Blog

BAGIKAN

Pahami Jenis-jenis Akting dan Tips UNTUK MEMULAI Profesi Sebagai Aktor

Jenis Akting

Akting sangat penting untuk membuat cerita menjadi spesial dan merupakan salah satu profesi paling terkenal di dunia. Ada banyak jenis akting di berbagai media, termasuk film, teater, video game, dan periklanan. Jika kamu berniat untuk menekuni dunia akting, mengetahui peran apa yang tersedia dapat membuat perencanaan karier menjadi lebih mudah dan dapat membantu kamu menyempurnakan keterampilan. 

Aktor merupakan profesi untuk mengekspresikan atau menggambarkan sebuah karakter atau tokoh. Ini meliputi pertunjukkan televisi atau teater dan juga pengisian suara untuk game, animasi, dan sebagainya.

Macam-macam jenis akting ini memiliki perbedaan mulai dari tugas dan juga syarat-syarat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Mengenali jenis-jenis akting dapat membantu kamu menentukan tujuan karier dan membantu kamu untuk fokus terhadapnya.

Berikut adalah macam-macam jenis akting yang dapat kamu pilih yang paling cocok dengan dirimu saat ini.

Akting Latar Belakang

Akting Latar Belakang dapat diartikan sebagai peran figuran, merupakan tingkatan pemula dalam bidang seni peran. Peran figuran adalah awal yang baik untuk memulai karier akting di layar lebar dan televisi.

Pemeran figuran biasanya membawakan peran tanpa dialog di belakang latar adegan. Setiap orang yang kamu lihat di latar film atau sinetron adalah pemeran figuran. Tugas mereka adalah membuat latar film atau sinetron terlihat dan terasa lebih autentik.

Banyak aktor sukses memulai kariernya sebagai figuran. Pemeran figuran biasanya bekerja dengan asisten sutradara yang akan menginstruksikan bagaimana dan kapan mereka akan muncul di kamera.

Selain mendapatkan portofolio untuk ditambahkan di CV, peran figuran adalah salah satu cara untuk kamu mempelajari industri ini lebih lanjut. Kamu juga bisa memperluas jaringan, berhubungan dengan aktor dan sutradara yang profesional di bidang tersebut. Kamu bisa berkesempatan untuk belajar dari mereka dan mendapatkan peran lainnya.

Film dan Akting Televisi

Peran akting dalam film atau televisi memiliki potensi paling besar dan menguntungkan dalam industri ini. Aktor film dan televisi tingkat atas adalah wajah yang paling dikenal secara global.

Namun peran dalam film maupun televisi memiliki persaingan yang ketat, terutama untuk pemeran utama dalam produksi berskala besar. Penting untuk memiliki agensi yang mewakili kamu untuk memaksimalkan audisi yang kamu ikuti.

Memiliki pengalaman dalam peran lainnya akan bermanfaat jika kamu ingin mendapatkan peran ini. sebab, sebagian besar sutradara lebih memilih aktor yang memiliki rekam jejak akting yang terbukti bisa menghidupkan karakter.

Akting suara

Akting suara merujuk pada penyulihan suara untuk memberikan informasi kepada audiens atau untuk mewakili karakter: karakter animasi, di belakang panggung, di belakang layar, karakter yang tak nampak di berbagai produksi, seperti film, acara televisi, video games, kartun, dokumentari, komersial, audiobook, drama radio dan produksi teater, semuanya adalah contoh dari penyulihan suara.

Meskipun penampilan voice actor kurang akrab dibandingkan dengan aktor film dan televisi, namun aktor sulih suara berbakat berkesempatan meraih popularitas.

Voice akting memerlukan keterampilan khusus yang berbeda dari jenis akting konvensional lainnya. Kamu harus menyampaikan emosi murni mengumpulkan suara daripada mengumpulkan fisik. Kamu melakukan voice akting dalam studio dengan sedikit stimulus untuk membimbing kamu.Penting untuk memiliki imajinasi yang kuat untuk menghayati peran dalam sebuah adegan, seringkali tanpa kehadiran aktor lain.

Voice actor biasanya mengambil lebih banyak peran dibandingkan aktor film dan televisi. Karena lebih sedikit set, memungkinkan kamu menyelesaikan peran lebih cepat dan beralih pada peran lainnya.

Jenis Akting

Iklan bertindak

Commercials actor biasanya berspesialisasi dalam akting untuk iklan. Ini mencakup akting untuk ikan video yang ditayangkan di televisi, platform media daring media sosial. Iklan ini biasanya pendek dan dimaksudkan untuk menyampaikan pesan utama brand.

Peran tersebut membutuhkan keterampilan akting khusus untuk memastikan penyampaian pesan pemasaran yang sangat baik, seringkali lebih banyak mengumpulkan fisik untuk menimbulkan kesan pada audiens dalam jangka waktu yang singkat.

Portofolio dalam akting komersial bisa bermanfaat untuk mengejar jenis akting lainnya, meski sebenarnya kompensasi akting komersial sudah cukup tinggi untuk menjadi profesi yang menguntungkan.

Akting Teater

Akting teater merupakan jenis akting bergengsi dengan sejarah ribuan tahun. Jenis peran dalam akting teater berpotensi menjadi peran yang paling menantang karena membutuhkan hafalan dialog yang ekstensif, durasi berada di atas panggung di depan penonton langsung, serta keterampilan verbal dan fisik.

Aktor teater yang terampil biasanya mengandalkan suara dalam membawakan peran dibandingkan dengan aktor film dan televisi, jadi kreativitas dan kehadiran dalam panggung sangat penting untuk aktor teater.

Jenis akting lainnya bisa digunakan untuk beralih ke jenis akting teater, tetapi cara paling mudah untuk memastikan kamu memiliki keterampilan akting di atas panggung adalah dengan ikut serta dalam pertunjukkan teater skala kecil. Ini bisa dimulai dengan kelompok teater lokal, teater produksi sekolah atau kelas teater.

Tips menjadi aktor

Akting adalah profesi yang sangat kompetitif yang menarik banyak orang ke ketenaran dan pesona yang berpotensi diberikannya. Kamu dapat meningkatkan peluang untuk menemukan kesuksesan dengan menggunakan sejumlah tips penting berikut ini: 

Pahami akting

Banyak orang mengidealkan kehidupan para aktor dan menetapkan ekspektasi yang tidak realistis tentang seperti apa profesinya. Memahami apa yang kamu kejar memastikan bahwa kamu menetapkan target yang realistis untuk diri kamu sendiri dan tidak akan kecewa jika peran tersebut berbeda dari harapan kamu. Ini juga berlaku untuk jenis akting yang berbeda, karena menjadi aktor komersial berbeda dengan menjadi aktor teater. Lakukan banyak penelitian sebelum melakukan karier untuk memutuskan mana, jika ada, sekolah akting yang mungkin menarik bagi kamu.

Intrik publik seputar aktor berarti tidak ada kekurangan wawancara dan biografi yang menguraikan gaya hidup. Baca ini untuk mendapatkan wawasan industri yang berharga. Menghadiri kelas akting dan berpartisipasi dalam produksi lokal juga dapat membantu kamu memahami proses lain yang dilakukan para aktor, termasuk mempersiapkan peran, kostum, tata rias, dan latihan.

Kembangkan keterampilan akting

Yang terpenting, tugas seorang aktor adalah meyakinkan penonton bahwa penampilan mereka otentik. Tidak peduli berapa banyak bakat akting yang kamu miliki, kamu mungkin dapat meningkatkan keterampilan kamu dengan kelas dan bimbingan khusus. Banyak penyedia pendidikan, studio, dan teater menyediakan kelas akting. Mempelajari terminologi dan konsep akting seperti studi adegan, gerakan, suara, dan ucapan juga dapat membuat kamu menjadi aktor yang lebih baik dari perspektif mekanis. Pastikan untuk fokus pada keterampilan yang paling berharga untuk jenis pekerjaan akting yang ingin kamu lakukan. Kesukarelawanan dalam proyek atau produksi dapat memberi kamu pengalaman langsung.

Terlibatlah dengan komunitas

Aktor profesional berkolaborasi dengan berbagai kreatif berbakat, termasuk aktor lain, sutradara, produser, teknisi, dan pemeran pengganti. Masing-masing ahli ini dapat memberikan wawasan berharga tentang bagaimana menjadi aktor yang lebih baik. Kembangkan pola pikir ingin tahu dan keterampilan mendengarkan aktif untuk memanfaatkan setiap waktu yang kamu habiskan di lokasi syuting. Biasanya ada jeda di antara pemotretan, dan ini memberi kamu kesempatan untuk berjejaring dan belajar dari orang lain.

kamu juga dapat menghubungi pakar secara online, menghubungi orang-orang di media sosial, dan menghadiri kesempatan pertemuan dengan profesional akting lainnya di wilayah kamu. Berkomunikasi dapat memberikan tip berharga, meningkatkan jumlah peluang yang kamu miliki, mengajari kamu cara membuat hidup profesional lain lebih mudah dan memberi kamu rasa kebersamaan.

Terlibatlah dalam prosesnya

Terlepas dari mistik seputar akting, ada banyak cara yang dapat ditindaklanjuti untuk memasuki profesi ini dan meningkatkan peluang kamu untuk sukses. Mulailah dengan mengamankan posisi entry-level atau sukarelawan. Akting latar belakang dan pertunjukan teater skala kecil memungkinkan kamu mendapatkan pengalaman produksi langsung dan menambahkan upaya nyata ke CV kamu. kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar dengan mengamati bagaimana aktor berpengalaman memainkan peran mereka.

Teater komunitas lokal sering kali mencari sukarelawan untuk bekerja di belakang panggung. Membantu produksi dengan alat peraga, set, dan kostum memberikan wawasan tentang profesi akting tanpa tekanan untuk berpartisipasi dalam peran akting. Setelah kamu yakin bahwa akting cocok untuk kamu, carilah bantuan dari agen ahli dan bekerja sama untuk memulai karir kamu. Semakin kamu membenamkan diri dalam bisnis hiburan, semakin besar kemungkinan kamu untuk sukses.

Itulah jenis-jenis akting hingga tips untuk menjadi seorang aktor yang dapat kamu pilih jika kamu tertarik berkarier di bidang seni peran ini. Kamu dapat mencobanya sebelum memilih mana yang paling cocok untukmu. 

Sedang mencari kelas akting? Yuk gabung di Workshop Acting: Bisa Acting Siap Casting! Workshop ini bekerja sama dengan Asosiasi Casting Indonesia (ACI). Belajar langsung dari para Casting Director ternama Indonesia, so kamu ga akan cuma jago akting tapi juga punya network baru di dunia perfilman Indonesia. Yuk segera daftarkan dirimu!

sumber: Pahami Jenis-jenis Akting dan Tips untuk Memulai Profesi Sebagai Aktor

JOIN NOW!

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry