera, pencahayaan, produksi, dan pasca produksi film. Mereka juga diberi pemahaman tentang manajemen dan bisnis dalam produksi serta distribusi film. Sebagai tugas akhir, mahasiswa akan memproduksi sebuah film yang dibimbing oleh praktisi film.

IDS menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap untuk filmmaking. Mahasiswa dapat mengakses perangkat lunak Celtx untuk penulisan skenario serta Adobe Premiere Pro CC, Adobe After Effects CC, dan Da Vinci Resolve untuk proses editing. Selain itu, IDS juga menyediakan perangkat kamera, lensa, dan pencahayaan untuk mendukung mahasiswa dalam proses pembuatan film.

Daftar sekarang di International Design School dan mulailah perjalananmu menuju dunia perfilman!

JOIN NOW!

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree