Blog

BAGIKAN

Makin Diminati, Ini Dia Keuntungan Investasi Iklan di Digital Marketing

Digital Marketing Ads

Sebagai pelaku usaha kita bisa merasakan dinamika dunia digital yang terus bergerak tidak pasti. Hal ini membuat membuat pelaku usaha harus mempersiapkan rencana atau strategi digital marketing yang ampuh digunakan untuk segala sesuatu. 

Nah, sekiranya strategi pemasaran apa saja ya yang bisa kita terapkan untuk mengembangkan bisnis yang kita miliki.

Jika kamu ingin menjangkau calon konsumen yang lebih luas maka kamu perlu memahami digital marketing atau pemasaran digital terlebih dahulu. 

Seperti apa sih, digital marketing itu? Dan apa keuntungannya bila kita berinvestasi iklan di digital marketing? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu Digital Marketing

Digital Marketing (Pemasaran Digital) merupakan sebuah kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui media digital. Media digital dapat berupa internet, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari, dan saluran lainnya yang digunakan untuk menjangkau konsumen lebih luas lagi.

Beberapa pakar pemasaran mengatakan jika digital marketing merupakan metode baru yang lebih efisien dalam memahami perilaku konsumen ketimbang pemasaran konvensional.

Keberadaan digital marketing ternyata sangat berbeda dengan internet marketing. Sebab, internet marketing hanya berfokus untuk melakukan iklan di internet, sedangkan media digital marketing lebih luas lagi dapat mencangkup perangkat seluler, melalui video games, atau aplikasi smartphone.

Pentingnya Investasi Iklan di Digital Marketing

Setelah mengetahui apa itu digital marketing, lantas mengapa kamu sebagai pelaku usaha perlu berinvestasi iklan melalui digital marketing? Sederhananya, investasi iklan di digital marketing penting dilakukan untuk mengenalkan merek atau produk kepada masyarakat luas dengan cepat. 

Melalui iklan, suatu produk atau merek akan memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk dapat diingat dalam alam bawah sadar konsumen. Sementara itu cakupan saluran digital sangat lah luas untuk dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen. 

Sekiranya, apa saja kah saluran pemasaran digital yang dapat diterapkan untuk beriklan secara online?

  1. Website Marketing 

Apakah kamu telah memiliki website tersendiri untuk bisnis yang kamu jalankan? Sebagai pelaku bisnis, ternyata perlu lho memiliki situs web untuk bisnis. Situs web bisnis berfungsi untuk membangun kedekatan dengan konsumen, selain itu keberadaan situs web mampu memuat informasi yang lebih lengkap dan dapat dengan mudah ditemukan konsumen. 

Situs web termasuk saluran utama dalam melaksanakan kampanye pemasaran atau beriklan secara online. Agar situs web mudah diingat pengunjung, aspek  merek, produk, dan layanan harus tercantum dalam situs. Situs web juga harus memiliki kecepatan yang baik ketika diakses, ramah kepada perangkat apapun, dan mudah digunakan.

  1. Pay-Per-Click (PPC) Advertising

Saat kamu menggunakan mesin pencari seperti Google, terkadang muncul beberapa iklan terkait di halaman pencarian. Kamu bisa menggunakan metode ini untuk memasarkan produk mu sendiri. 

Namun, cara ini tidak hanya dapat diterapkan di Google saja, kamu juga bisa menggunakan platform digital lainnya seperti Instagram, Bing, Linkedin, Twitter, Pinterest, atau Meta. 

Manfaat dari iklan PPC diantaranya, dapat membuat iklan yang penerimanya telah disesuaikan, mulai dari mengelompokkan pengguna berdasarkan karakteristik demografis (seperti jenis kelamin atau usia) atau menargetkan hanya kepada pengguna yang memiliki minat atau lokasi yang khusus.

Digital Marketing Ads

  1. Content Marketing

Di era ini konten menjadi media yang sangat kuat untuk memasarkan sebuah produk. Sarana dari content marketing dapat berupa blog, infografis, podcast, hingga webinar. Siapapun dapat menggunakan cara ini untuk melakukan pemasaran online. Tujuan dari content marketing adalah menarik, melibatkan, dan mempertahankan audiens dengan membagikan konten yang relevan. 

Bila konten marketing dilakukan dengan benar, konten tersebut dapat menyampaikan keunggulan merek atau produk dan menjelaskan bila perusahaan sangat menghargai konsumennya. Menggunakan content marketing yang konsisten juga akan membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan calon pelanggan maupun pelanggan.

  1. Affiliate Marketing

Sebenarnya affiliate marketing merupakan metode pemasaran yang telah ada sejak lama. Namun, sebab perkembangan teknologi yang semakin pesat melaju, internet menghidupkan kembali model pemasaran ini. Affiliate marketing dilakukan dengan cara memberi komisi kepada orang-orang yang telah mempromosikan produk yang kita miliki. Affiliate marketing dinilai sebagai model pemasaran yang ampuh karena konsumen biasanya lebih mempercayai hasil ulasan konsumen lain. 

Affiliate marketing terbilang mudah dilakukan dan cara kerjanya fleksibel.

  1. Email Marketing

Email menjadi media iklan lainnya yang ampuh. Hingga kini email marketing masih efektif untuk dilakukan, banyak perusahaan-perusahaan besar yang masih menggunakan model pemasaran satu ini. Kamu bisa mengirimkan email kepada konsumen berupa iklan produk atau layanan bisnis. Untuk melakukan metode ini tentu kamu harus memiliki daftar email calon pelanggan, kamu bisa mendapatkannya melalui registrasi oleh pengunjung situs web—misalnya, tentunya mereka telah menyetujui untuk menerima email. Setelahnya, kamu dapat memberi tahu calon pelanggan mengenai produk baru, diskon yang akan datang, atau informasi lainnya yang menarik perhatian.

Sumber: ukmindonesia.id

JOIN NOW!

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree