Blog

BAGIKAN

Jurusan Kuliah Lulusan SMK yang Cocok dan Pas untuk Dipilih

Jurusan Kuliah Lulusan SMK

Jurusan kuliah lulusan SMK adalah salah satu topik yang menarik untuk ditelisik lebih jauh. Pasalnya, ada banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan-jurusan yang cocok untuk lulusan SMK. Mungkin kamu adalah salah satu lulusan SMK dan sedang menentukan jurusan yang sesuai dengan latar belakang pendidikanmu.

Namun, sebelum memutuskan, kamu perlu mempertimbangkan minat dan bakat yang kamu miliki. Hal ini akan memudahkan kamu nantinya ketika sudah masuk dan belajar di jurusan tertentu di perguruan tinggi. Artikel ini akan membahas 7 jurusan kuliah lulusan SMK yang wajib kamu ketahui.

1. Jurusan Pariwisata

Jurusan kuliah lulusan SMK pertama yang perlu kamu ketahui adalah jurusan pariwisata. Pariwisata adalah salah satu bidang yang saat ini berkembang sangat pesat. Jika kamu merupakan siswa yang sekarang belajar di SMK pariwisata, maka masuk jurusan ini adalah pilihan yang tepat.

Sekarang ini, banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan pariwisata yang bagus. ketika masuk ke jurusan pariwisata, kamu akan mengetahui secara lebih dalam tentang ilmu pariwisata, manajemen destinasi wisata, manajemen tour dan travel, hingga perhotelan.

2. Jurusan Farmasi

Jurusan kuliah lulusan SMK kedua yang bisa kamu jadikan pilihan adalah farmasi. Jurusan farmasi adalah salah satu jurusan kesehatan yang populer bagi kalangan muda sekarang. Jurusan farmasi adalah pilihan yang tepat jika kamu adalah lulusan SMK farmasi. Di sini kamu akan belajar banyak hal tentang meracik obat.

Tidak hanya meracik obat, di jurusan farmasi kamu juga akan belajar meracik, mencampur, dan membuat obat-obatan. Selain itu, supaya lebih mendalami ilmu farmasi yang dipelajari di kampus, kamu juga akan diajarkan bagaimana cara memanajemen fan memasarkan obat dengan tepat. Jika kamu adalah seorang lulusan SMK farmasi, maka kuliah jurusan farmasi adalah satu jalan yang paling benar.

3. Jurusan Teknik Mesin

Selanjutnya, jurusan kuliah yang cocok untuk lulusan SMK ketiga adalah teknik mesin. Bagi kamu yang merupakan seorang lulusan SMK yang berhubungan dengan mesin, jurusan ini adalah jurusan yang tepat untuk kamu pilih.

Ketika kamu masuk jurusan teknik mesin, kamu akan belajar banyak hal yang bisa menambah kemampuan kamu di bidang mesin. Kamu akan diajari bagaimana cara memelihara mesin, cara perancangan mesin, dan teknik produksi mesin. Tidak hanya itu, kamu juga akan diajari tentang ilmu lain seperti mekanika, kinematika, dan termodinamika.

Jurusan Kuliah Lulusan SMK

4. Jurusan Teknologi Informasi dan Teknik Informatika

Keempat, jurusan kuliah lulusan SMK yang cocok untuk kamu pilih dan pelajari di tingkat perguruan tinggi selanjutnya adalah jurusan teknologi informasi dan teknik informatika. Jurusan ini adalah salah satu jurusan favorit yang menjadi pilihan calon mahasiswa lulusan SMA/SMK. Ketika masuk ke jurusan teknologi informasi dan teknik informatika kamu akan belajar banyak hal yang berhubungan dengan teknologi.

Kamu akan diajari tentang ilmu tentang software dan computer science, selain itu, kamu juga akan diajarkan bagaimana proses pembuatan software, cara kerja, dan cara mengembangkan software itu sendiri. Ketika kamu masuk jurusan ini, maka yang perlu kamu siapkan adalah pengetahuan dan kesiapan untuk belajar hal-hal baru.

5. Jurusan Administrasi Perkantoran

Jurusan kuliah lulusan SMK yang layak menjadi pilihanmu adalah jurusan administrasi perkantoran. Jurusan ini adalah salah satu jurusan yang bisa dimasuki oleh seorang lulusan SMK yang juga belajar tentang administrasi perkantoran.

Jika masuk jurusan ini, kamu akan diajari tentang pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan perencanaan, korespondensi, dan pengarsipan. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan ilmu tentang pendataan hingga penyediaan segala macam administrasi di sebuah perkantoran.

6. Jurusan Film dan Televisi atau Penyiaran

Jurusan film dan televisi atau penyiaran adalah jurusan lulusan SMK yang bisa kamu coba. Jurusan ini akan mengajarimu ilmu tentang penyiaran. Terutama jika kamu adalah seorang siswa yang lulus dari SMK dengan program keahlian multimedia.

Di sini, kamu akan diajari secara teknis bagaimana cara membuat film dan siaran program televisi. Selain itu, kamu juga akan diajari bagaimana manajemen produksi televisi, penulisan naskah, pengarahan acara, tata artistik, dan lain sebagainya.

7. Jurusan Animasi

Jika kamu adalah seorang yang kreatif dan ahli dalam membuat animasi, maka jurusan animasi adalah pilihan yang tepat. Jurusan ini merupakan salah satu opsi buat kamu yang ingin mempelajari produksi animasi dari film dan televisi.

Di sini, kamu akan diajari mulai dari dasar hingga pembuatan animasi yang lebih rumit. Mulai dari membuat karakter, hingga mengoperasikan software. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin masuk ke jurusan animasi, maka kamu perlu menyiapkan tenaga dan pikiran untuk mempelajari semua hal yang diajarkan di jurusan animasi.

JOIN NOW!

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree