Blog

BAGIKAN

Ingin Kuliah Jurusan DKV? Kenali Lebih Dulu Prospek Kerjanya

Desain Komunikasi Visual

Kreativitas memang tidak akan pernah ada habisnya. Seiring dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, media penyampaiannya pun juga berkembang. Salah satu jurusan yang mengakomodir kreativitas itu adalah adalah DKV.

DKV atau Desain Komunikasi Visual merupakan jurusan yang banyak belajar tentang konsep komunikasi dan ekspresi kreatif dengan menggunakan elemen-elemen visual. DKV diharapkan bisa mengolah pesan secara menarik, informatif, dan komunikatif sehingga bisa sampai secara efektif.

Jika kamu adalah salah satu siswa yang tertarik untuk masuk ke jurusan DKV, maka simak ulasan sebagai berikut.

Apa itu Jurusan DKV?

DKV adalah cabang ilmu desain yang mempelajari tentang konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual atau rupa. Tujuannya adalah untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu.

Seorang sarjana DKV haruslah bisa menyampaikan pesan tersebut dalam bentuk visual dengan baik. Visual bukan berarti hanya mementingkan estetikanya saja, namun juga dalam sebuah gambar pesan harus sampai secara efektif, informatif, dan komunikatif. Cakupan pekerjaan untuk jurusan DKV juga sangat luas di masa sekarang.

Apa yang Dipelajari di Jurusan DKV?

Seorang mahasiswa DKV pada semester pertama dan kedua, biasanya akan diperkenalkan pada pengetahuan awal yaitu seperti dasar-dasar desain dan seni rupa umum, serta gambar bentuk dua dan tiga dimensi, tipografi, ilustrasi, fotografi, maupun komputer grafis. Selanjutnya mahasiswa pada semester 3 dan 4 akan mempelajari tentang metode dan pemikiran desain, pengembangan media, dunia periklanan dan juga perancangan identitas. 

Tidak hanya pengetahuan yang bersifat teknis, jurusan DKV juga akan memberikan kamu pelajaran tentang psikologi visual, studi tentang teori dan prinsip-prinsip psikologi visual yang diterapkan di bidang visual.

Selanjutnya mahasiswa DKV pada semester 4 ke atas akan lebih ditekankan kepada penggunaan desain secara aplikatif. Mereka akan diajari bagaimana cara membuat desain dalam rangka untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, iklan produk, sampai pada industri kreatif, hingga pembuatan tugas akhir, skripsi ataupun magang

Mengapa Memilih Jurusan DKV?

Untuk memutuskan memilih jurusan DKV, maka berikut ini adalah beberapa alasan yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Hasrat dan Minat

Jurusan DKV sangat cocok untuk kamu yang mempunyai hasrat dan minat di bidang seni dan desain. Jurusan ini memberikan pelajaran dalam dunia desain grafis, fotografi, animasi, tipografi, dan lain-lain.

2. Peluang Karier yang Baik

DKV saat ini juga merupakan lulusan yang sangat dibutuhkan dalam industri kreatif dan media. Oleh karena itu, jika kamu memutuskan untuk masuk dan belajar di desain komunikasi visual ini akan mendapatkan karier yang baik. Juga kemungkinan untuk mengembangkan usaha sendiri atau berwiraswasta juga sangat besar, misal membuat studio desain sendiri ataupun kerja lepas.

3. Keterampilan yang Bermanfaat

Keterampilan yang diajarkan di jurusan DKV akan bermanfaat di kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan memvisualkan ide-ide dalam bentuk gambar, membuat presentasi yang menarik, membuat solusi visual yang dibutuhkan, dan lain-lain.

4. Berkesempatan untuk Berkarya

DKV memungkinkan seseorang untuk bisa berekspresi dan menuangkan kreativitasnya lewat karya desain. Jika kamu adalah orang yang gemar berkarya, maka jurusan DKV akan membantu dan memberikan banyak pengetahuan untukmu.

Desain Komunikasi Visual

Prospek Kerja Lulusan DKV

Jika kamu sudah mantap dan memutuskan untuk masuk ke jurusan DKV, maka berikut ini adalah prospek kerja untuk lulusan jurusan DKV:

1. Studio Desain

Studio desain adalah sebuah perusahaan atau organisasi yang berfokus pada penyediaan layanan desain grafis dan visual untuk klien. Studio biro desain biasanya terdiri dari tim yang terdiri dari desainer grafis, ilustrator, animator, fotografer, dan profesional kreatif lainnya yang bekerja sama untuk menciptakan solusi visual yang efektif dan menarik bagi klien mereka. Mereka dapat melayani berbagai macam klien, seperti perusahaan, organisasi nirlaba, atau individu yang membutuhkan bantuan dalam menciptakan desain untuk identitas merek, materi pemasaran, desain website, dan sebagainya.

2. Biro Periklanan

Karier yang bisa dikejar oleh seorang lulusan jurusan DKV adalah bekerja di periklanan. Kamu bisa meniti karier sebagai desainer grafis, membuat konten ilustrasi, dan juga fotografer. Selain itu jurusan DKV juga bisa menjadi videografer serta animator.

3. Media Massa

Seorang lulusan DKV juga bisa masuk ke industri media. Pasalnya, media massa sekarang membutuhkan ilustrasi foto dalam pemberitaannya, sehingga peran desainer grafis atau fotografer sangatlah penting.

4. Film

  • Bagian seni, artistik dan desain¬†

Production Designer: kepala yang membawahi urusan art, setting dan tampilan dari sebuah film (art department head). Production Designer berkoordinasi langsung dengan sutradara dan sinematografer dalam pengonsepan film yang ingin dibangun. Bertugas untuk mengawasi, mensupervisi dan memberikan arahan mengenai artistik, visual dalam proses pembuatan sebuah iklan atau desain.

Art Director: Art Director dapat dibilang sebagai tangan kanan langsung dari Production Designer, sekaligus yang memberikan arahan dengan bertanggung jawab mengawasi dan menjalankan tim art, konstruksi set dan mendesain scene.

Desainer Set: Mengatur pernak-pernik perlengkapan set dekorasi. Seperti pernak-pernik dekorasi furnitur, gorden, karpet, dan segala sesuatu yang akan terlihat di layar film atau video, termasuk gagang pintu dan paku.

 Illustrator: Menggambar dan membuat sketsa desain representasi visual dari ide yang dibuat oleh production designer.

Graphics Designer: Bertugas menggambarkan representasi visual desain untuk mewujudkan konsep grafis yang sudah dibuat oleh Production Designer

5. Game dan Animasi

Untuk membuat game diperlukan kerja sama antara seorang animator dan desainer grafis, dan pembuat model 2D/3D. Jadi seorang lulusan jurusan DKV bisa mencoba untuk meniti karier di bidang ini.

6. Wirausaha Mandiri

Jika kamu lulusan DKV dan tidak ingin bekerja di tempat lain, maka kamu juga bisa membuka wirausaha mandiri. Namun, kamu perlu mempelajari tentang bisnis dan promosi dengan lebih baik lagi agar ada klien yang mau memakai jasamu.

7. Visual Content Creator

Kalian tahu gak si? Kalau pekerjaan sebagai content creator sekarang ini lagi banyak banget dicari sama banyak brand loh. Dengan adanya banyak aplikasi video seperti Tiktok dan Instagram, banyak brand yang lebih memilih untuk melakukan endorsement via content creator.

Bertugas mengumpulkan ide serta data, kemudian melakukan riset untuk membuat konsep yang akan dijadikan sebuah konten. Setelah itu, mereka akan menciptakan konten yang sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan dalam memenuhi tujuan yang disepakati dari sebuah konten.

8. Organisasi Pemerintah atau Non-Pemerintah

Siapa bilang seorang lulusan DKV tidak bisa menjadi PNS? Saat ini, sudah banyak formasi ASN/PNS yang membidik lulusan DKV untuk mengisi posisi yang membutuhkan kreativitas dari seorang desainer grafis.

Demikian pengenalan jurusan DKV dan prospek kerjanya yang cocok untuk kamu yang memiliki jiwa kreatif. Tentu masih banyak jurusan lain yang bisa membantu mengembangkan kreativitasmu supaya bisa lebih terasah lagi. Oleh karena itu untuk kamu yang sedang mencari jurusan bidang kreatif, kamu bisa sekolah di IDS | International Design School adalah sekolah desain, film, dan animasi dengan pilihan jurusan Digital Design & Illustration, Digital Animation & Games dan Digital Film & Media Production.

Sumber: Ingin Kuliah Jurusan DKV? Kenali Lebih Dulu Prospek Kerjanya

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree