Blog

BAGIKAN

3 Film Seru yang Rilis di Hari Film Nasional 2023

Hari film nasionalUntuk meningkatkan rasa percaya diri sineas-sineas Indonesia atas setiap karya yang telah mereka diciptakan, setiap tahunnya dirayakan “Hari Film Nasional.” Awalnya, Hari film nasional dilakukan sebagai pengingat keberhasilan Indonesia menciptakan film pertama yang dibuat oleh orang Indonesia sendiri, yaitu Umar Ismail. Tahun ini, Hari Film Nasional kembali dirayakan dengan mengusung tema “Bercermin Pada Masa Lalu, Merencanakan Masa Depan.”  

Jika kamu ingin turut serta merayakan Hari Film Nasional, ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan, seperti misalnya mengunjungi rangkaian acara, mengunjungi diskusi HFN, hingga menonton film lokal. Menonton film lokal bisa kamu pilih karena kegiatan ini sama dengan mengapresiasi karya anak bangsa.

Berikut 3 film Indonesia yang dirilis saat Hari Film Nasional atau 30 Maret.

Hari film nasional

  1.     Surga di Bawah Langit

Surga di Bawah Langit merupakan film bergenre drama dan musikal, yang mengisahkan perjalanan hidup tiga sahabat yang setiap harinya menjalani hari dengan berusah payah yaitu, Ayu, Agus, dan Laras. Ketiganya pun tidak pernah menginginkan hal yang lebih dari hidup mereka.

Film Surga di Bawah Langit mengambil latar di pemukiman padat penduduk tepatnya di tempat pembuangan akhir, Bantar Gebang.

Setiap harinya Ayu harus mencari nafkah lewat menari demi memenuhi kebutuhan harian dan uang sekolahnya. Agus bertahan hidup dengan mencopet, sementara Laras bekerja sebagai ojek payung dan berjualan.

Setelah sempat berpisah dan melanjutkan kehidupan masing-masing, saat dewasa ketiganya bertemu kembali, di tempat yang sudah mereka janjikan sebelumhya.

Akankah persahabatan mereka berlanjut?

Film ini merupakan karya sutradara Pritagita Arianegara, dan dibintangi oleh Reza Rahadian, Acha Septriasa, dan Andien Aisyah.

  1.     Tulah 613

Film Tulah 613 bercerita mengenai Gilang yang merayakan ulang tahunnya dengan berlibuar bersama dua sahabatnya. Namun, rencana liburan itu harus terganggu karena kehadiran dua tamu yang tak diundang. Liburan Gilang bersama teman-temannya semakin teraasa tidak menyenangkan karena kemunculan penampakan sosok kakek misterius bersama seorang anak kecil dengan tampang yang menyeramkan.

Rentetan kejadian aneh mulai meneror mereka, hingga Gilang yang terpisah karena terseret ke dalam sebuah kutukan masa lalu yang sangat mengerikan.

Apakah Gilang dan dua sahabatnya mampu bertahan dari dari kejadian misterius dan teror yang mengancam mereka? Mungkinkah Gilang berhasil lepas dari kutukan yang menjeratnya?

Film Tulah 613 disutradarai oleh Chiska Doppert, dan dibintangi oleh Thomi Baraqbah, Erika Carlina, Carissa Perusset, Omara Esteghlal, dan Michael Olindo.

  1.     Teman Tidur

Amanda, seorang siswi pindahan, sengaja tinggal di asrama agar bisa fokus mempersiapkan olimpiade biologi. Amanda kemudian bertemu dengan Adam dan teman-temannya, mereka pun membantu Amanda dari siksaan geng perundung.

Di sisi lain, setelah video erotisnya tiba-tiba viral, Kelly menjadi korban perundungan. Kelly yang tidak mampu bila terus-terusan menjadi korban perundungan, memutuskan untuk melakukan bunuh diri.

Namun, Davin yang merupakan teman Kelly, mencurigai Adam dan teman-temannya sebagai pelaku penyebar video erotis Kelly. Kisah pun berlanjut dengan aksi balas dendam arwah Kelly kepada para pelaku yang merundungnya. Kelly melakukan teror melalui chat video, demi mendapatkan keadilan atas kematiannya.

Siapa pelaku penyebar video Kelly yang sebenarnya?

Film Teman Tidur merupakan karya sutradara Ray Nayoan, film ini dibintangi oleh Baskara Mahendra, Givina Lukita Dewi, dan juga Meriam Bellina.

Itulah tadi 3 film lokal yang akan tayang bertepatan dengan Hari Film Nasional 2023 atau pada 30 Maret, film apa yang bakal kamu tonton?

Jika kamu ingin belajar dan serius menggeluti dunia perfilman, IDS | International Design School menyediakan Sekolah Film yang bisa membantu kamu mengembangkan skill dan bakat di dunia industri film.

JOIN NOW!

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry