Blog

BAGIKAN

5 Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Hobi Menggambar

Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Hobi Menggambar

Saat memilih jurusan kuliah biasanya selalu dikaitkan dengan minat dan bakat sebagai bahan pertimbangan. Dengan mengerjakan suatu hal yang kita sukai, pekerjaan tersebut terasa lebih mudah, sebab kita merasa nyaman saat melakukannya. Kita juga lebih bersemangat dan merasa senang, apalagi saat menghadapi dinamika perkuliahan yang kadang terasa berat. 

Memilih jurusan kuliah berdasarkan hobi juga berarti memperdalam lagi keahlian dan kemampuan kita di bidang tersebut. Selain minat dan bakat, memastikan prospek kerja dari jurusan yang hendak kita pilih juga tidak kalah penting. Nah, jika kamu memiliki hobi menggambar berikut 5 jurusan kuliah untuk kamu yang hobi menggambar dan bisa dijadikan referensi dan prospek kerja.

  1. Animasi

Jurusan animasi adalah pilihan yang baik bila kamu ingin menguasai teknik menggambar, baik karakter dua dimensi ataupun karakter tiga dimensi. Selain mempelajari teori dan teknik membuat animasi 2D dan 3D, jurusan ini juga berfokus mempelajari animasi film, animasi game, dan bidang lainnya yang menggunakan konten animasi. 

Mata kuliah yang dipelajari jurusan animasi menekankan teori dan dasar animasi seperti computer graphic fundamental, creative drawing, digital illustration, game art & design, 3D character animation, visual effect, dan masih banyak lagi.

Umumnya, jurusan animasi terbagi ke dalam dua konsentrasi, animasi film dan animasi game. Salah satu perguruan tinggi yang membuka jurusan ini adalah IDS | International Design School.

Dalam karier, jurusan animasi memiliki peluang kerja seperti menjadi 2D & 3D Animator, Game Designer, Modeller, Texture Artist, Concept Artist, Story Writer, hingga Level Designer.

  1. Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah jurusan yang fokus pada pembuatan desain, ilustrasi, fotografi, animasi, hingga marketing. Inti dari jurusan DKV adalah pemanfaatan elemen-elemen visual sebagai media menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu. 

Dalam jurusan DKV umumnya mempelajari Rupa Dasar 2D, Tipografi, Komunikasi Visual, Narasi Visual, Motion Graphic, hingga Fotografi.

Jurusan DKV biasanya berada dalam Fakultas Seni Rupa dan Desain. Beberapa Universitas yang menyediakan jurusan DKV adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), dan lainnya. 

Lulusan DKV termasuk memiliki cakupan pekerjaan yang luas, mulai dari desainer grafis, illustrator, animator, web designer, konsultan desain, biro iklan, hingga kreator iklan. 

Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Hobi Menggambar

  1. Seni Rupa

Seni rupa selalu menjadi pelajaran yang tidak pernah hilang saat kita bersekolah, bagi yang menyukai pelajaran seni rupa, kamu bisa melanjutkan mempelajarinya di universitas. Seni rupa merupakan bidang seni yang mengajarkan cara berekspresi melalui melukis, seni grafis, seni pahat, kerajinan, dan lainnya. Berkuliah jurusan seni rupa artinya juga mempelajari sejarah seni, komposisi, dan tematik dalam karya seni. 

Mata kuliah yang biasa ditemui mahasiswa jurusan seni rupa diantaranya adalah gambar dan bentuk, rupa dasar 2D & 3D, media seni, estetik, kritik seni rupa, studio lukis, manusia dan kebudayaan, hingga sejarah kebudayaan Indonesia.

Sama seperti jurusan DKV, jurusan seni rupa juga termasuk ke dalam Fakultas Seni Rupa dan Desain. Beberapa kampus yang memiliki jurusan ini adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Institut Seni Indonesia (ISI), dan lainnya.

Lulusan jurusan seni rupa dapat bekerja dapat memilih profesi sebagai seniman, pengajar atau peneliti, kurator, kritikus seni, hingga art dealer dan art supply.

  1. Fashion Design

Jurusan fashion desain dapat menjadi pilihan yang sesuai bila kamu hobi menggambar dan tertarik dengan dunia fashion. Pada jurusan fashion design, kamu akan mempelajari teknik perancangan busana, mulai dari seluk beluk produksi busana, menggambar pola, hingga menjahit. 

Mata kuliah jurusan fashion design diantaranya adalah fashion concept, fashion promotion, fashion and society, teknik menjahit, dasar desain, sketsa busana, perilaku konsumen, hingga ilmu tekstil.

Di Indonesia, beberapa Universitas yang menyediakan jurusan fashion design diantaranya Universitas Bina Nusantara, Universitas Ciputra, Bunka School of Fashion, Raffles Institute of Higher Education, hingga ESMOD Jakarta.

Alumni jurusan fashion design memiliki peluang yang luas, mereka dapat bekerja sebagai perancang mode, membuat merek sendiri, sebagai fashion stylist, fashion editor, fashion illustrator, hingga tenaga pengajar.

  1. Desain Interior

Jurusan desain interior adalah gabungan antara ilmu seni, teknik, psikologi, dan manajemen. Mahasiswa desain interior khususnya akan mempelajari tata letak dan perancangan ruang pada sebuah bangunan. 

Mata kuliah jurusan desain interior umumnya berupa dasar seni rupa dan desain, pengantar rekayasa dan desain, gambar teknik, gambar interior, desain interior dan estetika, furniture, hingga tata cahaya. 

Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan desain interior antara lain Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Seni Indonesia (ISI), Telkom University, dan lainnya.

Setelah menyelesaikan studi di jurusan desain interior, para alumni dapat menjadi interior consultant, dekorator interior, bisnis property, home décor, exhibition contractor, dan lainnya.

Sumber: 5 Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Hobi Menggambar

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer