Blog

BAGIKAN

Jenis dan Bentuk Gambar Ilustrasi Dalam Dunia Desain Grafis

Gambar Ilustrasi

Gambar ilustrasi adalah salah satu karya seni rupa yang berbentuk dua dimensi, kegunaannya adalah untuk memperjelas maksud dari cerita, berita, ataupun bentuk pesan lainnya. Dengan gambar ilustrasi akan memperkuat, memperjelas, memperindah, mempertegas, dan memperkaya sebuah cerita atau narasi. 

Gambar ilustrasi pun memiliki ciri dan tujuannya masing-masing. Untuk membuat ilustrasi yang baik maka ilustrasi harus dapat merangsang dan membantu pembaca berimajinasi.  Ketika memahami sebuah narasi, disitulah ilustrasi berperan untuk mengembangkan imajinasi. Saat menggambar ilustrasi, beberapa alat yang bisa digunakan berupa pena, pensil, kuas, ataupun tinta. Kemudian, ilustrasi dapat dilengkapi dengan menambahkan arsir dan siluet. Sebelum mulai membuat ilustrasi, yuk kenali jenis-jenis gambar ilustrasi dan bentuk-bentuknya di bawah ini!

Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi

  • Ilustrasi Kartun

Kartun biasanya hadir dalam bentuk animasi, dapat bergaya realis ataupun non realis. Pengertian dari kartun pun mengalami pergeseran. Dulu kartun dikenal dengan ilustrasi yang bentuknya lucu dan penuh komedi, sehingga jenis ilustrasi ini menghibur. Kini pengertian kartun juga merujuk pada rangkaian ilustrasi yang sifatnya satir. Kartun dapat mengambil karakter berupa hewan, benda-benda, hingga tokoh manusia sebagai objeknya. Selain itu, kartun juga bisa tampil dalam dua jenis, hitam putih ataupun berwarna.

  • Ilustrasi Karikatur

Karikatur adalah teknik menggambar yang membuat objeknya tampil secara berlebihan dari objek konkretnya, dapat berupa hewan ataupun tokoh manusia. Karena objek karikatur sengaja dilebih-lebihkan, ilustrasi satu ini terlihat lucu dan unik. Para ilustrator biasa memasukkan unsur kritik terhadap situasi sosial dalam karya karikatur mereka. 

  • Ilustrasi Komik

Komik adalah serangkaian gambar yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Gambar ilustrasi pada komik juga dilengkapi teks atau dialog. Komik dapat berbentuk buku ataupun lembaran gambar singkat (comic strip).

  • Ilustrasi Karya Sastra

Penerapan selanjutnya adalah melalui karya sastra yang berupa cerita pendek, puisi atau sajak. Menambahkan ilustrasi dalam karya sastra dapat menarik minat pembaca, yang juga berfungsi untuk mempertegas isi atau narasi pada teks karya sastra.

  • Ilustrasi Vignette

Vignette adalah gambar ilustrasi yang sifatnya dekoratif. Berfungsi untuk mengisi bidang kosong di antara narasi.

Objek dari ilustrasi dapat berdiri sendiri ataupun gabungan dari berbagai objek yang berbeda. Pemakaian objek disesuaikan dengan tema cerita atau narasi yang telah ditentukan. Berikut objek-objek dari gambar ilustrasi.

Gambar Ilustrasi

Bentuk-bentuk Objek Gambar Ilustrasi

  1. Manusia

Untuk menggambar ilustrasi yang objeknya manusia, maka ilustrator perlu memahami dan menguasai proporsi dan anatomi tubuh manusia. Bagi yang belum tahu, proporsi adalah perbandingan bagian per bagian yang harmonis dan ideal pada tubuh. Sedangkan, anatomi adalah kedudukan susunan tulang dan otot yang menentukan besar kecil, cekung cembung tubuh manusia yang menentukan bentuk keseluruhan tubuh.

  1. Binatang

Binatang memiliki bagian anatomi dengan perbandingan dan ciri khusus ditubuhnya, sebab antara satu binatang dan lainnya tentu tidak memiliki bentuk yang sama. Untuk menggambar objek binatang dapat memulainya dengan membuat garis bantu, yaitu sebuah sketsa berupa elips, kotak, atau lingkaran.

  1. Tumbuhan

Sama seperti binatang, bentuk tumbuhan juga beragam. Kita dapat melihatnya dari proporsi keseluruhan, bentuk cabang atau ranting, bentuk batang, hingga bentuk helaian daun. Ada dua teknik untuk menggambar tumbuhan. Pertama, teknik menggambar yang sederhana, detail tidak begitu ditonjolkan melainkan hanya berupa kesan bentuk dari tumbuhan. Kedua, teknik menggambar yang lebih detail dan cermat, bentuknya lebih mirip dari objek asli.

  1. Benda lainnya

Beragam benda lainnya pun dapat menjadi objek gambar, misalnya benda-benda alam, benda buatan manusia, serta benda-benda imajiner. Umumnya benda digunakan sebagai pelengkap pada ilustrasi.

Setelah mengetahui jenis dan bentuk gambar ilustrasi kini kamu bisa mulai menggambar karya senimu sendiri. Sedangkan, bila kamu masih membutuhkan bimbingan untuk menggambar ilustrasi, kamu dapat mengikuti salah satu program dari International Design School, yaitu Program Digital Design & Illustration. Di program ini siswa tidak hanya diajarkan untuk menggambar sebuah ilustrasi namun siswa juga diajarkan untuk menciptakan ilustrasi atas dasar kebutuhan bisnis. 

Yuk gabung ke IDS untuk pelajari gambar ilustrasi lebih dalam!

Sumber: Jenis dan Bentuk Gambar Ilustrasi

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer