Blog

BAGIKAN

Ide Desain Presentasi Kreatif untuk Presentasi yang Menarik

presentasi

Presentasi telah lama digunakan sebagai salah satu metode untuk menyampaikan ide-ide terkait dengan bisnis. Mereka merupakan bagian krusial dari proses penjualan dan komunikasi bisnis. Selain harus memiliki kemampuan retorika, desain tampilan presentasi juga mengambil porsi besar yang dapat menentukan citra perusahaan kamu secara eksplisit.

Karena itulah kamu harus menemukan keseimbangan antara desain presentasi dengan informasi yang akan disampaikan di dalamnya. Artikel ini hadir untuk membantu kamu mengulas ide-ide desain presentasi kreatif yang dapat kamu gunakan agar presentasi kamu tampil menarik dan menyenangkan bagi audiens.

presentasi

Tautkan Tipografi Dengan Topik Presentasi

Coba cara ini untuk menarik perhatian. Visual yang selaras dengan teks akan meningkatkan penyampaian pesan dalam presentasi. Kamu dapat mengambil contoh, misalnya dengan kata-kata kencan untuk remaja. Kombinasikan kata-kata tersebut dengan font yang tepat untuk membangun suasana tertentu. Pendekatan yang tidak biasa ini dapat mengesankan audiens kamu.

Gunakan Vintage

Ide kreatif lain yang bisa kamu coba adalah vintage. Vintage tidak harus digunakan dalam presentasi bertemakan sejarah, namun tentu saja visual semacam vintage harus disesuaikan dengan keseluruhan topik dan tema presentasi. Kamu dapat mencoba menerapkan visual vintage dalam tipografi, warna, foto lama, dan lain sebagainya.

Elemen Crafty dan Ripped Paper

Detail visual juga memiliki pengaruh untuk menciptakan suasana hati yang sesuai untuk topik presentasi. Elemen kertas ripped dan crafty dapat memberikan kesan santai dan menyenangkan sehingga terciptalah perasaan kedekatan dalam presentasi. Visual dengan elemen ini bisa jadi tidak sesuai dengan budaya perusahaan yang formal, tetapi kamu tentu dapat menyesuaikannya sendiri untuk menimbulkan efek positif kepada audiens.

Ilustrasikan dengan Paper Cut-out dan Kolase

Ide kreatif lain adalah penggunaan gambar dari paper cut-out dan kolase. Teknik ilustrasi ini lebih elegan dan memungkinkan untuk menarik audiens yang lebih beragam. Kamu dapat menerapkannya menggunakan gambar, bentuk, atau tipografi yang dibuat dengan teknik paper cut-out. Kamu juga bisa mengambil langkah praktis dengan mencari ilustrasi dengan teknik ini dari internet.

Populerkan Surealisme

Surealisme merupakan aliran seni yang muncul pada awal abad ke-20 dengan tampilan representasi alam bawah sadar manusia. Ini mungkin saja dapat menjadi sumber ide yang bagus untuk presentasi. Kamu dapat membangkitkan imajinasi audiens melalui gambar yang tidak biasa. Ini akan menarik perhatian mereka untuk mendengarkan cerita yang akan disampaikan.

Claymation

Video dan animasi tentu saja bisa kamu manfaatkan untuk menghidupkan presentasi. Salah satu trik yang terkenal dan relevan adalah claymation. Claymation merupakan stop motion yang menggunakan bahan tanah liat untuk membuat objek dalam fotonya. Tanah liat merupakan material yang mudah dibentuk sehingga cocok bagi kamu untuk menciptakan bentuk apapun dengan kreativitas tanpa batas yang kamu punya. Di sisi lain, teknik ini menyita banyak waktu, tetapi kamu bisa menyerahkannya kepada animator professional.

presentasi

Stop Motion

Stop Motion merupakan jenis yang lebih luas dari claymation. Secara umum, stop motion merupakan teknik pembuatan animasi dengan potongan-potongan gambar yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu gerakan hingga cerita. Seperti claymation, teknik ini membutuhkan waktu dalam proses pembuatannya, namun teknik ini juga memungkinkan kamu untuk menentukan situasi apapun menggunakan karakter dan objek, serta menghidupkan teks dan judul yang dianimasikan.

Motion Graphics

Jika kamu menginginkan presentasi untuk audiens khusus dengan gaya visual yang enerjik, maka motion graphics merupakan pilihan yang bagus. Motion graphics dapat kamu gunakan dalam brand storytelling dan setiap gerakan didalamnya dapat merepresentasikan citra tertentu dari perusahaan.

Isometric Design

Gunakan isometric design untuk mengilustrasikan ide kamu dengan cara unik. Isometric design merupakan metode pembuatan objek 3D dalam teknik 2D, sehingga akan memungkinkan menjelaskan dan menggambarkan ide-ide kamu yang kompleks. Kelebihan penggunaan isometric design ini cocok untuk topik presentasi apapun.

Jadi, itulah ide-ide desain presentasi kreatif yang dapat membawa presentasi kamu naik level. Jangan pernah takut untuk berkreasi dan berpikir di luar kebiasaan. Tetapi jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan topik presentasi dan citra perusahaan kamu, ya! Selamat mencoba.

 Sumber: explain.ninja

2023_IDS EDU Seminar_2-2_1080x1350
Fast Track to International Degree