Blog

BAGIKAN

Ingin Belajar dan bekerja di UK? Berikut Ini Syarat dan Jenis Pekerjaan yang Bisa Dilakukan

Ingin Belajar dan bekerja di UK

Salah satu cita-cita anak muda Indonesia adalah mendapatkan fasilitas pendidikan terbaik, meskipun harus mencarinya di luar negeri. United Kingdom merupakan opsi yang biasa dipilih oleh para pelajar. UK menawarkan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus berkualitas unggul.

Bagi mahasiswa Indonesia, belajar di luar negeri termasuk UK membutuhkan biaya yang sangat besar. Oleh karena itu, mereka biasanya mengakali mahalnya biaya tersebut dengan bekerja. Di UK, Kamu akan bisa memiliki kesempatan untuk mengembangkan sejumlah keterampilan kerja.

Berbagai macam pekerjaan paruh waktu bisa kamu temukan di sini. Selain itu, kamu juga akan dimudahkan jika universitasmu mempunyai pusat karier khusus yang dapat mengarahkan mahasiswanya untuk mendapatkan pekerjaan setelah belajar. Jika kamu ingin belajar dan bekerja di UK, maka berikut ini adalah syarat dan jenisnya.

Syarat Bekerja di Inggris

Bagi mahasiswa bukan dari Eropa yang ingin bekerja di UK harus memenuhi beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Kamu perlu memiliki Tier 4 (General) Student Visa untuk bisa bekerja di UK. Visa tersebut bisa kamu pakai untuk mengambil pekerjaan paruh waktu sampai 20 jam selama kuliah dimulai.

Bahkan, kamu juga bisa bekerja secara penuh waktu ketika liburan kuliah. Berikut ini adalah beberapa persyaratan umum bagi kamu yang memegang visa Tier 4 (umum) atau tier (anak) untuk bisa bekerja selama menjalankan studi di Uk:

  1. Belajar di lembaga pendidikan tinggi yang didanai publik.
  2. Sedang menempuh program studi luar negeri jangka pendek dengan lembaga pendidikan tinggi di luar negeri.
  3. Berusia di atas 16 tahun
  4. Sedang mempelajari kursus di tingkat NQF 6 ke atas.

Jika kamu mengambil program lecel sarjana atau master, tidak termasuk Program Fondasi, maka kamu bisa mengambil pekerjaan paruh waktu sampai 10 jam ketika kuliah dan bekerja penuh ketika liburan.

Meskipun demikian, jika di dalam kartu identitas kamu tertulis ‘No Work’ atau ‘Work Prohibited’ artinya, kamu tidak diperkenankan untuk bekerja di UK. Jika tetap bekerja, maka kamu dianggap melanggar hukum.

Jenis Pekerjaan Paruh Waktu dan Sektornya

Kamu yang ingin kuliah sekaligus bekerja di UK bisa bekerja apa saja selain menjalankan bisnis, wirausaha atau mengambil pekerjaan permanen. Selain itu, kamu juga tidak diperkenankan untuk bekerja sebagai profesional seperti olahragawan dan entertainer dengan menggunakan visa pelajar.

Ingin Belajar dan bekerja di UK

Upah rata-rata untuk mahasiswa yang bekerja paruh waktu di UK adalah US$ 11.60 per jam. Adapun beberapa pekerjaan paruh waktu untuk mahasiswa internasional yang terbagi menjadi beberapa sektor seperti:

1. Brand Ambassador

Sektor pekerjaan pertama yang dapat kamu ambil adalah sebagai brand ambassador. Biasanya, universitas akan memilih beberapa mahasiswa untuk mewakili brand mereka untuk menjalankan beberapa event promosi dan beberapa acara lain. Tujuannya adalah untuk mengenalkan brand mereka ke mahasiswa lainnya.

2. Guru Privat

Kamu juga bisa bekerja sebagai seorang guru privat kepada mahasiswa lain. Cara ini cukup populer dilakukan oleh mahasiswa yang mempunyai skill bahasa asing yang lebih baik.kamu bisa mempromosikannya secara mandiri atau ikut agen yang dapat mempekerjakan mahasiswa seperti agen Bright Young Things.

3. Pertukangan

Selanjutnya, sektor yang bisa kamu manfaatkan untuk kuliah sekaligus bekerja di UK adalah sektor pertukangan. Kamu bisa melakukan pekerjaan seperti mengecat, berkebun, menjadi tukang bersih-bersih, dan lain-lain. Kamu biasanya akan dibayar lebih murah seperti 12.45 sampai 20 USD.

4. Keahlian Khusus

Jika kamu memiliki keahlian khusus maka pekerjaan ini sangatlah cocok. Kamu bisa mengambil proyek sambilan untuk mendapatkan pengalaman di bidang yang kamu kuasai. Jenis pekerjaan seperti ini biasanya akan tersedia di bursa kerja online seperti studentgems.com. Selain itu, kamu juga bisa mencari peluang pada sektor ini melalui papan kerja di universitas.

Demikian adalah syarat dan jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan ketika belajar dan bekerja di UK. Menjadi seorang pelajar di luar negeri memang membutuhkan pengorbanan yang cukup besar untuk bisa memenuhi kebutuhan dan biaya hidup yang relatif lebih mahal di bandingkan di negara sendiri.

Buat kamu yang ingin kuliah di luar negeri khususnya UK tapi dengan waktu yang singkat dan biaya yang lebih terjangkau? IDS | International Design School punya program yang namanya International Pathway Degree lho!

IDS bekerjasama dengan dua instansi pendidikan kreatif ternama di UK, yakni UCA dan Teesside University. Setelah menyelesaikan program College selama 20 bulan, mahasiswa dapat melakukan transfer kredit untuk mendapatkan gelar Bachelor di UK. Program ini memberikan jaminan diterima di kampus UK serta dapat menghemat biaya keseluruhan pendidikan.

Gimana? Tertarik untuk berkuliah di IDS? Kalian bisa cek info selengkapnya di sini (bit.ly/DaftarKuliahIDS)

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer