Blog

BAGIKAN

3 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Jurusan Desain Grafis

Jurusan Desain GrafisBagi kamu yang mau kuliah dan menyukai seni atau desain,  tapi masih bingung mau masuk jurusan apa, mungkin jurusan desain grafis adalah jurusan yang kamu butuhkan. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai jurusan desain grafis supaya tidak membuatmu bingung lagi jika ingin masuk jurusan ini saat kuliah nanti.

Mengenai Jurusan Desain Grafis

Jurusan desain grafis adalah jurusan yang mempelajari segala bentuk komunikasi visual seperti gambar, warna, atau bagian-bagian dari grafis yang lainnya. Selain itu, jurusan desain grafis juga membawamu untuk mempelajari mengenai bentuk, konsep, hingga komposisi dari sebuah karya komunikasi visual. Kamu juga nantinya akan menggunakan beberapa aplikasi atau software untuk kebutuhan desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe XD, Figma, dan yang lainnya.

Pelajaran di Jurusan Desain Grafis

Di jurusan desain grafis, kamu akan belajar mengenai dasar-dasar desain grafis terlebih dahulu di tahun pertama perkuliahan. Biasanya dasar-dasar desain ini disebut dengan design fundamentals yang mempelajari mengenai elemen dan prinsip desain. kamu juga akan mempelajari mengenai proporsi, ritme, penekanan, serta banyak hal lainnya dari suatu gambar atau susunan gambar.

Selain mengenai gambar, kamu juga akan mempelajari mengenai sejarah gambar dan seni, tipografi, User Interface dan User eXperience(UI/UX) Design, Single dan Multi Page Design, dan lain-lain. Bahkan kamu juga bisa belajar mengenai materi seputar periklanan seperti komunikasi visual periklanan, narasi visual, dan lain sebagainya.

Jurusan Desain Grafis

Jenis Pekerjaan Para Lulusan Desain Grafis

Berikut beberapa pekerjaan yang biasanya dikerjakan para lulusan dari jurusan ini:

  • Desainer grafis

Sesuai dengan nama jurusannya, desainer grafis merupakan jenis pekerjaan yang bisa dilakukan saat sudah lulus nanti. Dalam pekerjaan ini biasanya kamu akan mengerjakan kebutuhan grafis yang dibutuhkan oleh perusahaan seperti logo, simbol, desain geometris, dan kebutuhan grafis lainnya. Kemampuanmu dalam menggunakan program desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Indesign, dan sejenisnya akan dibutuhkan untuk jenis pekerjaan ini.

  • Web Designer

Hampir setiap perusahaan memiliki website untuk menyebarkan informasi mengenai perusahaan tersebut. Oleh karena itu pekerjaan web designer sangat dibutuhkan untuk membuat tampilan website tersebut semakin menarik untuk dibaca. Program atau aplikasi yang digunakan dalam deasin ini antara lain, Adobe XD ataupun Figma. 

  • Ilustrator

Pekerjaan ini membuatmu menghasilkan ilustrasi yang dibutuhkan oleh klien, biasanya hasil kerjanya digunakan untuk menyampaikan informasi yang dikemas dengan visual yang lebih menarik sehingga membuat banyak orang ingin melihatnya.

  • Art Director

Di dalam sebuah acara atau kegiatan, biasanya akan membutuhkan banyak karya-karya visual yang ingin ditampilkan dalam tata letak kegiatan tersebut, sehingga dibutuhkan seseorang untuk mengarahkan segala sesuatu yang berhubungan dengan tujuan kreatif tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan art director yang bisa membuat semuanya bisa berjalan dengan baik.

  • Creative Director

Biasanya jenis pekerjaan ini dibutuhkan agar para karyawan di divisi kreatif tersebut bisa memenuhi target serta sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh klien.

Bagi kamu yang semakin tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai desain grafis, kamu bisa cek website kami karena kami memiliki banyak program yang bisa kamu ikuti untuk bisa lebih menguasai bidang desain grafis. Salah satunya, kamu bisa belajar mengenai Digital Design & Illustration. Selain itu juga ada banyak lagi program yang bisa kamu ikuti, jadi jangan sampai ketinggalan info program-program kami, ya!

JOIN NOW!

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree