Blog

BAGIKAN

Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Film The Batman

film the batman

Gotham kembali kacau dengan kedatangan Riddler sang pembunuh berantai yang mulai membunuh tokoh-tokoh politikus penting. Mau tidak mau Batman harus menginvestigasi korupsi tersembunyi di kota Gotham dan mencari tahu hubungan kasus tersebut dengan keluarganya. Film The Batman dibintangi oleh Robert Pattinson sebagai Bruce Wayne atau Batman, Zoe Kravitz sebagai Selina Kyle atau Catwoman, Jeffrey Wright sebagai Lt. James Gordon, Colin Farrell sebagai Oz atau Penguin, serta Paul Dano sebagai The Riddler. 

Sempat Mendapat Penolakan dari sang Sutradara

batman

Setelah ditinggal Ben Affleck karena alasan pribadi, seperti yang kita tahu film The Batman kemudian disutradarai oleh Matt Reeves. Namun sebelum ia menyetujui untuk bergabung dalam proyek film ini Matt Reeves sendiri sedang mengerjakan post-production dari film “War for the Planet of the Apes.” Hal ini lah yang awalnya menjadi alasan penolakan Matt Reeves untuk menyutradarai film tersebut. Ditambah Reeves mengaku kalau dirinya tidak tahu bagaimana ia akan menyutradarai film The Batman.

Kabar baiknya Reeves bersedia menyutradarai The Batman dengan syarat ia menulis sendiri naskah film-nya. Penulisan naskah film The Batman dimulai pada tahun 2017. Dengan adanya pandemi COVID-19 The Batman berhasil tayang pada Maret 2022.

Batman Superhero dengan Sisi yang Lebih Manusiawi

the batman

Berbeda dengan cerita-cerita superhero lainnya yang biasanya menceritakan bagaimana asal-usul tokoh utama menjadi sedemikian rupa, film The Batman langsung melompat pada era dewasa Bruce Wayne yang sedang berada pada tahun ke-duanya menjadi Batman. Bruce Wayne yang diperankan oleh Robert Pattinson ini digambarkan sebagai tokoh yang berbeda dari series sebelumnya yang terhitung cerah dan glamour. Matt Reeves selaku sutradara The Batman meminta Pattinson memerankan karakter tersebut sesuai dengan kekuatannya. Karenanya, alih-alih memulai bagaimana asal-usul Batman, Reeves menggambarkan sisi kelam trauma tokoh Bruce Wayne melalui adegan lain tanpa menyinggung tragedi  kematian orang tuanya, sehingga muncullah karakter Bruce Wayne yang tertutup tidak suka berinteraksi dengan orang banyak, lebih senang di rumah dan menulis jurnal. Reeves ingin tokoh Batman yang diperankan oleh Pattinson lebih menunjukkan sisi jatuh dan rapuh seorang manusia yang pernah mengalami trauma atas kehilangan di masa lalu. 

Tanpa Joker

joker

Kalau biasanya membicarakan tokoh Batman pasti yang terlintas adalah tokoh antagonis Joker. Joker digambarkan sebagai penjahat abadi musuh Batman yang selalu mencari masalah dengan kota Gotham dan sekitarnya, namun kini Joker harus absen sementara pada film yang disutradarai Matt Reeves. Joker akan digantikan oleh tokoh lainnya yakni Riddler. Riddler sendiri merupakan tokoh antagonis utama pada film The Batman yang digambarkan sebagai pembunuh misterius bertopeng hijau gelap yang melakukan serangkaian pembunuhan pada elite Gotham City dan meninggalkan jejak-jejak rahasia pada Batman untuk dipecahkan. Tokoh Riddler atau lainnya Edward Nashton pada seri The Batman diperankan oleh Paul Dano.

Fokus Memecahkan Teka-Teki

film batman

Sebelum memulai kiprahnya sebagai pahlawan kebanggaan Gotham City, di film ini Batman memulai karirnya menjadi seorang detektif. Pada film The Batman inilah Batman menunjukkan sisi detektif yang pada series sebelumnya tidak diperlihatkan dan akan terfokus untuk memecahkan teka-teki yang ada. Teka-teki yang hadir pada film ini berasal dari tokoh Riddler yang merupakan tokoh antagonis utama. Pembunuhan misterius atas Walikota Gotham menjadi langkah pertama Batman untuk memecahkan teka-teki yang diciptakan oleh Riddler. Nantinya, petunjuk petunjuk inilah yang menuntun Batman pada rahasia kelam kota Gotham yang berhubungan dengan keluarga Wayne. 

Banner Webinar 229
Fast Track to International Degree