Blog

BAGIKAN

6 Film yang Menginspirasi untuk Kuliah di Luar Negeri

6 Film yang Menginspirasi untuk Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di luar negeri adalah impian sebagian besar anak muda masa sekarang. Perasaan ingin kuliah di luar negeri selain muncul karena ingin mendapatkan akses pendidikan yang lebih baik, juga karena tontonan yang memotivasi seseorang untuk lebih dalam lagi melakukan ekspor di bidang pendidikan. Salah satu media yang bisa memotivasi para anak muda untuk bercita-cita ke luar negeri adalah film. Dalam artikel kali ini akan membahas film yang menginspirasi untuk kuliah di luar negeri.

Film Indonesia yang kini tersebar banyak sekali yang menceritakan tentang perjalanan seseorang belajar dan bertahan hidup di negeri orang. Jika kamu adalah pecinta film dan ingin mengetahui film yang menginspirasi untuk kuliah di luar negeri, berikut ini adalah daftarnya:

1. Rudy Habibie (2016)

Rudy Habibie (2016)

Film yang menginspirasi untuk kuliah di luar negeri pertama adalah Rudy Habibie. Film ini fokus pada kisah kehidupan Presiden Indonesia, BJ Habibie muda ketika sedang menempuh pendidikan tinggi di Jerman. Habibie mendapatkan beasiswa dan bisa kuliah secara gratis.

Di Jerman, Habibie bermimpi untuk mengembangkan teknologi dirgantara di Indonesia. Namun, rencana besar Habibie itu dicemooh oleh banyak pihak, kecuali kedua orang tuanya. Film ini menggambarkan secara utuh bagaimana Habibie memperjuangkan cita-citanya dari Jerman untuk Indonesia.

2. Bulan Terbelah di Langit Amerika (2015)

Bulan Terbelah di Langit Amerika (2015)

Film kedua yang menginspirasi adalah Bulan Terbelah di Langit Amerika. Film ini menceritakan tentang sebuah petualangan yang dilalui oleh dua suami istri, yaitu Hanum dan Rangga.

Di luar negeri, Hanum bekerja sebagai seorang jurnalis muslim yang bekerja di Wina. Sedangkan Rangga memiliki tugas untuk mewawancarai seorang milyarder untuk melengkapi syarat S3-nya. Film ini mengisahkan petualangan keduanya di luar negeri dengan situasi yang sedang kacau.

3. 99 Cahaya di Langit Eropa (2013)

99 Cahaya di Langit Eropa (2013)

99 Cahaya di Langit Eropa adalah film yang diadaptasi dari sebuah novel best seller yang ditulis oleh Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Film ini adalah versi sebelumnya dari film Bulan Terbelah di Langit Amerika.

Hanum merupakan seorang jurnalis di Indonesia yang kemudian memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan pindah ke luar negeri untuk menemani sang suami mengambil kuliah doktor di Vienna, Austria.

4. Negeri van Oranje (2015)

Negeri van Oranje (2015)

Selanjutnya, film yang menginspirasi untuk kuliah di luar negeri adalah Negeri Van Oranje. Film ini juga mengadaptasi dari sebuah novel yang memiliki judul yang sama. Negeri Van Oranje berkisah tentang seorang perempuan bernama Lintang yang menempuh pendidikan pascasarjana ke Belanda.

Di Belanda, Lintang bersahabat dengan seorang 4 mahasiswa asal Indonesia lainnya. Mereka merupakan sahabat yang solid dan saling menguatkan satu sama lain. Hal itu mereka lakukan agar bisa kuat dan bertahan di kampung halaman yang jauh. Semakin lama, persahabatan mereka berujung pada kisah cinta.

5. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Merry Riana_ Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Siapa yang tidak mengenal film ini, film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar ini sudah berhasil menyihir anak muda untuk termotivasi menjadi orang yang sukses. Film ini terinspirasi dari kisah hidup Merry Riana seorang gadis asal Indonesia yang berhasil meraih satu juta dolar pertamanya di usia 26 tahun.

Padahal, dikisahkan bahwa Merry Riana adalah seorang perempuan yang lahir di keluarga sederhana dan terpaksa harus pindah ke Singapura. Hal itu karena di Indonesia sedang terjadi kerusuhan pada tahun 1998. Petualangan Merry Riana kemudian dimulai di sana.

6. Negeri 5 Menara (2012)

Negeri 5 Menara (2012)

Selanjutnya, film yang menginspirasi adalah Negeri 5 Menara. Film yang rilis pada tahun 2012 ini menceritakan seorang karakter bernama Alif yang merupakan seorang santri di pondok Madani. Ia kemudian kenal dan bersahabat dengan 5 santri lainnya.

Pertemanan tersebut rupanya berdasar pada cita-cita yang sama yaitu bermimpi untuk bisa ke luar negeri. Mereka memegang prinsip man jadda wa jada yaitu siapa yang bersungguh-sungguh maka akan berhasil. Kesungguhan usaha dan mimpi yang mereka tanam sejak lama akhirnya membuahkan hasil. Alif dan teman-temannya bisa pergi ke luar negeri.

Kuliah di luar negeri adalah cita-cita banyak orang dan saat ini tidak lagi menjadi hal yang sukar untuk diwujudkan. Ada banyak cara untuk dapat kuliah di luar negeri salah satunya adalah dengan mendaftar beasiswa.

Film-film tersebut akan memotivasi kamu untuk untuk mengetahui bagaimana kehidupan di luar negeri, dan belajar ilmu pengetahuan di sebuah negara yang jauh dan memiliki budaya yang berbeda. Selain itu, film tersebut juga menggambarkan sejauh apa pengorbanan untuk bisa hidup dengan layak di luar negeri.

Untuk kalian yang memiliki ketertarikan dalam dunia film dan ingin menjadi seorang filmmaker. Di IDS | International Design School menyediakan Sekolah Film. Selain itu, kamu juga bisa melanjutkan studi film dengan mendapatkan bachelor’s degree lewat program International Pathway di universitas ternama di luar negeri. Untuk informasi selengkapnya bisa dicek di website kita, ya.

Sumber: 6 Film yang Menginspirasi untuk Kuliah di Luar Negeri

JOIN NOW!

Fast Track to International Degree