Blog

BAGIKAN

Industri Desain Grafis: Perjalanan Nostalgia dan Evolusinya

Industri desain grafis merupakan salah satu industri tertua di dunia yang telah berkembang sejak ribuan tahun lalu ketika manusia gua menggambar di gua, dinding, dan bebatuan. Industri ini sangat penting bagi kehidupan kita karena desain grafis hadir di mana-mana, dari apa yang kita kenakan hingga apa yang kita lihat di sekitar kita. Tanpa industri desain grafis, dunia kita tidak akan seindah dan semenarik sekarang.

Pada tahun 1922, William Addison Dwiggins, seorang desainer tipe Amerika, ahli kaligrafi, dan desainer buku adalah orang pertama yang menyebut “Desainer Grafis”. Dia juga menciptakan istilah “Desain Grafis” untuk menggambarkan seni mendesain dengan grafis. Namun, desain grafis mulai berakar pada tahun 1440 setelah penemuan mesin cetak.

Pada era 90-an, desain grafis menjadi waktu untuk bereksperimen dengan seni dan desain dengan begitu banyak penemuan memperluas kehadirannya. Sejak itu, evolusi perlahan berubah menjadi apa yang kita lihat sekarang di dunia desain grafis.

Pada awal era modern yang kita kenal sebagai abad ke-20, teknologi telah berkembang menjadi kemampuan baru. Dinasti lengkap abad ke-19 telah memperkenalkan kemajuan teknologi dan ini dieksploitasi untuk tujuan yang lebih artistik. Industri desain grafis menjadi semakin maju dan berkembang seiring dengan perkembangan teknologi.

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi telah membuat desain grafis semakin mudah dan efisien. Desainer grafis sekarang dapat membuat karya seni mereka dengan lebih cepat dan lebih akurat daripada sebelumnya. Namun, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, industri desain grafis di masa depan kemungkinan akan mengalami banyak perubahan.

Perkembangan Awal dalam Periklanan dan Branding

Pada awalnya, periklanan dan branding mengandalkan tipografi disko abad awal, gambar ikonik gaya kartun, lonceng dasar, dan tulisan neon sebagai elemen utama. Namun, pada awal abad ke-20, poster menjadi bentuk ekspresi yang paling populer dalam iklan dan branding. Poster-poster tersebut dicetak dengan menggunakan jenis kayu besar dan digunakan secara luas untuk mengiklankan moda transportasi, hiburan, dan barang-barang manufaktur baru.

Sebagai hasilnya, para pendiri huruf mulai mengembangkan jenis huruf yang lebih besar untuk digunakan dalam pengumuman yang dipasang dan juga menginovasi tipografi baru seperti sans serif, slab serif, dan desain dekoratif.

Pada tahun 1903, printer litograf offset ditemukan, sehingga pencetakan dapat dilakukan pada hampir semua permukaan. Proses litografi sendiri telah ditemukan sejak tahun 1790-an oleh Aloys Senefelder dari Bavaria, dan versi warnanya yang disebut kromolitograf banyak digunakan pada paruh kedua abad ke-19. Hal ini mengubah tampilan kemasan tempat barang yang diiklankan dijual.

Penemuan Beberapa Platform Visual dan Seni

McCann, sebelumnya dikenal sebagai McCann Erickson, adalah agensi periklanan pertama di Kota New York yang didirikan oleh Alfred Erickson pada tahun 1902. Kemudian, dengan membuka kantor di Eropa pada tahun 1927, Amerika Selatan pada tahun 1935, dan Australia pada tahun 1959, menjadi salah satu agensi periklanan global pertama dengan memiliki kantor di 120 negara hingga saat ini. Begitu juga, Wiener Werkstatte adalah komunitas produksi seni visual pertama di Wina, Austria, yang menggabungkan beberapa seniman yang bekerja di bidang keramik, mode, dan seni grafis pada tahun 1903 oleh Koloman Moser dan Josef Hoffman. Ini juga merupakan saat di mana sekolah desain grafis pertama didirikan di Jerman pada tahun 1919 yang disebut Bauhaus. Bauhaus menjadi kekuatan sentral untuk mempopulerkan gaya modernis dalam kerajinan dan seni rupa. Setelah seratus tahun, desain Bauhaus terus menginspirasi seniman, desainer grafis, dan arsitek di seluruh dunia.

Kehadiran Gaya Art Deco

Industri desain saat ini mencerminkan pengaruh seni visual yang luar biasa dari salah satu dekade penting dan menarik pada era 90-an. Salah satu gaya seni modernis yang sangat populer adalah Art Deco. Gaya ini pertama kali muncul di Prancis dan semakin populer di kalangan seniman hingga menjadi salah satu gerakan desain internasional pertama yang diterapkan pada bangunan, karya seni, poster, dan interior.

Para seniman desain poster dengan antusias menyambut gaya desain glamor ini untuk membuat tata letak grafis yang kuat dengan palet warna yang kaya. Namun, sekitar tahun 1930-an, palet warna yang kaya pada gaya Art Deco digantikan dengan nada yang lebih tenang.

Munculnya Gerakan Seni Rupa Modern

Pada masa setelah Perang Dunia II, desain glamor mulai ditinggalkan dan digantikan oleh bentuk seni yang memotivasi. Seniman propaganda Soviet terinspirasi oleh gaya seni Art Deco dan Konstruktivisme, yang menekankan bahwa seni harus memiliki makna sosial. Gaya ini menciptakan beberapa desain yang paling menarik pada periode tersebut.

Ilustrasi realistis dengan tata letak yang tidak teratur, palet warna minimal yang berakar ke tanah dengan sapuan kuas yang terlihat, bentuk seni yang cerdas, dan warna yang kaya semuanya muncul sebagai lapisan perak di tengah kegelapan masa perang. Iklan komersial juga menyaksikan beberapa ilustrasi ceria untuk memberikan rasa kemudaan dan kegembiraan dalam bentuk seni.

Kelahiran Budaya Pop

Waktu dimana individu mulai mengekspresikan pandangan mereka melalui musik, seni, dan fashion disebut sebagai kelahiran budaya pop. Era ini menjadi awal dari budaya pop dan gerakan sosial yang muncul. Fotografi menjadi pilihan teratas dalam desain majalah dan iklan selama periode ini, sementara ilustrasi mengambil kursi belakang sepanjang tahun 1970-an. Selama periode ini, gaya tipografi revolusioner dengan efek tiga dimensi pada kata-kata muncul dan mendorong batas tampilan yang lebih bergaya retro. Tahun 1970-an juga menyaksikan beberapa tren budaya yang muncul, seperti Punk, Disco, dan gerakan hippy. Sementara tahun 1980-an membawa tren ke depan dan lebih memperbesar-besarkannya.

Debut Teknologi Desain Digital

Pada tahun 1984, pasar komputer pribadi menyaksikan debut dari MAC sebagai komputer pribadi pertama dengan antarmuka pengguna grafis, layar bawaan, dan mouse, yang disebut sebagai Apple Macintosh. Pada tahun 1985, John Warnock dan Charles Geschke dari Adobe Systems menciptakan bahasa pemrograman PostScript untuk mengontrol perangkat output seperti printer laser. Pada era 90-an, Photoshop versi pertama 1.0 diperkenalkan pada layar. Munculnya Photoshop pada tahun 1990 meningkatkan kemampuan desainer untuk lebih bereksperimen dengan desain baru dan memanipulasi foto dengan lebih mudah daripada sebelumnya.

Selain itu, di waktu yang sama pada tahun 90-an, Tim-Berners Lee mengembangkan konsep World Wide Web bersama dengan HTML dan mengimplementasikan komunikasi pertama yang sukses antara klien dan server Hypertext Transfer Protocol (HTTP) melalui internet. Perkembangan teknologi desain digital memberikan pengaruh besar terhadap dunia desain, memperkenalkan kemampuan baru untuk desainer dan memudahkan mereka dalam bereksperimen dan memanipulasi karya mereka. Ini mengarah pada pengembangan industri kreatif yang lebih besar dan membuat desain menjadi lebih mudah diakses oleh orang-orang dari berbagai latar belakang.

Industri Desain Saat Ini

Meskipun teknologi desain digital telah dimulai pada abad ke-19, pada abad ke-20 teknologi ini semakin berkembang pesat dan memberikan pengaruh signifikan pada industri desain. Di awal tahun 2000, teknologi desain yang dibantu komputer semakin berkembang sehingga desainer tidak lagi dapat bekerja secara terpisah dari teknologi tersebut. Abad ke-20 juga mempengaruhi perubahan sosial dan politik yang belum pernah terjadi sebelumnya. Contoh dari pengaruh ini adalah poster Harapan yang dibuat oleh Shepard Fairey untuk kampanye kepresidenan AS tahun 2008.

Logo desain juga menjadi lebih populer setelah merek seperti Google, Facebook, dan Twitter menetapkan identitas ikonik mereka dengan desain logo. Desain menjadi lebih fokus dengan banyak pemikiran di balik setiap keberhasilan atau kegagalan bisnis adalah identitas logo merek yang ditetapkan. Ilustrasi juga mengalami revolusi dalam desain modern, di mana desain datar dan ilustrasi digital berkembang sebagai bentuk seni segar dalam dunia desain grafis.

Situs web juga semakin responsif terhadap perangkat seluler, dan penggunaan ikon dan video datar di seluruh saluran pemasaran menjadi tren baru dalam industri desain saat ini. Hal ini mencerminkan pentingnya adaptasi dengan perubahan teknologi dan tren pasar.

Dalam industri desain saat ini, terdapat perhatian yang lebih besar pada pengalaman pengguna, terutama di era digital. Desainer berusaha untuk membuat desain yang menarik dan mudah digunakan oleh pengguna. Desain juga semakin diintegrasikan dengan teknologi seperti kecerdasan buatan dan realitas virtual, sehingga menciptakan pengalaman yang semakin menarik bagi pengguna.

Ketika kita melihat industri desain saat ini, terdapat berbagai faktor yang mempengaruhinya seperti teknologi, tren pasar, dan pengalaman pengguna. Dengan perubahan yang terjadi, desainer harus terus beradaptasi untuk menciptakan desain yang inovatif dan efektif.

Tren Desain Grafis 2023

Pada tahun 2023, tren desain berkembang dengan pesat. Dunia digital yang terus berubah mempengaruhi tren desain yang mengikuti perubahan tersebut. Beberapa tren desain terbaru yang perlu diperhatikan antara lain warna berani, tipografi dinamis, minimalisme, getaran retro, dan ilustrasi kustom.

Pada masa lalu, desain web lebih sering menggunakan warna-warna netral yang tidak terlalu mencolok. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, desainer mulai menggunakan warna yang berani dan cerah. Tren ini akan terus berlanjut pada tahun 2023, dengan penggunaan palet warna tebal yang memadukan nuansa dan gradien yang tidak terduga, serta overlay warna cerah dan sorotan teks.

Tipografi juga menjadi elemen penting dalam desain, dan pada tahun 2023, desainer akan mendorong batasannya dengan tipografi kreatif. Berbagai tipografi dinamis yang bergerak, menjiwai, dan berinteraksi dengan pengguna akan semakin populer. Tren ini mencakup tipografi dengan efek 3D, font khusus, dan tipografi yang merespons tindakan pengguna. Tipografi dinamis dapat menciptakan rasa gerakan dan energi, yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan menciptakan kesan yang tak terlupakan.

Minimalisme menjadi tren desain yang populer selama bertahun-tahun dan tidak akan hilang dalam waktu dekat. Konsep minimalisme melibatkan penggunaan desain yang sederhana dan bersih, berfokus pada fungsionalitas dan kegunaan. Desain minimalis cenderung menghilangkan elemen yang tidak perlu, sehingga menciptakan desain yang menarik secara visual dan mudah dinavigasi.

Desain retro yang membangkitkan nostalgia juga akan semakin populer pada tahun 2023. Tren ini mencakup desain yang menarik inspirasi dari tahun 70-an, 80-an, dan 90-an, menampilkan warna-warna berani, tipografi vintage, dan grafik yang menyenangkan. Desain retro menciptakan rasa keakraban yang menghibur dan menarik bagi pengguna.

Ilustrasi khusus juga menjadi tren desain yang semakin populer di web. Ilustrasi khusus dapat menambahkan sentuhan unik dan pribadi pada desain dan dapat digunakan untuk menyampaikan ide kompleks dengan cara yang sederhana dan menarik. Harapkan untuk melihat ilustrasi khusus yang ceria, penuh warna, dan sangat detail, serta ilustrasi yang menggunakan garis dan bentuk tebal.

Tren desain terus berkembang dan mengikuti perubahan dunia digital. Pada tahun 2023, desainer akan terus mendorong batasannya dalam menciptakan desain yang menarik secara visual dan sangat fungsional, dengan mengikuti tren desain terbaru seperti warna berani, tipografi dinamis, minimalisme, getaran retro, dan ilustrasi kustom. Oleh karena itu, kita harus terus mengikuti perkembangan tren desain terbaru agar dapat menciptakan desain yang modern dan up-to-date.

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang desain grafis dan ingin mengembangkan keterampilan di bidang ini atau sedang mencari sekolah desain? IDS | International Design School dapat menjadi pilihan yang tepat. IDS menawarkan program Digital Design & Illustration yang mencakup desain grafis, desain produk, dan lainnya. Kunjungi situs web IDS untuk informasi lebih lanjut dan daftarkan dirimu untuk memulai perjalanan menuju karier di dunia desain!

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer