Blog

BAGIKAN

Jurusan Animasi Harus Bisa Gambar? Simak Penjelasannya Di Sini!

tablet gambar

Di balik karya film animasi yang keren, tentu ada tangan-tangan kreatif yang bekerja dari nol hingga menghasilkan sebuah film. Jika kamu penggemar film animasi dan bercita-cita ingin menjadi animator, jurusan animasi bisa jadi salah satu pilihan kamu untuk melanjutkan studi.

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, kalau masuk jurusan animasi apakah harus bisa gambar? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kenali lebih dulu tentang jurusan animasi dan kemampuan apa saja yang perlu kamu kuasai. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Tentang Jurusan Animasi

teknologi terbaru dalam dunia animasi

Saat ini jurusan animasi sedang banyak diminati, lho. Bagaimana tidak? Perkembangan industri animasi saat ini juga berkembang sangat pesat. Sehingga peluang kerja setelah lulus juga semakin besar.

Dengan memilih jurusan animasi, kamu akan tahu tentang bagaimana cara dan teknik membuat gambar yang dirancang secara berurutan, sehingga para penonton akan merasakan adanya ilusi gerakan atau motion pada gambar yang ditampilkan.

Yang Kamu Pelajari di Jurusan Animasi

Sekolah animasi di dunia

Di jurusan ini kamu akan belajar tentang cara membuat karakter 2 dimensi, 3 dimensi, dan bisa merancang special effects, membuat storyboard, dan juga mengetahui cara menulis skenario dengan baik.

Selain dapat membuat tampilan visualnya, kamu juga harus bisa mengolah audionya dengan cara menyambungkan sound effects dan mengisi suara karakter yang ada di dalam animasinya. Sehingga kamu juga harus belajar tentang audio dan juga sound effect di jurusan ini secara lebih dalam.

Setelah karya animasi kamu sudah jadi, maka langkah berikutnya yaitu kamu akan belajar tentang bagaimana cara memperkenalkan, memasarkan, dan juga mendistribusikan hasil karya animasi kepada khalayak umum. Menarik ya?

Tools yang Perlu Kamu Siapkan Saat Memilih Jurusan Animasi

Program Studi Animasi

Kalau kamu sudah terbiasa menggambar manual dengan media kertas, di sini kamu akan lebih banyak belajar tentang gambar digital. Ya, sekarang animasi sudah menggunakan teknik menggambar digital, lho.

Oleh karena itu, sebelum berlatih menggambar digital, kamu perlu perlu memiliki tools pendukung seperti Laptop, Wacom atau Pen Tablet. Selain itu, kamu juga perlu berlatih menggambar dengan mencoba berbagai software, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, SAI dan lain-lain.

Kemampuan yang Perlu Dimiliki Saat Memilih Jurusan Animasi

Jurusan Animasi

  • Kemampuan menggambar

Dalam hal ini, kamu tidak harus jago menggambar, tapi paling tidak kamu bisa menggambar. Kamu perlu tahu, menggambar jadi salah satu ujian keterampilan untuk masuk jurusan animasi. Meski begitu, teknik menggambar masih bisa kamu latih terus. Tapi setidaknya kamu sudah punya dasarnya. Gimana? Sudah terjawab pertanyaan di atas tadi, kan?

  • Kreativitas

Sepanjang perkuliahan kreativitas kamu akan diuji dengan berbagai macam tugas tentang animasi, seperti menciptakan tokoh utama, warna dan gaya yang unik dan menarik. Namun kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa terus melatih kreativitas kamu agar semakin berkembang.

  • Berorientasi pada detail

Kemampuan ini perlu kamu miliki karena dalam proses pembuatan animasi biasanya membutuhkan waktu yang panjang. Oleh karena itu, membutuhkan kesabaran, ketelitian dan berorientasi pada detail. Agar selama proses perkuliahan bisa berjalan lancar.

  • Kemampuan menyampaikan pesan

Seperti yang dijelaskan di atas, jurusan animasi juga mempelajari tentang storyboard dan cara menulis skenario. Ini dibutuhkan karena setiap gambar animasi yang dibuat tidak hanya harus menarik, tapi juga harus punya pesan yang penting. Oleh karena itu, kemampuan ini bisa membantu kamu menuangkan pesan dalam sebuah gambar.

Membuat animasi memang tidak sesederhana yang kita bayangkan, kamu harus menguasai berbagai teknik menggambar digital. Tidak perlu khawatir, kamu bisa mempelajari itu semua dengan mengambil program Digital Animation & Games di IDS International Design School.

Program studi di sini akan mengajarkan soal aspek dan teknis dalam proses pembuatan animasi mulai dari konsep gambar, modelling, hingga menghasilkan karya animasi berstandar internasional. Yuk, gabung di sekolah animasi di International Design School!

College Program

Step by Step to Become a Product Designer