Blog

BAGIKAN

Jagat Arwah: Nafas Baru Horor Fantasi Perfilman Indonesia

Jagat Arwah

Sebelum mulai memasuki bulan Oktober dan berpesta untuk Halloween, kamu mungkin ingin merayakan penutupan bulan September dengan sesuatu yang segar. Waktu yang tepat bagi kamu untuk menonton film Jagat Arwah!

Film Jagat Arwah merupakan sebuah film horor pertama dari rumah produksi Visinema Pictures yang dikenal telah mengeluarkan berbagai judul film sukses, seperti Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, Mencuri Raden Saleh, dan lain-lain. 

Film Jagat Arwah ini akan memberikan nuansa baru pada perfilman Indonesia dengan tema horor-fantasi petualangan. Film ini rilis tanggal 29 September 2022 dengan Ruben Adrian (Filosofi Kopi) sebagai sutradaranya.

Jagat Arwah menceritakan kisah Raga (Ari Ilham), seorang pemuda yang sedang mengejar impiannya untuk menjadi salah satu pemain band terkenal. 

Namun kemudian Raga dihadapkan pada kematian ayahnya, Sukmo (Kiki Narendra), yang begitu mendadak dan mencurigakan. Hal itulah yang kemudian mendorong Raga untuk menelusuri kehidupannya yang mistis.

Raga kemudian menemukan fakta bahwa dirinya adalah keturunan penyeimbang Jagat Arwah, sekaligus Jagat Manusia yang bergelar Aditya ke-7. Raga harus mempertaruhkan mimpinya demi melanggengkan tradisi keluarga.

Dibantu sang paman, Pak Lik Jaya (Oka Antara), Raga berusaha mengendalikan kekuatan dalam dirinya dan menemui arwah-arwah yang memiliki hubungan dengannya di perjalanan: Nonik (Cinta Laura Kiehl), Kunti (Sheila Dara Aisha), dan Genderuwo (Ganindra Bimo).

Tidak seperti arwah atau hantu dalam film lain yang memiliki tujuan buruk, ketiga arwah dalam film Jagat Arwah justru memiliki hati yang mulia. Mereka membantu Raga untuk menjaga batu jagat, jimat yang dipercaya dapat menyeimbangkan alam manusia dan alam arwah.

Itulah yang membuat film Jagat Arwah istimewa dan berbeda dari film-film horor lainnya.

Sebelum kamu membuktikannya sendiri dengan menonton Jagat Arwah di bioskop terdekat bersama dengan orang kesayangan, simak dulu fakta film Jagat Arwah untuk mengikis sedikit rasa penasaran kamu.

Jagat Arwah

  1. Jagat Arwah mengusung cerita kepercayaan yang melekat di masyarakat

Seperti yang kita ketahui, masyarakat Indonesia mengenal kepercayaan mistis, seperti kehidupan setelah kematian, ilmu yang diwariskan kepada garis keturunan. Hal tersebut melekat kuat dalam kultur di tanah air. 

  1. Menyiratkan Pantangan Pembawa Petaka

Masih terkait dengan fakta pertama, Jagat Arwah juga menyiratkan pantangan, yakni sebuah perbuatan yang harus dihindari. Jika tidak, maka bersiaplah untuk mendapatkan malapetaka.

Pantangan-pantangan tersebut tersirat dalam film di beberapa scene, seperti hubungan menegangkan antara Raga dan ayahnya yang akan membawa ketidakberuntungan di masa depan, kemunculan burung gagak pertanda kabar burung, bersiul di malam hari yang mengundang kuntilanak, dan keluar rumah di malam hari yang akan membuat kita diikuti oleh arwah tak kasat mata.

  1. Film Horor-Fantasi Pertama Produksi Visinema Pictures

Kita telah mengenal rumah produksi Visinema Pictures besutan Angga Dwimas Sasongko. Visinema Pictures sendiri telah mengeluarkan banyak judul film yang sukses di pasaran, seperti Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, Mencuri Raden Saleh, Filosofi Kopi, dan Terlalu Tampan.

Namun film Jagat Arwah merupakan yang pertama dalam mengusung genre film horor sekaligus fantasi digabung dengan petualangan yang menyuguhkan sensasi berbeda dalam setiap alur ceritanya.

  1. Nafas Baru dalam Genre Film Horor-Fantasi di Indonesia

Karena unsur klenik yang tertanam dalam kultur masyarakat, film dengan genre horor masih menjadi genre film favorit masyarakat. Namun Jagat Arwah tidak hanya menyuguhkan genre horor, namun juga fantasi dan petualangan. 

Film ini menyuguhkan efek CGI yang berkelas untuk memaksimalkan genre horor-fantasi petualangan yang diusungnya. Banyak adegan, terutama adegan berkaitan dengan arwah, seperti contohnya Genderuwo terbang, Nonik, dan Kuntilanak disuguhkan dengan apik melalui efek CGI yang memukau.

Tidak percaya? Coba buktikan sendiri dengan menonton film Jagat Arwah yang sudah mulai tayang di tanggal 29 September 2022 ini. Bisa jadi kamu mendapatkan ide mengenai kostum untuk merayakan Halloween nanti!

Sumber: indopos.co.id

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer