Blog

BAGIKAN

Intip Cara Membuat Film Sederhana yang Praktis dan Murah Tapi Berkualitas

FilmBagi para sineas pemula, mungkin banyak yang penasaran mengenai bagaimana cara membuat film sederhana. Dimulai dengan alat apa yang diperlukan hingga tahap apa saja yang perlu dilakukan cara  untuk membuat film sederhana bagi para pemula. Di artikel ini, kamu akan menemukan jawaban dari rasa ingin tahumu itu.

Alat yang Dibutuhkan

Beberapa alat yang dibutuhkan dan sebaiknya kamu sediakan saat mau mulai membuat film sederhana adalah:

  1. Kamera

Tentu salah satu alat pertama dan paling penting yang sebaiknya kamu sediakan adalah kamera. Banyak jenis kamera yang bisa kamu gunakan karena saat ini sudah banyak kamera yang bisa merekam video dengan kualitas HD. 

  1. Lensa

Selanjutnya, kamu akan membutuhkan lensa untuk melengkapi kameramu. Biasanya para videographer banyak yang memilih kamera DSLR karena membuatmu bisa lebih leluasa berganti lensa sesuai dengan kebutuhan. Lensa juga sangat penting dalam membantu kamera mengambil gambar.

  1. Memory card

Tentu setelah mengambil video kamu membutuhkan memory card untuk menyimpan video tersebut. Oleh karena itu memory card menjadi alat penting yang kamu butuhkan saat membuat film sederhana.

  1. Mic external

Saat shooting dilakukan, kamu akan membutuhkan mic agar suara yang ditangkap oleh kamera lebih jelas. Jika kamu hanya menggunakan mic yang tersedia dari kamera, kualitas yang dihasilkan tidak akan sebagus jika kamu menggunakan mic external.

  1. Tripod

Jika kamu menginginkan gambar yang lebih stabil, maka kamu membutuhkan tripod. Tripod yang bagus untuk digunakan saat pengambilan video adalah tripod yang dilengkapi video head sehingga memudahkan pada saat perekaman gambar. Jangan lupa juga untuk memilih tripod yang memiliki berat lebih besar dibandingkan dengan kamera agar tidak mudah goyang dan lebih stabil.

  1. Filter

Filter sangat berguna dalam mendapatkan depth of field jika kamu merekam di bawah terik matahari. Karena dengan filter, kamu bisa mendapatkan gambar yang terang dan jelas sesuai dengan kebutuhan videomu.

  1. Lighting

Cahaya merupakan faktor penting dalam pembuatan video. Jika kamu merasa bahwa lighting yang biasa digunakan oleh videographer professional terlalu mahal, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan LED.

  1. Clapper board

Saat proses shooting, sebaiknya kamu menyediakan clapper board untuk membantu sinkronisasi gambar dan suara. Selain itu, clapper board juga digunakan untuk memilih dan menandai adegan tertentu selama berjalannya proses produksi. 

  1. Software editing

Setelah mengambil video sesuai yang kamu inginkan, tentu kamu harus melakukan proses editing agar menjadi satu film utuh. Oleh karena itu dibutuhkan perangkat seperti laptop atau PC yang sudah dilengkapi software editing yang mumpuni untuk membuat filmmu menjadi lebih baik.

Film

Langkah Membuat Film Sederhana

Selain alat, ada langkah-langkah yang sebaiknya kamu lakukan untuk membuat film sederhana yaitu:

  1. Fokus pada naskah

Naskah merupakan bagian penting dalam pembuatan film karena naskah berisi semua cerita yang kamu butuhkan dalam filmmu. Fokus dan pelajari naskahmu dengan baik agar proses pembuatan film dapat berjalan dengan baik.

  1. Buat storyboard

Storyboard dibuat sebagai referensi visual film yang akan kamu buat nanti. Kamu tidak perlu khawatir karena tidak perlu pandai menggambar untuk membuat storyboard, yang penting kamu dan semua kru mengetahui posisi karakter dan setting setiap adegan.

  1. Menentukan kru dan aktor

Kru dan aktor merupakan orang-orang yang akan paling sering kamu temui karena kamu akan bekerja bersama mereka terus menerus selama proses shooting berlangsung. Pilihlah dengan bijak agar proses shooting bisa berjalan dengan lancar tanpa masalah yang berarti.

  1. Survey lokasi

Walau pun pemula, kamu tetap harus menentukan dan survey lokasi yang akan kamu gunakan untuk filmmu. Dengan melakukan survey, kamu akan mengetahui medan yang akan kamu temui saat proses shooting berlangsung.

  1. Gladi resik sebelum shooting

Sangat penting untuk melakukan gladi resik sebelum shooting agar kamu tidak membuang-buang waktu saat proses shooting berjalan. Selain itu para aktor pun mengetahui apa yang harus dilakukannya saat shooting nanti.

  1. Buat jadwal shooting

Dengan adanya jadwal shooting, maka proses shooting nanti akan lebih terarah. Walau pun nantinya akan ada penyesuaian, tetapi kamu tetap harus memiliki jadwal agar mengetahui apa yang sudah dan belum kamu lakukan.

Jika setelah membaca artikel ini kamu semakin tertarik dan ingin membuat film sederhana, kamu bisa mengikuti program studi Digital Film & Media Production di IDS | International Design School. Dengan program studi tersebut, kamu akan belajar dengan mahasiswa lain yang sama-sama memiliki ketertarikan di dunia film serta kamu akan diajar oleh para pengajar profesional yang sudah ahli di bidangnya. 

JOIN NOW!

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry