Blog

BAGIKAN

Fotografi dan Desain Grafis: Hubungan dan Pentingnya dalam Dunia Digital

Fotografi dan desain grafis

Fotografi dan desain grafis memiliki titik temu dalam kreativitas visual. Lalu, apa hubungan antara keduanya dan pentingnya fotografi dan desain grafis dalam dunia digital? Fotografi adalah cara untuk menghasilkan foto dari objek atau subjek melalui pantulan cahaya yang mengenainya. Dalam konteks yang lebih filosofis, fotografi adalah melukis dengan cahaya. Sementara itu, desain grafis adalah bentuk komunikasi visual yang memanfaatkan gambar sebagai media penyampaian pesan. Pesan dalam desain diolah seefektif dan sesederhana mungkin.

Hubungan Fotografi dan Desain Grafis

Fotografi kini menjadi elemen penting dalam berbagai aspek, tidak hanya terkait kamera dan gambar semata. Fotografi juga berperan dalam membentuk komunikasi visual tentang produk, merek atau layanan yang ditawarkan kepada target pasar.

Oleh karena itu, fotografi dan desain grafis memiliki hubungan erat. Fotografi Banyak digunakan untuk strategi komunikasi iklan, karena penggunaan fotografi pada media promosi harus selalu bersinggungan dengan target pasar atau audiens.

Hubungan fotografi dan desain grafis tidak hanya terbatas pada fotografi produk. Genre fotografi lain seperti fotografi jurnalistik juga berguna untuk memberikan nuansa dan karya desain grafis.

Strategi penggunaan iklan atau promosi dalam teknik fotografi yang digunakan untuk menyampaikan pesan disebut AISAS (Attention, Interest, Search, Action, and Share). Pendekatan ini dilakukan dengan membiasakan target audiens untuk merespons suatu produk, merek atau layanan, yang kemudian akan dibeli dan dibagikan ke media sosial mereka.

Fotografi dalam Desain Grafis

Fotografi merupakan elemen utama dalam desain. Desain grafis dibuat untuk menyampaikan pesan, biasanya untuk promosi produk perusahaan atau kampanye sosial.Dalam membuat desain grafis, fungsi fotografi sangat penting. Penggunan foto sangat diperlukan dan bahkan bisa dikatakan lebih esensial untuk menyampaikan pesan dengan baik. Beberapa ide desain grafis membutuhkan foto sebagai pendukung komunikasi.

Fotografi dan desain grafis dalam gambar tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap ruang kosong. Keduanya dapat bersatu padu dalam menyampaikan pesan yang paripurna. Fotografi dapat berkomunikasi dan menambah estetika ketika dipadukan dengan desain grafis.

Salah satu contoh bahwa fotografi penting dalam desain grafis adalah pada majalah, surat kabar, atau stok produk. Tampilan visual pada gambar tersebut selalu melengkapi konten secara tekstual dan data teknis.

Fotografer dan desainer harus memperhitungkan foto sebagai elemen dalam komposisi suatu proyek. Oleh sebab itu, maka fotografer dan desainer grafis akan memiliki pandangan tentang kecenderungan gambar, memilih dimensi, lebar, dan tinggi yang dengan kebutuhan desainer grafis.

Fotografi dan desain grafis

Pentingnya Desain grafis dan Fotografi dalam Dunia Digital

Dalam dunia digital, perkembangan berbagai bidang ilmu baru merupakan suatu keniscayaan. Peluang yang dimiliki sektor komunikasi dan penyiaran ini tentu membutuhkan sumber daya manusia baru dengan keterampilan profesional yang khusus.

Fotografi dan desain grafis menjadi salah satu media komunikasi visual yang dibutuhkan dalam produksi konten di dunia digital. Visualisasi grafis yang tertuang dalam bentuk flyer, brosur, pamflet baik online maupun offline tentu, akan menarik perhatian orang sehingga pesan bisa tersampaikan dengan baik.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan engagement atau tingkat interaksi yang tinggi dan juga membuat produk yang sedang dipasarkan mendapatkan penerimaan pasar, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Keterampilan komunikasi dalam ruang lingkup fotografi dan desain grafis adalah peluang besar yang sayang untuk dilewatkan. Konten visual akan menjadi lebih baik jika dibantu dengan teknik fotografi dan desain grafis profesional, yang juga harus didukung dengan penguasaan software tertentu.

Demikian adalah artikel tentang fotografi dan desain grafis serta hubungan di antara keduanya. Fotografi dalam dunia desain grafis adalah unsur penting untuk mendukung pesan.Jika pesan visual didukung oleh foto yang sesuai dengan target pasar, fotografi bisa menjadi elemen yang menguatkan sebuah desain grafis. Contohnya dalam sampul majalah, koran, dan beberapa iklan visual, kebanyakan mereka akan menggunakan fotografi untuk menambah daya tarik pesan.

Ingin berkarier sebagai Desainer Grafis? Yuk Kuliah di IDS! Kenapa IDS? karena IDS merupakan salah satu sekolah design terbaik dengan lulusan-lulusan berkualitas skala internasional. Melalui program Digital Design and Illustration, mahasiswa akan dibimbing untuk dapat mengintegrasikan pola pikir kreatif, estetika desain, membuat ilustrasi, serta strategi komunikasi.

Fokus pembelajaran meliputi desain untuk kebutuhan media komunikasi berbasis cetak maupun digital. Mahasiswa juga akan dibekali kemampuan memahami kebutuhan bisnis agar siap bekerja di industri kreatif maupun startup. Perkuliahan disini hanya berlangsung selama 20 bulan dan nantinya mahasiswa bisa lanjut International Pathway untuk mendapatkan gelar Bachelor di Australia atau UK. Tertarik? Kamu bisa kunjungi website IDS di sini (bit.ly/PendaftaranKuliahIDS)

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer